-->

Sabtu, 21 Januari 2023


Ketika kamu sedang mencari pekerjaan, tentu saja yang perlu kamu buat adalah surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menentukan apakah kamu diterima di perusahaan yang kamu lamar atau tidak.

Kamu tentu harus pandai bagaimana caranya mempromosikan diri kamu secara benar dan benar, tanpa perlu mengungkapkan apa yang tidak sebenarnya. Jangan mengada-ada tentang diri kamu hanya untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan tersebut.

Cara Membuat Lamaran Kerja
Hal ini dikarenakan banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan pekerjaan yang tersedia tidak memadai sehingga banyak pelamar yang justru tidak mengungkapkan tentang dirinya yang sebenarnya. Padahal itu salah besar. Nah agar kamu menajadi salah satu kandidat yang patut di pilih berikut beberapa langkah cara membuat lamaran kerja yang efektif.

1. Tempat dan tanggal penulisan surat

2. Kepada Yth. Nama orang beserta gelar dan jabatan atau nama perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.

3. Salam hormat

4. Kata pengantar
Dalam kata pengantar atau pembuka surat lamaran kerja kamu wajib mencantumkan dimana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut. baik melalui surat kabar, internet, atau rekan kamu. Selanjutnya sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.

5. Biodata pribadi
Tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, jenis kelamin, alamat lengkap, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Nah untuk latar belakang pendidikan tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi kamu.

6. Pengalaman kerja dan kemampuan kamu
Jika sebelumnya kamu pernah bekerja, tuliskan pekerjaan kamu sebelumnya. Jika belum pernah bekerja atau fresh graduate maka tidak perlu dituliskan. Selain itu tulis juga kemampuan kamu sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

7. Penutup
Dalam penutup ini tulis untuk pembaca bahwa kamu benar-benar mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa ucapkan terima kasih.

8. Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang kamu tuju semakin tertarik dan yakin untuk menerima kamu, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai plus kamu. Hal yang sebaiknya kamu lampirkan seperti.
  • Pas photo terbaru
  • FC KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • FC ijazah terakhir
  • FC sertifikat kompetensi khusus berupa kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti
9. Hormat saya, tanda tangan dan nama lengkap kamu
Agar membuat surat lamaran amu lebih bagus, berikut ada sedikit tips yang mungkin akan membantu kamu.
  • Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini agar isi surat lamaran kerja kamu tidak keluar dari konteks.
  • Tulis surat lamaran kerja dengan bahasa baku sesuai kamus besar bahasa Indonesia
  • Gunakan kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
  • Tujuan surat harus jelas. Baik nama perusahaan yang dituju dan juga alamat lengkapnya.
  • Setelah kamu selesai menulis surat lamaran kerja, baca sekali lagi. Pastikan kamu telah menggunakan tata bahasa yang baik dan benar serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
  • Pastikan kertas yang kamu pakai bersih
  • Jika kamu menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan kamu dapat terbaca. Alasi tangan kamu dengan tissue agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.
Nah itulah beberapa langkah cara membuat lamaran kerja yang efektif beserta tipsnya. Semoga bermanfaat dan see you.



Baca Artikel Terkait: