-->

Sabtu, 21 Januari 2023

Inilah Masjid Termegah Dan Terindah Di Dunia Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

1. Masjid Al-Haram di Mekkah



Masjid Al-Haram ini seperti sudah kita ketahui bersama, merupakan masjid terbesar di dunia, di sana terdapat Ka'bah yang menjadi kiblat sholat ummat Islam seluruh dunia. Masjidil Haram ini dapat menampung kurang lebih 4.000.000 orang.

2. Masjid An-Nabawi di Madinah




Masjid An-Nabawi yang terletak di Madinah ini adalah merupakan tempat suci kedua setelah Masjidil Haram. Masjid ini didirikan pada tahun 622. Masjid Nabawi ini mempunyai 10 menara yang masing-masing tingginya 105 meter.  Adapun masjid Nabawi dapat menampung kurang lebih 1.000.000 orang.

3. Masjid Al-Quba di Madinah



Masjid Quba ini saya masukkan bukan karena sesuatu yang spektakuler secara fisik seperti masjid yang lainnya, tapi karena sesuatu yang memang sangat istimewa dalam sejarah ,perjalanan perkembangan agama Islam.  Menurut logodangambar Masjid ini menjadi termegah dan terindah secara rohani di samping masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

Masjid ini adalah merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw, pada masa awal-awal masa peradaban Islam, tepatnya pada tanggal 8 Rabiul Awwal 1 H. Terletak di wilayah Hejaz Propinsi Madinah, 5 kilometer di sebelah tenggara kota Madinah Saudi Arabia.

Pemugaran terakhir terhadap masjid Quba ini dilakukan pada abad 20, adapun arsitek yang diberi tugas untuk memugarnya adalah Abdel Wahed El Wakil. Pada awalnya ia bermaksud untuk menggabungkan struktur lama ke dalam desainnya, tetapi akhirnya bangunan yang lama dirobohkan dan diganti dengan bangunan yang baru.

4. Masjid Al-Aqsa, Jerusalem Palestina


Masjid Al Aqsa ini dianggap sebagai atau merupakan tempat suci ketiga bagi umat Islam. Dalam kitab-kitab hadits dijelaskan bahwa Rasulullah pernah mengajarkan kepada umat Islam untuk berkiblat ke arah Masjid Al Aqsa ini (Baitul Maqdis) hingga 17 bulan setelah hijrah ke Madinah. Setelah itu kiblat shalat adalah Ka'bah (Masjidil Haram) hingga sekarang.

Masjid Al Aqsa  ini mempunyai 1 kubah dan 4 menara, dengan lebar bangunan 56 meter dan panjang bangunan 83 meter. Dan kapasitas masjid hanya kurang lebih 5.000 jama'ah (di dalam) dan kurang lebih 400.000 (di luar). Letaknya di Al Haram Asy Syarif Yerussalem.

Masjid Al Aqsa ini juga saya masukkan ke dalam 15 Masjid Termegah dan Terindah bukan dikarenakan bangunan fisiknya, namun karena kemegahan dan keindahannya dari segi rohani.

5. Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al-Nahyan di Abu Dhabi


Masjid ini juga masih tergolong sangat muda karena baru diresmikan pada tahun 2007,  dinamakan Masjid Agung Sheikh Zayed sesuai dengan tokoh sentral di balik ide pembangunannya, yaitu Sheikh Zayed Bin Sultan Al-Nahyan, tokoh nasional sekaligus pendiri negara Uni Emirat Arab. Terletak di kota Abu Dhabi ibukota negara Uni Emirat Arab.

Kalau melihat daya tampung dari masjid ini masih kalah jauh dengan masjid Istiqlal kita, karena masjid Sheikh Zayed ini hanya mampu menampung kurang lebih 40.960 (41.000 an) jama'ah.

Yang istimewa dari masjid ini adalah karena masjid ini mempunyai :

Pintu utama masjid ini terbuat dari bahan kaca tebal dengan bobot yang mencapai 2,2 ton , yang mempunyai tinggi 12,2 meter dan lebarnya 7 meter.82 kubah bergaya Maroko, yang kesemuanya kubah tersebut dihias dengan batu pualam putih. Mempunyai sebanyak kurang lebih 1.000 pilar di area luar, semuanya dilapisi dengan kurang lebih 20.000-an lembaran pualam dan juga batu alam buatan.Di sekeliling masjid Sheikh Zayed ini terdapat rangkaian kolam yang luas keseluruhannya mencapai 7.874 meter persegi.

6. Masjid Imam Reza Mashad Iran





Masjid Imam Reza Mashad ini berdiri di area seluas kurang lebih 598.657 m2, luas bangunan masjidnya sendiri kurang lebih 267.079 m2.  Berdiri sejak tahun 818 M, dengan kemampuan menampung jama'ah kurang lebih 700.000 orang.

7. Masjid Hasan II, Casablanca Maroko




Hampir seluruh bagian dari bangunan masjid ini berada di atas permukaan air laut dan menghadap ke lautan Atlantik. Masjid Hasan II ini masih sangat muda usianya dibandingkan dengan masjid yang lainnya, karena Masjid   Hasan II ini baru dibangun pada tahun 1993.  Luas lahan masjid ini kurang lebih 90.000  meter persegi dengan daya tampung mencapai 105.000 jama'ah. Masjid Hasan II yang terletak di Casablanca, Maroko ini menjadi istemewa karena mempunyai menara yang tingginya mencapai 210 meter dan merupakan menara masjid tertinggi di dunia. Perancang atau arsitek dari masjid Hasan II adalah seorang arsitek asal Perancis, yaitu Michel Pinseau.

8. Masjid Grand Al Fateh, Doha Qatar



Masjid ini juga merupakan salah satu masjid termegah dan terindah di dunia,  memiliki kapasitas untuk menampung kurang lebih  7.000 jamaah pada suatu waktu.  masjid ini dibangun oleh almarhum Sheikh Isa bin Salman Al Khalifa pada tahun 1987 dan diberi nama setelah Ahmed Al Fateh, penakluk Bahrain.

Kubah besar yang bertengger di atas Masjid Al-Fateh dibangun seluruhnya terbuat dari bahan fiberglass. Beratnya kurang lebih mencapai 60.000 kg, dan sampai saat ini merupakan kubah terbesar di dunia (dari fiberglass). Marmer yang digunakan dalam lantai Italia serta lampu-lampu gantung buatan  dari Austria. Pintu-pintu terbuat dari kayu jati dari India.

9. Masjid Qolsharif, Kazzan Kremlin Rusia




Masjid ini diberi nama Qolsharif (bhs Tatar) atau Kul Sharif (bhs Rusia) mengacu kepada nama seorang ulama sekaligus pemimpin terkemuka di Kazan Khanate. Disebutkan dalam literatur-literatur sejarah bahwa Qolsharif bersama murid-muridnya meninggal dunia ketika berusaha mempertahankan Kazan dari pendudukan Rusia pada tahun 1552.  Dan untuk mengenang jasa pahlawan ini, maka atas arahan Presiden Tatarstan, Mintimer Shaymiev, dibnamailah masjid ini dengan nama Qolsharif.

Masjid dengan penampilannya yang sangat cantik ini diresmikan pada 24 Juli 2005. Desain arsitektur dari masjid Qolsharif ini adalah seorang arsitek dari Rusia, I. Sayfullin dan S. Shakurof. Masjid Qolsharif adalah merupakan masjid termegah dan terindah di Rusia dan Eropa, tidak termasuk Istambul.

10. Masjid Istiqlal, Jakarta Indonesia


Masjid Istiqlal ini salah satu masjid  yang termegah di dunia, karena sangat besar. Daya tampung masjid Istiqlal mencapai kurang lebih 120.000 jama'ah. Istiqlal adalah kata dari bahasa Arab yang mempunyai arti merdeka. Dan memang masjid ini didirikan sebagai rasa syukur masyarakat Indonesia atas kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Masjid ini dibangun atas prakarsa presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.
Masjid Istiqlal mempunyai kubah utama yang mempunyai diameter 45, yang merupakan representasi tahun 1945, tahun kemerdekaan.
Tujuh gerbang untuk memasuki ruangan utama merupakan representasi tujuh lapis langit dalam kosmologi semesta menurut Islam.
12 tiang penyangga kubah utama merepresentasikan tanggal 12 Rabiul  Awwal, kelahiran Nabi Muhammad saw.
Lima lantai melambangkan rukun Islam.
Nama arsitek dari masjid Istiqlal ini adalah Frederich Silaban.

11. Masjid Sultan Omar Ali Saefuddin, Brunei



Arsitektur dari masjid Sultan Omar Ali Saefuddin ini  dirancang oleh biro arsitekur Booty and Edwards Chartered berdasarkan rancangan karya arsitek berkebangsaan Italia Cavaliere Rudolfo Nolli. Namanya diambil dari Sultan Brunei ke-28 yaitu Sultan Omar Ali Saefuddin.

Kemegahan masjid ini tampak lebih karena dibangun diatas laguna atau kolam buatan di tepi sungai Brunei di Kampong Ayer. Ciri khas yang paling mengagumkan dari Masjid ini adalah kubahnya yang dilapisi dengan emas murni. Masjid ini menjulang setinggi kurang lebih 52 meter dan dapat dipandang dari setiap sudut kota Bandar Seri Begawan. 

12. Masjid Zahir, Kedah Malaysia




Masjid Zahir ini juga sering disebut sebagai masjid Zahrah, terletak di tengah-tengah bandar raya Alor Setar, Kota Setar, Kedah Darul Aman, Malaysia. Ciri utamanya dari masjid Zahir ini adalah kubah hitamnya. Terdapat lima buah kubah yang lebih kecil yang melambangkan rukun Islam dan satu kubah utama.

Arsitektur dari masjid Zahir ini menginspirasi dari masjid Azizi di Bandar Langkat, Sumatera Utara. Diresmikan pada 6 Dzulhijjah 1333 H / 15 Oktober 1915 oleh DYMM Almarhum Sultan Abdul Hamid Halim Shah

13. Masjid Faisal Islamabad, Pakistan





Masjid Faisal ini merupakan masjid yang terluas yang berada di Pakistan, dan dibanding masjid lainnya yang kita bahas tergolong paling muda. Dinamakan Faisal, karena untuk memberikan penghormatan kepada Raja Saudi Arabia Faisal bin Abdul Aziz yang merupakan donatur utama dalam proyek pembangunan masjid tersebut, yaitu sebanyak $120 juta USA, sebelum beliau wafat tahun 1975. Masjid ini dibuka atau diresmikan pada tahun 1986. Dapat menampung kurang lebih 700.000 orang.

14. Masjid Taj Ul, Bhopal India




Terletak di Bhopal India. Masjid Taj Ul ini mampu menampung kurang lebih 175.000 jama'ah. Area masjid ini sendiri luasnya mencapai kurang lebih 400.000 meterpersegi. Mempunyai 3 kuibah dan 2 menara.

15. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul Turkey


Masjid Sultan Ahmed ini adalah merupakan salah satu masjid tertua,dibangun sekitar tahun1609 dan 1616 M pada masa pemerintahan Sultan Ahmas 1. Masjid ini merupakan masjid Nasional Turki, dan merupakan masjid bersejarah di Istambul. Masjid ini lebih terkenal sebagai Masjid Biru karena keramik biru yang menghiasi hampir seluruh dinding dan interiornya..


Sumber: http://logodangambar.blogspot.co.id/2014/08/15-masjid-termegah-dan-terindah-di-dunia.html?m=1




Baca Artikel Terkait: