-->

Sabtu, 28 April 2018


Dalam ilmu fisika terdapat bentuk materi zat yang memiliki pengertian yaitu segala hal yang mempunyai massa dan menempati ruang. Salah satu contoh dari bentuk materi ini ialah alam semesta yang terdiri dari udara, meja, kursi dan sebagainya. Materi zat dapat dibagi menjadi dua bentuk yakni zat murni dan campuran. Zat murni adalah zat kimia yang terdiri dari bagian bagian yang seluruhnya bersifat seragam dan tetap, misalnya karbondioksida, air, udara, dan nitrogen. Sedangkan zat campuran adalah zat yang tersusun dari beberapa bentuk zat. Untuk zat murni dapat dibagi menjadi unsur dan senyawa. Maka dari itu terdapat sifat unsur, contoh unsur, sifat senyawa, contoh senyawa, sifat campuran dan contoh campuran.

Lalu apa itu unsur? Apa itu senyawa? Apa itu campuran? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sifat sifat unsur, contoh unsur, sifat sifat senyawa, contoh senyawa, sifat sifat campuran dan contoh campuran. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Sifat Sifat Unsur, Senyawa dan Campuran Beserta Contoh Lengkap

Secara garis besar materi dapat dibagi menjadi 3 jenis yakni unsur, senyawa dan campuran. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai sifat sifat unsur, sifat sifat senyawa, dan sifat sifat campuran lengkap dengan contoh unsur, contoh senyawa dan contoh campuran.

Unsur

Unsur ialah zat tunggal yang tidak mengalami reaksi kimia sehingga tidak dapat diuraikan lagi menjadi sebuah zat baru yang sederhana. Unsur tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi dua bentuk yakni unsur non logam dan unsur logam. Setiap bentuk unsur memiliki sifat dan contohnya masing masing.

Sifat Sifat Unsur Logam
Memiliki warna yang mengkilap.
Penghantar listrik yang baik.
Penghantar panas yang baik.
Memiliki wujud berupa zat padat (kecuali raksa/merkuri).
Bisa ditempa menjadi sebuah lempengan ataupun lembaran.
Contoh unsur logam meliputi emas, besi, tembaga, platina, raksa dan seng.

Sifat Sifat Unsur Non Logam
Memiliki wujud padat, gas dan cair pada suhu kamar.
Memiliki warna yang tidak mengkilap.
Tidak dapat menghantarkan panas.
Tidak dapat menghantarkan lisrik.
Tidak bisa ditempa.
Contoh unsur non logam meliputi Carbon, Platinum, Oksigen, Sulfur dan sebagainya.
 Baca juga : Pengertian, Teori, Sifat Asam dan Basa
Senyawa

Senyawa ialah zat tunggal yang dibentuk oleh gabungan dua atau lebih atom yang mengalami reaksi kimia. Berikut sifat sifat senyawa yaitu:
Dapat diuraikan hingga menjadi zat unsur/zat sederhana.
Dibentuk dengan melalui reaksi kimia.
Memiliki perbandingan yang tetap.
Ketika berubah menjadi senyawa, unsur pembentuknya memiliki sifat yang berbeda/berubah.
Termasuk zat tunggal.
Contoh senyawa meliputi garam dapur (NaCl), cuka (CH3COOH), air (H2O), dan asam sulfat (H2SO4).

Campuran

Campuran ialah jenis materi yang terdiri dari dua atau lebih zat yang sifatnya berlawananan, namun sifat zat aslinya masih terasa dan perbandingannya tidak tetap. Berikut sifat sifat campuran yakni:
Terdiri dari dua atau lebih jenis zat.
Masih mempunyai sifat asli dari zat sebelumnya.
Memiliki perbandingan yang tidak tetap atau sembarang.
Secara Fisika dapat dipisahkan.
Campuran ini dapat dibagi lagi menadi dua jenis yakni campuran heterogen dan campuran homogen. Berikut penjelasan mengenai masing masing jenis campuran:

Campuran Homogen
Campuran Homogen ialah campuran yang didalamnya tidak dapat membedakan zat zat yang tercampur didalamnya. Contoh campuran homogen yaitu teh manis, udara dan sirup.

Campuran Heterogen
Campuran heterogen ialah jenis campuran yang zatnya tidak dapat bercampur satu sama lain secara sempurna. Selain itu campuran ini masih dapat dipisahkan melalui reaksi tertentu. Contoh campuran heterogen yaitu campuran pasir, air dan semen, campuran gula dengan kopi, campuran tanah dengan air. Jenis campuran heterogen masih dapat dibagi lagi menjadi dua bentuk yakni koloid dan suspensi. Koloid ialah jenis campuran heterogen yang memilili campuran zat dengan sifat sama. Misalnya campuran air dengan susu, campuran awan dengan udara, dan campuran air dengan cat. Sedangkan suspensi ialah jenis campuran heterogen yang memiliki sifat dapat dilihat mata dan teksturnya kasar. Misalnya campuran air dengan minyak, campuran air sungai sehingga berwarna keruh, dan campuran air dengan kapur.

Demikianlah penjelasan mengenai sifat sifat unsur, sifat sifat senyawa, dan sifat sifat campuran lengkap dengan contoh unsur, contoh senyawa dan contoh campuran. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Sumber : Materi4belajar



Baca Artikel Terkait: