-->

Kamis, 12 Januari 2023



Istana Presiden Indonesia

Selain pura Hindu, di tempat wisata Tampak Siring terdapat istana kepresidenan yang di dirikan oleh presiden pertama Indonesia, IR Soekarno sebagai tempat peristirahatan beliau saat berkunjung ke Bali. Istana Tampak Siring di bangun dari tahun 1957 – 1960.

Pembangunan istana kepresidenan Tampaksiring di lakukan secara perlahan-lahan dan mengalami tahapan. Artiktek yang mendesain istana kepresidenan adalah RM Soedarsono. Bangunan awal yang di bangun pada tahun 1957 adalah wisma Merdeka dan wisma Yudistira.

Istana Tampak Siring mengalami penambahan bangunan pada tahun 2003, yang di peruntukan untuk KTT ASEAN Summit XIV. Penambahan bangunan pada Istana Tampak Siring, berupa bangunan untuk sarana konfrensi dan resepsi tamu negara. Balai Wantilan yang ada di Istana Tampak Siring, juga mengalami renovasi untuk acara pertujukan kesenian tamu negara.

Tujuan dari pembangunan istana kepresidenan ini, sebagai tempat Presiden, keluarga presiden dan tamu negara beristirahat saat berkunjung ke pulau Bali.
Lokasi & Alamat Tirta Empul Temple

Alamat objek wisata Pura Tirta Empul Tampak Siring berada di Jalan Tirta, desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Tampak Siring adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Gianyar Bali. Luas dari wilayah kecamatan Tampak Siring, sebesar 42,63 kilometer persegi.

Untuk memudahkan mencapai lokasi, mohon gunakan Google Map dengan mengklik link di bawah ini!


Tentunya saat ingin wisata ke pura Tirta Empul, anda pastinya akan memerlukan sarana transportasi. Saat ini di Bali belum tersedia sarana transportasi umum, dari area tempat wisata Bali selatan menuju ke kawasan wisata pura Tirta Empul Tampak Siring.

Karena belum tersedianya sarana transportasi umum, maka pilihan transportasi terbaik liburan ke Pura Tirta Empul adalah menggunakan transportasi pribadi, baik berupa sepeda motor atau mobil.
Sepeda Motor

Menggunakan sepeda motor untuk transportasi jalan-jalan di Bali banyak di sukai wisatawan yang ingin menghemat biaya transportasi serta hanya liburan sendirian atau berdua.

Anda tidak perlu membawa sepeda motor dari daerah anda untuk transportasi liburan di Bali. Karena ada banyak penyedia jasa rental motor di pulau Bali terutama pada area kawasan pariwisata Bali selatan. Area Bali selatan yang saya maksud seperti, Seminyak, Legian, Kuta, Jimbaran, Canggu, Sanur.

Untuk mempermudah anda menemukan jasa rental motor di Bali, anda hanya perlu menggunakan mesin pencari seperti Google. Rata-rata harga sewa motor di Bali sekitar Rp 80.000/24 jam tanpa bahan bakar.



Baca Artikel Terkait: