-->

Kamis, 23 Mei 2024

Manfaat Jamu Kunyit Asam bagi Wanita yang Masih Sering Dilewatkan

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/traditional-indian-drink-turmeric-golden-milk_9944379.htm#fromView=search&page=1&position=7&uuid=afd964ae-ba8a-4df7-a4ab-2bd8b47095f2

Memiliki rasa segar dan menyehatkan, jamu kunyit asam sangatlah familiar bagi masyarakat Indonesia. Manfaat jamu kunyit asam untuk mengurangi bau badan pun terkenal luas sehingga banyak yang rutin mengkonsumsinya.

Khasiat tersebut disebabkan kandungan minyak atsiri dalam kunyit bisa melawan bakteri penyebab bau dan mengontrol produksi keringat. Bukan hanya bau badan, ada sejumlah manfaatnya bagi kesehatan khususnya wanita yang kerap dilewatkan, apa saja?

Manfaat Jamu Kunyit Asam bagi Kesehatan Wanita

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang baik untuk antipiretik, anti radang, dan juga analgesik. Asam jawa juga tidak kalah, terdapat kandungan yang sifatnya antiradang, analgesik serta penenang.

Mengacu pada sifat dari kunyit dan asam, tidak heran jika jamu kunyit asam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khususnya wanita yang membutuhkan perhatian khusus dalam hal kesehatan seperti ketika saat haid. Berikut ini manfaat jamu kunyit asam yang tidak boleh dilewatkan.

1.     Memperbaiki Mood

Menjelang haid wanita mengalami Premenstrual Syndrome (PMS) yang salah satu dampaknya adalah perubahan mood yang naik turun. Mengonsumsi jamu kunyit asam dapat memperbaiki suasana hati ketika PMS, hal ini dikarenakan kurkumin berpengaruh pada peningkatan kadar protein di otak termasuk hormon.

Berkat kemampuan kurkumin tersebut pada saat Anda PMS suasana hati jadi lebih terkontrol. Anda tidak akan merasakan emosi sedih atau marah yang berlebihan.

2.     Meredakan Nyeri Haid

Manfaat jamu kunyit asam untuk haid yang paling banyak dibutuhkan adalah mengatasi nyeri haid. Kram perut ketika haid adalah hal normal karena pada saat itu hormon prostaglandin untuk memicu kontraksi rahim dan lapisan dinding luruh.

Rasa nyeri dapat berkurang karena kandungan kurkumin yang bersifat analgesik. Begitu juga dengan sifat antioksidannya yang bisa menghentikan pendarahan ketika haid berlebih. Sifat anti peradangan dalam kunyit juga efektif meredakan nyeri haid.

3.     Mengurangi Kembung

Kembung merupakan masalah pencernaan yang kerap dialami karena masuk angin stres dan juga saat haid. Perut kembung menimbulkan rasa begah dan mengganggu aktivitas harian. Minum jamu kunyit asam dapat merangsang pergerakan otot di usus dan mendorong gas di saluran pencernaan keluar.

Waktu terbaik minum jamu kunyit asam agar efektif adalah segera setelah perut terasa kembung. Konsumsi dengan rutin sehari satu sampai dua kali dan pastikan minuman dalam kondisi hangat.

4.     Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Biasanya saat haid mulai berlangsung daya tahan tubuh kebanyakan menurun, hal ini disebabkan volume darah yang keluar cukup banyak. Kadar energi dalam tubuh pun terkuras sehingga tidak heran jika sebagian besar wanita mudah terserang flu atau virus.

Khasiat jamu kunyit asam adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Anda pun tidak perlu khawatir ketika haid tiba karena tubuh akan tetap kuat dan aktivitas dapat dijalani dengan baik. Bukan hanya wanita haid, saat Anda merasa daya tahan tubuh menurun sebaiknya minum jamu kunyit asam.

5.     Mengatasi Sembelit

Tidak hanya imun yang menurun, wanita yang sedang haid juga mudah mengalami sembelit. Penyebabnya adalah hormon prostaglandin yang membuat kontraksi usus sehingga penyerapan makanan berkurang. Demi mengatasinya Anda perlu mengonsumsi lebih banyak buah dan jamu kunyit asam.

Kandungan kurkumin dalam kunyit akan meredakan peradangan sehingga pergerakan tinja ke usus menjadi lebih lancar. Begitu juga dari asam jawa yang akan memberikan efek laksatif ringan sehingga feses melunak dan mudah keluar.

6.     Menjaga Kesehatan Kulit

Selain saat haid, manfaat jamu kunyit asam untuk kecantikan juga ada yaitu untuk kesehatan kulit. Sifat kunyit dalam jamu yaitu anti peradangan dan antibakteri mampu mengurangi masalah jerawat.

Jamu kunyit asam juga bisa mencerahkan kulit, menyamarkan flek hitam di wajah dan tampilan kulit bisa menjadi lebih berkilau alami. Tidak heran jika sejak zaman dahulu jamu kunyit asam terkenal untuk merawat kecantikan kulit.

7.     Menjaga Kesehatan Miss V

Senyawa aktif di dalam jamu kunyit asam seperti antimikroba mampu menjaga kesehatan miss V. Mulai dari melawan infeksi dari ragi atau bakteri begitu juga meredakan masalah gatal, bau tidak sedap dan juga peradangan.

Rutin meminumnya dua sampai tiga kali seminggu bisa menghilangkan masalah bau di area kewanitaan. Manfaat jamu kunyit asam untuk miss V pun sudah sering terkenal sejak zaman nenek moyang.



Jika ingin minum jamu kunyit asam kini tidak perlu lagi repot membuatnya sendiri. Tinggal seduh dan minum Sido Muncul Kunyit Asam hadir dengan rutin. Cara menyeduhnya pun mudah tinggal tambahan air hangat atau dingin sesuai selera.

Sido Muncul Kunyit Asam juga bagus untuk melancarkan haid bagi wanita yang sering mengalami telat haid. Berkat manfaat jamu kunyit asam haid pun akan semakin lancar dengan meminum produk dari Sido Muncul ini. Tidak ada salahnya untuk siap sedia Sido Muncul Kunyit Asam di rumah, yuk beli produknya sekarang.

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/11-manfaat-kunyit-asam-untuk-kesehatan-tingkatkan-imunitas-tubuh

https://www.alodokter.com/8-manfaat-jamu-kunyit-asam-untuk-kesehatan

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/manfaat-kunyit-asam

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/berbagai-manfaat-kunyit-asam/

 

 

 



 

 

 




Baca Artikel Terkait: