-->

Rabu, 31 Agustus 2016

CARA MEMPERBAIKI LAYAR LAPTOP MATI NO DISPLAY PADAHAL INDIKATOR HARDISK NYALA



Pernahkah Ketika Anda menekan tombol power laptop Anda dan Anda melihat lampu daya hidup, kipas berjalan, harddisk berjalan normal tetapi tidak ada yang muncul di layar dan layar menampilkan tampilan kosong/gelap, Ini adalah apa yang kita sebut "no display/tidak ada tampilan" .

Dalam masalah ini mungkin laptop Anda harus memberikan catu daya yang tepat untuk semua bagian hardware tetapi motherboard tidak bisa boot karena beberapa kegagalan hardware atau boot motherboard Anda normal tapi tidak mampu menunjukkan tampilan hanya karena layar laptop anda rusak .

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah ini adalah Anda harus melakukan langkah demi langkah pemeriksaan Hardware laptop Anda untuk memperbaiki masalah ini. 

Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan Anda bagaimana Anda dapat dengan mudah memecahkan masalah "no display" anda, dengan mengikuti beberapa langkah sederhana yang akan kami tunjukan kepada anda berikut.

Jika laptop Anda menunjukkan tanda-tanda power supply bermasalah atau dengan kata lain sudah tidak mampu mensuplay daya karena sudah lama digunakan, Anda dapat mencoba menggunakan adaptor daya yang berbeda atau memeriksa daya yang masuk dengan alat ukur daya. 

Silahkan simak ulasan berikut

Untuk memperbaiki masalah layar kosong dan hitam ada 3 hal yang mungkin dapat Anda lakukan untuk memperbaiki laptop Anda. Jadi, kita akan melakukan langkah demi langkah pemeriksaan untuk memperbaiki laptop Anda agar normal kembali.

Tampilan/Display

Pertama kita mulai dengan layar, kadang-kadang masalahnya adalah hanya karena tampilan layar anda rusak. Jika tampilan Anda mati atau rusak motherboard Anda tidak akan pernah bisa menunjukkan sesuatu di layar atau memberikan beberapa kode kesalahan. Anda harus memecahkan masalah ini sendiri.

Untuk memecahkan masalah ini Anda memerlukan sebuah layar eksternal untuk memeriksa apakah laptop Anda bekerja dengan baik atau tidak. Di sini kita memiliki tutorial lain untuk menunjukkan cara untuk melakukan  Cara menghubungkan Layar Laptop Rusak ke Monitor Eksternal.

Jika menggunakan layar eksternal masih belum berhasil, berarti Anda memiliki masalah dengan tampilan layar Anda, Anda harus menggantinya dengan yang baru untuk memperbaiki laptop Anda atau jika laptop Anda masih tidak menunjukkan apa pun di layar, jika layar eksternal dapat menampilkan display, maka yang bermasalah adalah layar internal anda, untuk itu Anda dapat beralih ke solusi berikutnya di bawah ini.

Cek bios

Kadang-kadang bios sistem kami berhenti bekerja karena beberapa alasan dan bios perlu di restart untuk berjalan dengan baik kembali.Untuk mereset bios laptop Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Langkah 1 - matikan laptop dan cabut adaptor daya.

Langkah 2 - keluarkan baterai laptop.

Langkah 3 - tekan tombol power laptop selama 20 detik untuk menguras semua baterai

Langkah 4 - nyalakan laptop Anda tanpa baterai.

Cara Ini benar-benar akan mereset bios Anda dan sekarang Anda dapat menjalankan laptop Anda seperti sebelumnya. Jika laptop Anda masih menampilkan layar kosong, anda dapat mengikuti solusi berikutnya di bawah ini :

Cek RAM


Biasanya masalah tampilan kosong/no display adalah 90% disebabkan oleh RAM, ini berarti Anda mempunya ram mati atau motherboard Anda kotor, coba bersihkan dahulu, jika sudah bersih namun masih no display silahkan ikuti langkah selanjutnya atau beli ram baru dan lihat apakah masalah anda terselesaikan.

Memecahkan masalah ram

Langkah 1 - Cabut semua sumber daya seperti baterai atau adaptor daya.

Langkah 2 - Buka laptop anda dimana RAM berada, lepaskan RAM dari slotnya secara hati-hati.

Langkah 3 - Bersihkan ram laptop Anda dengan benar yaitu coba bersihkan kaki RAM dengan penghapus sampai dirasa tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Langkah 4 - Masukan ram kembali ke laptop Anda dan dimasukkan kembali penutup juga.

Langkah 5 - Hidupkan laptop Anda.

Jika Anda punya dua ram terpasang di komputer Anda, coba melepas salah satu dari mereka dan coba untuk menghidupkan komputer Anda.

Jika komputer Anda masih tidak menyala coba lepas ram yang dari slotnya dan pasang ke dalam slot lain. 

Jika komputer Anda masih tidak mampu menyala, coba lakukan langkah-langkah seperti sebelumnya dengan memasang ram lain Anda (sebaliknya). jika semua gagal kemungkinan RAM Anda mati, Anda dapat mencoba untuk meminjam ram kompatibel dari teman Anda dan pasang di laptop Anda untuk memastikan apakah ram Anda sudah mati atau tidak. 

Jika Anda menemukan ram anda mati, Anda dapat mencoba untuk memperbaiki ram Anda sendiri dengan mengikuti tutorial kami "

Masalah Motherboard / GPU



Jika semua solusi di atas tidak bekerja Anda berarti Anda memiliki masalah dengan motherboard Anda, saya sarankan Anda untuk melakukan servis laptop Anda ke ahlinya, jangan mengambil resiko besar dengan memperbaiki motherboard anda sendiri.

Sekian turorial saya semoga masalah laptop anda terselesaikan.

Sourche: Azkamaja




Baca Artikel Terkait: