-->

Kamis, 12 Januari 2023

Pantai Hukurila merupakan salah satu pantai yang membatasi Pulau Ambon dengan Laut Banda. Pantai ini membentang menghadap ke arah Timur dengan pasir yang berwarna coklat.

Batu batu yang menghiasi bibir pantai, terdapat endapan pasir hitam yang diduga merupakan hasil dari aktivitas vulkanisme daerah setempat.



Pantai ini memiliki beberapa objek yang menarik di bawah laut dengan perpaduan kehidupan laut serta batu batuan yang terbentuk di laut tersebut.
Harga Tiket Masuk di Pantai Hukurila

Biaya retribusi yang harus Anda bayarkan tidak seberapa dibandingkan keindahan yang akan di dapatkan di bawah laut Pantai Hukurila.

Pesona alamnya dapat Anda nikmati dengan melakukan diving atau snorkeling dengan biaya Rp 15.000 sampai Rp 25.000.

Dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan pelatihan singkat diving di laut belum termasuk alat alat menyelamnya. Alat penyelam dapat di dapatkan dengan menyewa pada pengelola pantai.
Rute Menuju Lokasi Pantai Hukurila

Pantai Hukurila dapat Anda temukan di Kecamatan Leitimur. Anda dapat mengakses jalan menuju pantai dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Jarak 15 km dari pusat kota sampai ke pantai hanya diperlukan biaya Rp 5.000 menggunakan angkutan umum dari Terminal Mardika.

Anda juga dapat mengakses jalan melalui Batu Meja yang berjarak 12 km dari Dusun Hukurila. Jalan lain yang dapat ditempuh melalui Batu Gong yang berjarak 18 km ke Dusun Hukurila.
Obyek Wisata di Pantai Hukurila

Selama berada di pantai Hukurila, Anda dapat menikmati obyek wisata dan melakukan aktifitas menarik seperti:

1. Landscape Terumbu Karang



Saat tiba di pantai, Anda dapat langsung menikmati debaran ombak dari Laut Banda yang menghantam batu-batu terumbu.

Pantai Hukurila tersusun oleh batu karang yang membentang di pinggir pantai, pasir yang berwarna coklat bercampur dengan bongkah-bongkah membundar menghempas mengisi bibir pantai.

Apabila Anda berjalan sedikit lebih jauh ke arah laut, maka akan menemukan batu karang dengan ikan-ikan kecil.

2. Goa Bawah Laut



Salah satu hal menarik yang ada di Pantai Hukurila adalah pesona goa bawah laut yang terbentuk oleh batu karang, di dalam goa tersebut dapat dinikmati keindahan ekosistem terumbu dengan ikan kecil berwarna warni.

Untuk dapat mencapai goa tersebut, Anda harus menaiki speedboat atau perahu nelayan kemudian Anda harus menyelam kedalam.

Goa sedalam 20 meter di bawah muka ini memiliki beberapa pintu masuk salah satunya berupa celah kecil dengan lebar 3 meter sehingga tampak menyeramkan dari luar.

Namun setelah Anda memasuki goa tersebut maka akan langsung disambut oleh terumbu yang indah.

3. Diving dan Snorkeling



Goa bawah laut yang indah menjadi objek yang harus Anda temukan saat berkunjung ke pantai Hukurila ini.

Untuk mengakses jalan menuju goa, Anda dapat menyewa pelatih untuk diving dan snorkeling sehingga akan paham dengan cara diving saat menuju ke goa bawah laut.

4. Speed Boat Mengelilingi Pulau



Selain digunakan untuk mengantar wisatawan mengakses jalan ke goa bawah laut, Anda juga dapat meminta pengelola pantai untuk membawa dan menyusuri pulau menggunakan speedboat.

Anda dapat melihat pesona alam di sekitar pantai yang berbeda dengan pantai yang lain.

5. Sunrise

Letak Pantai Hukurila yang menghadap ke Timur menjadi salah satu keuntungan bagi Anda yang menyukai pemandangan terbitnya matahari.

Anda dapat melakukan beach camp atau dapat meyewa vila di sekitar pantai untuk menunggu datangnya sang matahari. Setelah matahari muncul, Anda dapat berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D.

6. Fotografi

Semakin canggihnya teknologi telah mempermudah kita untuk memenuhi hasrat untuk mengekspos pesona alam bawah laut. Anda dapat melakukan pemotretan di bawah laut untuk menunjukkan ekosistem yang ada dalam goa.

Selain itu keindahan diatas permukaan berupa batukarang dengan debaran ombak juga dapat menjadi view menarik untuk diabadikan.

Banyak orang memanfaatkan tempat-tempat ini untuk pemotretan prewedding atau endorse suatu produk.

7. Kuliner

Wisata yang selalu dicari ciri khas dari suatu daerah adalah wisata kuliner. Anda dapat mencari makanan khas Pulau Ambon di sekitar Pantai Hukurila.

Banyak ikan bakar, ikan asap, ikan kuning dan papeda, serta kopi khas ambon yaitu kopi sibu sibu dan kopi rarobang.

Kopi rarobang merupakan kopi dengan campuran jahe yang nikmat disantap dengan pulut siram, koyabu dan embal kacang.

Pantai Hukurila merupakan salah satu destinasi wisata yang harus Anda kunjungi ketika berada di Pulau Ambon. Selain pesona pantai berupa goa bawah laut, makanan khasnya juga tidak akan mengecewakan.

Saat berkunjung ke pantai, Anda harus memperhatikan keselamatan Anda.

Hal ini karena batuan di pantai adalah batu gamping maka pada waktu musim hujan akan menjadi sangat licin dan dapat membuat Anda tergeincir saat melintas.
source: pantainesia



Baca Artikel Terkait: