-->

Sabtu, 31 Maret 2018

Penemu Permainan Bola Basket – James Naismith

James Naismith merupakan salah satu tokoh penting sejarah olahraga bola basket. Beliau merupakan orang yang pertama kali memperkenalkan permainan bola basket atau bisa dikatakan sebagai penemu permainan Bola Basket.
Sejarah Permainan Bola Basket
james-naismith-penemu-bola-basket
James Naismith
James Naismith yang lahir pada tanggal 6 November 1861 di Kananda pada awalnya merupakan salah satu dari guru olah raga di YMCA International Training School Springfield di Amerika Serikat. Memasuki musim dingin tahun 1891, James melihat kebosanan yang dialami oleh seluruh muridnya.

Apalagi kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung untuk melakukan kegiatan olah raga karena suhu yang terlalu dingin. Namun, hal ini tidak menjadi hambatan bagi James untuk memberikan pelajaran olah raga kepada seluruh muridnya. Saat itu, dirinya mencoba untuk mendapatkan ide tentang olah raga yang bisa dimainkan saat musim dingin tiba.
Akhirnya dirinya mulai teringat tentang kegiatan semasa kecil yang pernah dilakukan dengan memantulkan bola dan menangkapnya kembali. Ide ini kemudian menjadi cikal bakal dari permainan bola basket.

Olah raga bola basket yang dicetuskan oleh James kemudian menjadi sangat populer di dunia, terutama Amerika Serikat. Anda harus tahu bahwa pada awal penemuan Bola Basket, masing-masing tim didukung oleh 9 orang dengan peraturan yang masih kurang sempurna.
Selanjutnya, perkembangan bola basket yang sudah dikenal banyak orang terus mengalami perubahan peraturan hingga saat ini. James Naismith pada awalnya tidak menganggap bahwa idenya pada bola basket ini memberikan dampak dan disambut antusias oleh banyak kalangan.
Pola permainan dan peraturan yang diberikan juga disesuaikan dengan perkembangan situasi hingga industri olah raga. James Naismith sendiri pada akhirnya menjadi berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika Serikat dan ia juga menjadi Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional di olimpiade Berlin pada tahun 1936.
Perkembangan Peraturan Bola Basket
james-naismith
Permainan bola basket ini hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk dikenalkan kepada publik amerika sejak James memulainya kepada seluruh muridnya. Penemuan Bola Basket ini kemudian disambut hangat oleh banyak orang di Amerika Serikat.

Dua tahun setelah penemuan olah raga ini, James A. Naismith bersama dengan rekannya yaitu Luther Gullick mulai memikirkan peraturan resmi yang harus ditaati oleh seluruh peserta. Tidak butuh waktu yang cukup lama setelah peraturan itu dibuat, hingga akhirnya permainan bola basket ini menjadi salah satu bagian penting dari olah raga di Amerika Serikat.

Bahkan, tahun 1895, basketball yang merupakan bahasa Inggris dari olah raga ini masuk dalam kosa kata Kamus Besar Amerika Serikat. Perkembangan bola basket yang sangat pesat tentu saja diikuti dengan kebutuhan sarana.

bola-basket
Apalagi pada masa itu, James juga sangat membutuhkan banyak sarana seperti lapangan hingga bola itu sendiri untuk mendukung penemuan Bola Basket.  Hal ini untuk memudahkan dirinya dan rekan lainnya untuk mengantisipasi antusiasme dan peraturan yang dibutuhkan. Inovasi dan perjuangan yang dilakukan James beserta dengan seluruh rekannya akhirnya terbayar lunas.
Pada tahun 1932, terbentuk Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA yang menjadi naungan terhadap kompetisi ataupun organisasi dari bola basket di seluruh dunia. Hingga saat ini, publik Amerika Serikat masih tetap mengidolakan olah raga ini dan bola basket juga menjadi salah satu industri olah raga besar di Amerika Serikat.

Selain itu Bola basket merupakan olah raga yang kini menjamur dan mendunia termasuk di negara kita Indonesia. Olah raga ini sangat digemari oleh banyak pelajar, mahasiswa hingga orang dewasa yang sudah bekerja. Banyak sekali kompetisi bola basket di Indonesia dengan menarik respon yang cukup banyak dari masyarakat

sumber : buku para penemu olahraga dunia  hal 105



Baca Artikel Terkait: