-->

Selasa, 26 Januari 2016

KELOMPOK ISIS telah mengasah kemampuan mereka untuk melancarkan serangan global yang lebih fokus kepada Eropa setelah insiden pembantaian di Paris, kepala lembaga kepolisian Uni Eropa Europol mengatakan Senin kemarin (25/1/2016).

Rob Wainwright pada konferensi pers mengatakan ISIS telah mengembangkan kemampuan gaya tempur baru untuk melaksanakan serangan teroris berskala besar di panggung global dengan fokus khusus di Eropa.

“Jadi ISIS memiliki kemauan dan kemampuan untuk melakukan serangan lebih lanjut di Eropa, dan tentu saja semua otoritas nasional harus bekerja keras untuk mencegah hal itu terjadi,” tambahnya seperti dikutip AFP.

Wainwright merilis temuan laporan terbaru Europol terkait bagaimana kelompok ISIS beroperasi, bertepatan dengan peluncuran badan pusat kontraterorisme baru di Den Haag.

“ISIS sedang mempersiapkan lebih banyak serangan teroris, termasuk serangan ala Mumbai dan akan dieksekusi di negara-negara anggota Uni Eropa, Prancis khususnya,” kata laporan Europol.

“Serangan akan terutama diarahkan pada sasaran lunak, karena dampak yang dihasilkannya. Baik serangan Paris bulan November dan pemboman bulan Oktober 2015 terhadap sebuah pesawat Rusia menunjukkan pergeseran dalam strategi global ISIS,” tandas Wainwright.[islampos]




Baca Artikel Terkait: