-->

Senin, 10 April 2023

 



Motor listrik merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak diminati oleh banyak orang. Selain karena ramah lingkungan karena tidak memakai bahan bakar bensin, biaya perawatan motor tersebut juga lebih murah.

Hal itu dikarenakan komponen pada motor listrik tidak sekompleks motor konvensional. Hal itu hisa terlihat pada motor listrik Alva One yang bagian-bagiannya berfungsi sebagai pengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Meskipun begitu, masih banyak pengguna yang masih awam tentang komponen motor listrik. Nah, untuk mengetahuinya lebih dalam, simak ulasannya di bawah ini.


1. Baterai
Bisa dikatakan, ini adalah elemen penting dalam motor listrik, yakni baterai. Benda ini adalah sumber tenaga utama agar motor listrik dapat berjalan. Baterai motor listrik yang kebanyakan digunakan di Indonesia sendiri ada dua jenis, yaitu lead acid dan lithium ion.

Perlu diketahui bahwa harga baterai pada motor ramah lingkungan merupakan yang termahal dibanding komponen-komponen lainnya. Bahkan, harganya bisa setengah dari harga total motor listrik yang dijual di Tanah Air.

2. Motor Listrik
Bisa dikatakan, ini adalah komponen yang juga penting pada kendaraan motor listrik. Jika diibaratkan seperti mesinnya pada motor konvensional, maka motor listrik ini adalah penggerak penting pada mekanisme motor listrik itu sendiri. Tegangan yang dihasilkan pada motor listrik biasanya 60-72 volt dengan daya 1kW-3kW. Jumlah tersebut bisa dikatakan sudah cukup untuk memenuhi fungsi-fungsi motor listrik itu sendiri.

3. Controller
Komponen lain yang tak kalah penting yaitu controller. Fungsi dari controller ini adalah untuk mengendalikan kecepatan motor listrik. Melalui komponen ini, beberapa fitur pada motor listrik juga dapat diatur. Contohnya seperti alarm, cruise control, serta memeriksa error motor.

Selain itu, komponen ini juga membuat pengendara dapat menaikkan atau menurunkan kecepatan motor listrik dengan mudah.

4. Stator atau Armature Coil
Stator motor listrik atau Armature Coil merupakan salah satu komponen utama pada motor listrik. Sebab, komponen ini akan berbenturan langsung dengan kinerja motor. Bentuknya sendiri seperti lilitan tembaga statis yang terletak mengelilingi poros utama.

Fungsi stator sendiri adalah untuk membangkitkan medan magnet di sekitar rotor. Biasanya, setiap motor listrik memiliki 3 buah stator coil. Namun, bagian itu tergantung pada jenis-jenis motor listriknya.

5. Rotor Coil atau Komutator
Komponen ini memang hampir sama seperti stator. Namun, rotor coil hanya berupa sebuah lilitan tembaga yang bersifat dinamis. Sebab, lilitannya menempel dengan main shaft atau poros utama.

Semakin cepat putaran startor coil, maka semakin banyak lilitannya. Sedangkan ujung lilitan dari startor coil akan terhubung dengan rotor lain pada ujung poros utamanya.

6. Main Shaft
Main shaft atau juga disebut sebagai poros utama merupakan salah satu komponen yang fungsinya sangat penting. Sebab, digunakan sebagai penopang komponen lain. Komponen ini sendiri terbuat dari bahan alumunium karena material tersebut anti karat sehingga lebih awet dan tahan lama.

Selain berfungsi sebagai topangan komponen lain, main shaft juga punya fungsi sebagai penyeimbang putaran ketika suhu tinggi. Hal itu memungkinkan karena terbuat dari alumunium yang punya sifat tahan panas.

7. Motor Housing
Bisa dikatakan Ini merupakan salah satu komponen paling luar dari motor listrik. Fungsinya adalah sebagai pelindung semua komponen electric motor. Beberapa orang juga menyebut motor housing sebagai rumahnya karena berperan pelindung bagian di dalamnya.

8. Brush
Brush adalah sikat tembaga yang fungsinya menjadi penghubung antara sumber arus listrik dengan rotor coil. Brush juga akan menempel pada rotor kecil yang terletak di ujung rotor utama.

9. Bearing
Bearing memiliki fungsi sebagai bantalan agar putaran berjalan mulus. Umumnya, komponen ini berbahan alumunium seperti poros utama. Bearing berbahan alumunium agar gaya geseknya ringan dan tak menghambat putaran pada motor.

10. Drive Pulley
Terakhir ada Drive Pulley yang berfungsi mengirim putaran motor ke komponen lainnya. Bentuk dari drive pulley ini biasanya seperti gear atau pulley sesuai jenisnya. 

Demikian daftar komponen motor listrik paling utama beserta fungsinya.




Baca Artikel Terkait: