-->

Minggu, 15 April 2018


Penjelasan Pengertian Datum Data Dan

Pengertian Datum, Data dan Statistika - Istilah datum dalam matematika dapat diartikan sebagai suatu catatan yang berisi keterangan atau informasi yang didapatkan setelah melakukan sebuah penelitian. Di dalam matematika bentuk datum dapat bermacam-macam. Bisa berbentuk lambing, angka, bilangan, keadaan, bahkan sifat dari objek yang diteliti. Kumpulan dari datum-datum disebut sebagai data. Masih bingung? Coba perhatikan penjelasan contoh berikut ini:

Pak Darto ingin mengukur berat badan dari 4 orang siswanya. Setelah dilakukan penimbangan, didapatkan hasil berat badan siswa yaitu Dara dengan berat badan 55 kg, Ilham dengan berat badan 90 kg, Bejo dengan berat badan 60 kg, dan Putri dengan berat badan 50 kg.

Berdasarkan pada contoh di atas, berat badan siswa (contohnya: 90 kg) merupakan datum. Sementara hasil pengukuran keseluruhan dari 4 siswa tersebut adalah data. Jumlah datum dari contoh di atas adalah 4 (55, 90, 60, 50). 

Datum

Datum dibedakan ke dalam dua bentuk, yaitu datum berbentuk bilangan dan datum berbentuk kategori. 

Contoh dari datum berbentuk bilangan adalah berat badan siswa, tinggi siswa, nilai matematika siswa, jarak tempuh sebuah mobil, dsb. 

Sementara contoh dari datum berbentuk kategori berkaitan dengan sifat seperti baik dan buruk, tinggi dan rendah, dsb.

Data

Data juga dibedakan menjadi dua kategori yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data Kuantitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk bilangan atau angka dan nilai bisa berubah-ubah nilainya. Data kuantitatif diperoleh dari hasil sebuah pengukuran dengan menggunakan alat ukur misalnya tinggi badan atau berat badan.

Sedangkan Data Kualitatif adalah data yang menjelaskan keadaan yang menggambarkan suatu objek. misalnya selain tampan, Gilang juga pandai bermain bulu tangkis. data kualitatif biasa diperoleh dari penangkapan panca indra yang kita miliki.

Statistika

Dari penjelasan mengenai datum dan data di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Statistika adalah sebuah bidang ilmu yang di dalamnya mempelajari materi yang berkaitan dengan pengumpulan, perhitungan dan pengolahan serta penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh dari sebuah penelitian.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika semoga bisa menambah sedikit pengetahuan kalian mengenai beberapa istilah yang biasa digunakan di dalam pelajaran matematika mengenai statistika. 

Sumber: 
http://www.rumusmatematikadasar.com/
farrelstudio




Baca Artikel Terkait: