-->

Minggu, 24 Januari 2016




Ilustrasi - Mengenal 6 manfaat timun bagi kesehatan




Timun atau mentimun merupakan salah satu buah yang sudah tidak asing bagi semua lapisan masyarakat. Hal ini mungkin disebabkan, timun mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah sekaligus pembudidayaannya sangat mudah. Timun atau mentimun sangat akrab dengan berbagai jenis makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Hampir sebagian besar rumah makan, pedagang makanan di pinggir jalan maupun dirumah sendiri selalu ada yang namanya timun. Namun siapa sangka bahwa timun yang sering tersaji di meja makan itu mengandung manfaat yang banyak bagi kesehatan.

Berikut ini 6 manfaat timun bagi kesehatan tubuh, sebagaimana dikutip dari situs Deutsche Welle.

1. Bantu Kesehatan Jantung

Timun mengandung potassium (152mg per cangkir), yang bisa membantu pengurangan tekanan darah. Hasil studi menunjukkan peningkatan konsumsi potassium mempengaruhi positif resiko terkena serangan stroke dan juga mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

2. Kurangi Rasa Sakit

Kandungan tanin dalam mentimun mampu membatasi pelepasan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit. Menurut Journal of Young Pharmacists: “sebagai ramuan tradisional, timun digunakan untuk obat sakit kepala: bijinya punya efek mendinginkan dan diuretik. Jusnya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat jerawat.”

3. Pelindung Otak

Timun juga mengandung fisetin, substansi anti inflamasi. Fisetin memiliki peran penting dalam kesehatan otak. Karena memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala penyakit degenarasi sistem saraf yang berhubungan dengan usia dan bisa membantu fungsi kognitif pasien Alzheimer.

4. Kurangi Bau Mulut

Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri dalam mulut. Sayuran berserat dengan kandungan air yang tinggi, seperti timun, bisa menambah produksi air liur yang bisa membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut.

5. Kurangi Resiko Kanker

Timun mengandung polifenol yang disebut lignan. Zat ini berpotensi mengurangi resiko kanker tertentu. Timun juga mengandung unsur aktif tanaman kukurbitasin yang memiliki sifat anti kanker.

6. Melindungi Tulang

Timun adalah sumber vitamin K. Satu cangkir mengandung 22 persen vitamin K porsi harian yang direkomendasikan. Vitamin ini penting bagi kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K bisa meningkatkan resiko patah tulang. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang.

Demikian manfaat dahsyat timun bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.(arrahmah)



Baca Artikel Terkait: