-->

Kamis, 13 Oktober 2016

Berita Duka, Raja Bhumibol meninggal, Thailand Berduka Satu Tahun

Raja akan digantikan oleh Putra MahkotaMaha Vajiralongkorn. Thailand menetapkan masa berduka selama satu tahun dengan pengibaran bendera setengah tiang selama 30 hari.

Inilah sejumlah poin tentang Raja Bhumibol.

Raja terlama di dunia dan memegang tahta sejak 9 Juni 1946Ia dianggap sebagai pemersatu dan menjaga kestabilan Thailand selama memerintah, dan telah menghadapi 19 kali kudeta militer dengan lebih banyak lagi perdana menteri.Dalam dua tahun terakhir ini, Raja Bhumibol lebih banyak di rumah sakit dan jarang tampil di depan umum.Raja Bhumibol banyak dihormati oleh rakyat Thailand.

Ikuti laporan LIVE BBC Indonesia, tentang mengapa Raja Thailand ini dihormati dan apakah hukum ketat tentang ucapan negatif terhadap raja mempengaruhi kepopulerannya? sejumlah poin tentang Raja Bhumibol.

22:36

Presiden Obama gambarkan mendiang Raja Bhumibol sebagai pribadi yang hangat

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan dirinya mendapatkan kehormatan bisa bertemu dengan Raja Bhumibol saat melawat ke Thailand pada 2012.

"Raja adalah pribadi yang hangat dan sangat mencintai rakyatnya. Ia tanpa kenal lelah berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Presiden Obama.

22:12

Tahta tujuh dekade dalam foto

Raja Bhumibol naik tahta pada 1946.

Raja kelahiran Amerika Serikat ini mengenyam pendidikan di Swiss dan dikenal sebagai tokoh pemersatu dan juga bapak pembangunan di Thailand.

Lihat perjalanan hidup Raja Bhumibol digaleri foto BBC Indonesia.

21:42

Presiden Joko Widodo sampaikan dukacita

"Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas berpulangnya Raja Bhumibol Adulyadej," ucap Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Kamis (13/10).

"Dunia kehilangan seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya, pembawa kedamaian, persatuan, dan kesejahteraan bagi rakyat Thailand. Kesederhanaan Raja Bhumibol Adulyadej dan perhatiannya terhadap rakyat patut kita teladani," tambah Presiden.

21:29

Apa yang akan terjadi kemudian?

Jenazah Raja Bhumibol akan dibawa dari Istana Siriraj di Bangkok menuju Istana Agung untuk dimandikan. Besar kemungkinan ritual ini akan dilangsungkan hari Jumat (14/10).

Almarhum kemudian akan disemayamkan selama 100 hari.

Setelah itu akan digelar upacara kremasi.

Keseluruhan prosesi pemakaman raja bisa berlangsung lama dan pemerintah sudah mengumumkan periode berkabung selama satu tahun.

21:11

Apa kata Muslim Thailand tentang Raja Bhumibol?

Worawit Baru, pengajar di Universitas Fatoni, Patani, Thailand selatan mengatakan Raja Bhumibol banyak membantu masyarakat Muslim.

"Raja banyak berjasa, antara lain membantu tanah yang tak dapat digunakan dengan cara disuburkan ... memberi kursus bagi anak-anak muda sehingga mendapat pekerjaan ... memberikan sumbangan untuk sekolah-sekolah agama," kata Worawit, yang juga mantan senator di Thailand Selatan, daerah dengan penduduk mayoritas Muslim.

TWEET20:55

Najib Razak

Ucapan duka dari Perdana Menteri Malaysia Najib Razak

"Duka mendalam bagi keluarga kerajaan dan rakyat Thailand atas meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej."

20:49

Warga Thailand berduka di luar rumah sakit

Raja Bhumibol dihormati di seluruh Thailand dan bagi sebagian kalangan dianggap semi-dewa.

Para pelayat berkumpul di luar rumah sakit di Bangkok, tempat raja dirawat sebelumnya.

Sourche: bbc.com




Baca Artikel Terkait: