-->

Senin, 19 Juni 2023



Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atau yang biasa di sebut Kemnaker merupakan kementerian dalam pemerintahan Indonesia yang berfokus dalam hal ketenagakerjaan. Kemnaker ini di bentuk sejak 3 Juli 1947. Nah kalian ingin tahun nama-nama yang pernah menjadi pempimpin Kemnaker? Jika kalian ingin tahun simak artikel ini sampai selesai ya! Berikut diantaraya

1. Ida Fauziyah

Ida Fauziyah merupakan Menteri Ketenagakerjaan pada Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo dan Ma’ruf Amin periode 2019 hingga 2024. Ida di lantik pada 23 Oktober 2019. Sebelum menjadi menteri Kemnaker Ida berperofesi sebaga politisi Indonesia dengan duduk sebagai anggota DPR-RI pada 1999 sampai 2018 dari Partai Kebangkitan Bangsa mewakili Jawa Timur.

2. Hanif Dhakiri

Hanif Dhakiri merupakan mantan menteri ketenagakerjaan pada priode 2014 hingga 2019. Hanif juga pernah menjadi anggota DPR-RI periode 2009 sampai 20134 dari PKB mewakili Jawa Tengah. Lalu hanif bertugas Komisi X DPR RI yang mengurus masalah Pendidikan, Olahraga, Parawisata, Kesenian, dan Kebudayaan. Selain itu hanif juga adalah seorang politisi muda Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa yang mengabdi untuk partai tersebut sejak tahun 1998.

3. Muhaimin Iskandar

Abdul Muhaimin Iskandar merupakan politikus Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakya sejak 26 Maret 2018 sampai 30 September 2019 dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2009 sampai 2014. Selain itu Iskandar juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa. Iskandar mendapatkan gelar sarjana politik dari Universitas Gadjah Mada dan magister komunikasi dari Universitas Indonesia.

4. Fahmi Idris

Fahmi Idris seorang pengusahan dan politikus asal Jakarta, Indonesia. Fahmi pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dalam Kabinet Reformasi Pembangunan. Serta Menteri Perindustrian dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kabinet Indonesia Bersatu. Selain itu Fahmi juga pernah terpilih menjadi anggota DPR-GR  mewakili kalangan mahasiswa, dan ketua Fraksi Golkar di MPR-RI. Mulai pada Februari 2017 Fahmi Idris menjadi dewan Penasehat Ormas dan LBH Bang Japar.

Referensi : https://millennial.web.id/





Baca Artikel Terkait: