Kelebihan dan Kelemahan Monitor LCD yang Harus Anda Tahu



Monitor merupakan salah satu perangkat output yang digunakan untuk menampilkan gambar atau visual dari perangkat komputer. Tanpa adanya layar monitor, Anda tidak dapat melihat hasil atau proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.

Di era yang semakin maju terutama bidang teknologi, penciptaan monitor juga tidak kalah pesatnya dalam menghadirkan monitor berkelas yang layak bersaing dengan produk-produk dunia. Salah satu jenis monitor yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer adalah monitor LCD atau yang merupakan kepanjangan dari Liquid Crystal Display dimana monitor jenis ini menggunakan teknologi Kristal air.

Setiap benda yang diciptakan manusia tentunya dibekali dengan beberapa keunggulannya masing-masing sebagai daya tarik dari produk tersebut. Namun di balik keunggulan yang dibekalkan, pastinya tidak bisa terlepas dari beberapa kelemahan yang ada, termasuk teknologi monitor LCD ini. Monitor juga memiliki beberapa kendala atau penyakit seperti munculnya dead pixel dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, tanpa berpanjang lagi, berikut 6 kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan LCD monitor:

1.      Tidak Memantulkan Cahaya
Salah satu kenyamanan yang akan Anda rasakan dengan menggunakan monitor LCD adalah tidak adanya pantulan cahaya dari monitor. Ketika ada cahaya yang jatuh pada layar monitor ini tidak akan dipantulkan lagi ke arah pengguna. Sehingga Anda akan merasa lebih nyaman terutama dari segi penglihatan ketika sedang menggunakan perangkat komputer.

2.      Hemat Listrik
Salah satu permasalahan atau kendala dari perangkat teknologi yang memerlukan tenaga listrik adalah adanya penyerapan daya listrik yang tinggi alias boros. Tentunya ini mengganggu kenyamanan sekaligus membuat pengeluaran iuran listrik Anda menjadi bertambah.
Mengingat hal itu, maka memilih monitor LCD sebagai layar monitor komputer Anda merupakan salah satu solusi yang sangat rekomendasi. Monitor LCD memiliki daya serap yang rendah terhadap pemakaian listrik dibandingkan dengan berbagai merek monitor lain. Bahkan perlu Anda ketahui, pemakaian atau penggunaan tenaga listrik dari monitor LCD hanya setengahnya dari jenis monitor CRT.

3.      Radiasi Kecil
Salah satu penunjang kenyamanan kerja di depan layar komputer adalah keadaan cahaya atau radiasi yang ditimbulkan layar. Pada beberapa jenis monitor memberikan cahaya atau radiasi yang terlalu tinggi, tentunya ini sangat tidak nyaman berhadapan dengan mata, dapat membuat mata cepat lelah dan perih.
Radiasi yang diberikan oleh layar monitor LCD relatif lebih rendah dan nyaman untuk berhadapan dengan mata. Bahkan ketika Anda melihat layar monitor pada jarak yang dekat sekalipun.
4.      Gambar Berkualitas Baik
Bagaimana jika hasil output gambar yang ditampilkan oleh layar monitor komputer Anda jelek dan kurang bagus warnanya? Tentunya akan terlihat kurang menarik bukan? Hal ini juga membuat Anda kurang semangat untuk menyelesaikan pekerjaan di depan layar monitor.
Kebutuhan akan output gambar yang baik dalam sebuah layar monitor nampaknya bisa Anda dapatkan dengan mempercayakan kepada monitor LCD ini. Kualitas gambar yang dihasilkan monitor LCD cukup baik dengan kualitas ketajaman gambar yang tinggi serta terlihat lebih jerih dan bening. Cocok sekali bagi Anda yang tertarik untuk berkecimpung di dunia multimedia seperti desain grafis dan sebagainya.

5.      Ringan Dibawa
Monitor LCD memiliki bentuk yang ramping dan menarik. Bentuk yang ramping ini tentunya juga mempengaruhi terhadap beratnya. Layar monitor LCD memiliki berat yang ringan sehingga menunjang kenyamanan pengguna ketika ingin membawa komputer kesayangannya ke luar rumah. Anda juga lebih leluasa untuk memindahkannya kemanapun yang Anda inginkan.

6.      Dimensi Monitor yang Ramping
Monitor LCD memiliki bentuk serta dimensi ukuran yang ramping dan tidak terlalu besar. Sehingga tidak terlalu memakan tempat atau nyaman dalam mencari tempat untuk meletakkan komputer Anda. Cocok sekali bagi pengguna yang memiliki ruang yang tidak terlalu luas dan ingin dijadikan sebagai tempat kerjanya bersama komputer kesayangan.

Itu tadi beberapa kelebihan atau keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan monitor LCD. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, di balik beberapa poin kelebihan yang ada, masih ada beberapa kelemahan pada penggunaan monitor LCD ini. Adapun beberapa kelemahan atau kekurangan dari monitor LCD adalah sebagai berikut:

1.      Mahalnya Harga Servis
Setiap benda ciptaan manusia pastilah memiliki sisi rawan yang dapat membuat benda itu mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan. Salah satu kelemahan mendalam yang dimiliki monitor LCD adalah terlalu mahalnya harga servis dibandingkan dengan harga servis monitor jenis lain. Hal ini dikarenakan masih belum banyak orang yang ahli dalam melakukan perbaikan terhadap kerusakan monitor LCD ini.
Selain itu, berbagai komponen-komponen monitor LCD juga sulit untuk didapatkan. Kedua hal inilah yang menjadi faktor utama mengapa harga servis menjadi mahal. Sehingga, sebaiknya Anda menggunakannya dengan sangat berhati-hati. Lakukan pemakaian sesuai aturan dan saran yang ada, seperti menggunakannya dalam jangka waktu yang normal alias tidak selalu digunakan secara terus menerus dalam 24 jam.
Karena bukan hanya otak dan tenaga manusia saja yang membutuhkan waktu untuk istirahat, mesin juga membutuhkan waktu untuk diam agar berbagai komponen yang ada di dalamnya juga ikut istirahat. Pemakaian secara sehat tentunya akan membuat pemakaian monitor LCD ini dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lama alias awet dan tidak cepat rusak.

2.      Harga Monitor Mahal
Seperti yang Anda ketahui, kualitas suatu produk juga dipengaruhi oleh harga yang dibandrolkannya, seperti halnya layar monitor LCD ini. Harga monitor LCD bisa dikatakan memiliki standar harga yang relatif lebih tinggi dan mahal dibandingkan dengan monitor jenis lain. Sehingga Anda harus mempersiapkan dana yang sedikit lebih banyak jika ingin membeli monitor jenis ini.

3.      LCD Layar yang Sensitif
Bentuknya yang ramping memang menjadikan monitor LCD terlihat lebih menarik dan mudah dibawa kemana-mana. Namun di balik body yang ramping ini, monitor LCD memiliki kelemahan yaitu terlalu sensitifnya layar terhadap kerusakan yang dihasilkan dari benturan dari luar. Sehingga Anda harus ekstra hati-hati ketika ingin membawanya ke luar rumah.

4.      Permasalahan Dead Pixel
Dead Pixel merupakan adanya titik hitam yang ditimbulkan karena matinya pixel monitor. Dead pixel sendiri bisa dihasilkan dari beberapa faktor seperti kegagalan produksi atau kesalahan aktivitas yang dilakukan terhadap layar komputer. Jika sudah muncul adanya dead pixel pada layar tentunya sangat mengganggu bagi pengguna dan mengurangi kenyamanan pemakaian.

5.      Keterbatasan Sudut Pandang
Kelemahan yang selanjutnya adalah monitor LCD memiliki sudut pandang yang terbatas sehingga membuat gambar yang dihasilkan berbeda-beda. Hal ini  menjadikan pengguna yang ingin melihat output yang ditampilkan secara jelas maka harus memposisikan diri sejajar di depan layar monitor tersebut.

Itulah beberapa keunggulan dan kelemahan yang ada dalam pemakaian monitor LCD. Hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan ketika hendak membeli sebuah layar monitor baik untuk keperluan pribadi maupun untuk kepentingan instansi. Pastikan Anda tidak salah memilih, sehingga kinerja di depan layar akan terjadi secara maksimal dan peningkatan produktivitas kerja bisa Anda lakukan dengan baik. 

0 Response to "Kelebihan dan Kelemahan Monitor LCD yang Harus Anda Tahu"