-->

Kamis, 30 Mei 2024

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa mencari nafkah untuk keluarga itu adalah kewajiban bagi para suami.

Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa sang istri tidak boleh membantu perekonomian keluarga. Berjualan dari rumah pun menjadi salah satu kegiatan yang kerap dilakukan oleh para ibu untuk mendapatkan penghasilan tambahan, atau hanya sekedar mengisi waktu luang saja.

Namun, penting bagi kamu untuk mengetahui jenis usaha rumahan seperti apakah yang bisa bertahan dalam jangka panjang.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa ide usaha rumahan yang tidak ada matinya.

  1. Warung Makan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat lebih menyukai hal-hal yang berbatu instan, termasuk dalam urusan makanan.

Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan gaya hidup masyarakat dengan membuka warung makan. Dalam merintis warung makan, tentunya ada berbagai hal yang harus kamu pertimbangkan.

Mulai dari lokasi, menu masakan, bahan baku, peralatan memasak, dan lain sebagainya. Apabila lokasi rumahmu termasu kedalam tempat yang strategis, tentunya kondisi ini menjadi keuntungan tersendiri karena tidak perlu menyewa tempat jualan.

  1. Jasa Laundry Kiloan

Selain warung makan, jasa laundry kiloan juga merupakan salah satu jenis usaha yang tidak ada matinya lho.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena sebagian besar masyarakat sibuk dengan rutinitasnya sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaiannya yang kotor.

Jikapun ada hari libur, biasanya mereka lebih memilih untuk bersantai dirumah atau pergi berlibur ke tempat wisata.

Dengan memanfaatkan kesibukan mereka, tentu saja kamu bisa menghasilkan uang dari rumah melalui usaha jasa laundry kiloan.

  1. Jasa Isi Ulang Air Galon

Ini dia salah satu jenis usaha rumahan yang memang cukup diminati oleh para pemula. Pasalnya, usaha isi ulang air galong terbilang cukup simple namun menjanjikan lho.

Akan tetapi, kamu harus melakukan riset terlebih dulu sebelum memulai bisnisnya agar modal yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Setelah melakukan riset dan modalnya sudah siap, barulah kamu untuk memulai usaha isi ulang air galon. Apabila pelanggannya sudah banyak, kamu bisa mempekerjakan orang-orang terdekat agar tidak terlalu kerepotan saat melayani konsumen.

  1. Membuka Kursus Memasak

Apakah kamu memiliki keahlian memasak? Jika iya, maka sudah saatnya untuk menjadikan keahlianmu tersebut sebagai mesin penghasil uang dari rumah.

Bahkan, membuka kursus memasak tidak akan mengeluarkan modal yang terlalu besar. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyiapkan berbahan bahan-bahan makanan beserta peralatan memasaknya saja.

Terlebih di era yang serba digital seperti sekarang ini, dimana kamu bisa membuka kursus memasak via online.

  1. Menjadi Konten Kreator

Daripada hanya sekedar scrol-scrol gak jelas, mending ponselmu manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan menjadi konten kreator.

Biasanya, para konten kreator akan mendapatkan uang dari endorse produk-produk tertentu. Namun, kamu harus membuat konten yang berkualitas dan berbobot agar ramai dikunjungi viewers.

Pasalnya, pihak endorse hanya akan tertarik jika jumlah viewersmu banyak.

  1. Membuka Jasa Potong Rambut

Ide usaha rumahan berikutnya yang bisa kamu coba, yakni dengan membuka jasa potong rambut. Akan tetapi, sayarat utama untuk memulai bisnis ini harus memiliki keahlian dalam memotong rambut.

Seandainya tidak bisa memotong rambut, kamu bisa mempekerjakan atau bekerjasama dengan orang-orang yang ahli dibidang tersebut.

Nah, itulah beberapa ide bisnis yang tak akan pernah lekang oleh waktu, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.




Baca Artikel Terkait: