-->

Rabu, 17 Juni 2015

Ternyata Benda di Rumah ini Paling Penuh Kuman!

Berikut adalah daftar urutan benda-benda yang diteliti, berdasarkan jumlah kuman terbanyak yang terkandung di dalamnya:

Spons pencuci piring
Pegangan sikat gigi
Mangkuk makanan hewan peliharaan
Tempat mencuci piring
Alat pemasak kopi
Knop kompor
Mainan hewan peliharaan
Dudukan toilet
Pegangan kamar mandi
Tas, dompet, telepon seluler

Menurut hasil penelitian tersebut, tempat yang terlihat sering dibersihkan justru adalah tempat yang mengandung kuman tertinggi. Hal ini menimbulkan pertanyaan, sudah efektifkah cara kita membersihkan area dan barang-barang tersebut?

Dari penelitian yang sama, ditemukan pula keberadaan jumlah kuman sangat terkait dengan frekuensi pembersihan dan tipe pembersihan. Maka dari itu, jangan hanya membersihkan ala kadarnya dan gunakan cairan pembersih yang berkualitas.

Terakhir, dan juga salah satu yang terpenting: jangan lupa untuk rutin mencuci tangan dengan sabun dengan teknik yang benar! Dengan bertebarannya banyak benda yang mengandung kuman, maka cara terpenting untuk mencegah sampainya kuman ke tubuh adalah dengan sering membersihkan tangan.

Tanpa sadar kita juga sering menyentuh mulut, hidung, mata, dan lainnya yang bisa menjadi pintu masuk infeksi. Oleh sebab itu, cuci tangan juga menjadi salah satu tameng pertahanan Anda.

Kuman-kuman di sekitar rumah tangga dapat ditemukan pada tempat yang tidak terduga. Mengetahui dan memahami lingkungan kita dan persebaran kumannya adalah hal yang penting agar kita dapat meningkatkan taraf kesehatan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di lamanwebsite kami

Ref: klikdokter.com




Baca Artikel Terkait: