-->

Sabtu, 21 Januari 2023



Metode pembayaran berbasis internet non tunai sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern, bukan hanya dengan ATM tetapi juga dengan mobile banking dan akun-akun virtual money lainnya. Metode pembayaran seperti ini memang membuat hidup menjadi lebih mudah karena kita tidak perlu mengantongi sejumlah uang dan membawanya kemana-mana, pembayaranpun bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, bahkan bangun tidur sekalipun. Termasuk pembayaran berbagai macam tagihan seperti token listrik, tagihan air, anda bisa bayar tagihan air PDAM online dan lain sebagainya. Sistem pembayaran online ini pun tidak hanya disediakan oleh bank tapi juga oleh beberapa situs marketplace dan e-commerce ternama seperti Bukalapak. Sebelumnya anda juga harus memahami betul mekanisme pembayaran di situs tersebut dan cari tahu info sebanyak-banyaknya, apakah situs tersebut terpercaya atau tidak.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan saat anda memilih metode pembayaran online:
·         Pembayaran bisa dilakukan dimana saja: Anda tidak perlu lagi datang ke loket dan terbatas oleh jam buka loket pembayaran resmi. Karena sistem pembayaran online ini selalu buka 24/7 bahkan di hari libur. Yang anda butuhkan hanya koneksi internet stabil dan gadget seperti laptop atau ponsel. Proses pelayanannya pun cepat karena sudah terintegrasi dengan sistem otomatis yang canggih. Anda bisa duduk manis namun tagihan wajib ini terbayarkan lunas dengan mudah dan cepat. Sebab sistem online tidak menuntut kehadiran pemilik tagihan untuk menghadap petugas loket sebagaimana metode konvensional.
·         Pembayaran dapat dilakukan kapan saja: Seperti yang sudah disebutkan diatas, anda bisa melakukan pembayaran kapan saja karena sistem pembayaran online selalu buka bahkan di tengah malam dan pagi-pagi buta. Anda pun dapat melakukannya disela-sela aktifitas harian anda.
·         Bebas biaya admin: Biasanya metode pembayaran konvensional ada tambahan biaya admin. Nah, dengan sistem pembayaran online anda tidak akan dikenakan biaya admin, anda hanya ditagih atau membayar sejumlah tagihan PDAM anda, sehingga jatuhnya lebih hemat waktu, hemat uang dan hemat tenaga.
·         Menjadi metode pembiayaan paling aman: Disebut paling aman karena anda bisa melakukan pembayaran di rumah sendiri tanpa harus membawa-bawa sejumlah uang cash ke loket yang mana mungkin beresiko terkena copet di perjalanan. Anda pun tidak perlu hujan-hujanan, panas-panasan dan bermacet-macet ria dijalanan hanya untuk membayar tagihan air PDAM anda.
·         Metode pembayaran paling mudah: Kesimpulan dari poin-poin di atas adalah metode pembayaran online ini merupakan metode pembayaran yang paling mudah dan paling aman. Tetapi masih banyak orang yang berpikir bahwa pembayaran online ini sulit, padahal sebenarnya tidak jika kita memahami betul apa yang harus kita lakukan.

Itulah lima keuntungan atau kelebihan yang bisa anda dapatkan jika anda membayar tagihan PDAM secara online. Sebagai manusia modern tentu tak ada salahnya untuk mencoba metode ini. Namun sebagian masyarakat masih belum familiar dan masih takut. Banyak hal yang mereka takutkan seperti takut uangnya tidak sampai, takut salah langkah yang berakibat uang mereka hilang. Padahal sebenarnya jika kita memahami betul setiap petunjuk dan langkah yang diinstruksikan dalam pembayaran online akan sangat mudah loh. Tetapi memang tidak semua manusia dapat dengan mudah menyerap perkembangan teknologi, butuh waktu tentunya. Dan tidak semua kalangan bisa menggunakannya, contohnya saja orang tua, tak jarang orang tua tidak mau atau takut menggunakan metode ini.



Baca Artikel Terkait: