Tips Memilih Sepatu Anak




Keberadaan sepatu tentunya sangat penting dan tidak boleh dihiraukan begitu saja. Pemakaian sepatu tidak hanya digunakan untuk remaja dan orang dewasa saja, tapi anak kecil pun memakai sepatu untuk melindungi kakinya.

Bedanya, sepatu anak memiliki fungsi dan manfaat yang lebih spesifik. Sepatu anak membantu tumbuh kembangnya kaki si buah hati. Selain itu, sepatu berguna untuk melindungi anak dari permukaan lantai yang kasar, serta benda–benda di sekitarnya yang bisa melukai kakinya.

Tapi untuk sepatu anak ya jangan coba-coba. Pemilihan sepatu yang tepat akan membantu si kecil berjalan dengan maksimal. Maka dari itu perlu mempersiapkannya dengan baik. Jangan asal dalam memilihkan sepatu karena dengan sepatu yang baik akan memberi banyak manfaat bagi buah hati Anda.

Ada pun beberapa tips dan keterkaitan mengenai sepatu anak itu sendiri.

1. Bersifat Ergonomis
Bentuk dari sepatu haruslah kokoh untuk menunjang kaki anak. Pada saat dikenakan tidak terlalu longgar dan tidak selalu sempit, namun harus bersifat ergonomis atau terancang. Maka pilihlah sepatu yang sifatnya tertutup yang terbuat dari bahan yang lentur dan fleksibel.
Hal itu untuk membantu mengikuti pergerakan kaki anak. Bagian dalam sepatu haruslah terbuat dari bahan yang lembut supaya kulit anak tidak mudah mengalami iritasi. Lalu pastikan bahan dari bagian dalam sepatu tersebut mampu menyerap keringat untuk memberikan nafas bagi kulit kaki anak itu sendiri.

2. Melihat Kebutuhan
Untuk anak, sebaiknya memakai sepatu yang memiliki punggung tebal dan tidak memakai tali. Lalu tumit pada bagian sepatu haruslah kokoh karena anak suka berlari-lari. Maka dari itu pemilihan sepatu yang tepat akan membantu pertumbuhan gerak kaki anak Anda. Harus bijak juga dalam pemilihan karakter sepatu yang berbeda.

3. Sepatu yang Sedikit Longgar
Pastikan sepatu tersebut tidak menekan jari - jari kakinya. Beri sedikit kelonggaran pada ujung jari kaki. Lalu ujung sepatu sebaiknya berbentuk bulat atau lonjong. Lalu untuk bahannya, bisa pilih yang terbuat dari kulit. Intinya, pastikan ukuran sepatu tidak terlalu kecil atau besar yang bisa membuat anak anda terjatuh karena tidak seimbang dengan alas kakinya tersebut.

4. Jangan Banyak Aksesoris
Banyaknya aksesoris di sepatu akan membuat anak penasaran terhadap yang menempel di sepatu tersebut. Ditakutkan aksesoris itu akan terlepas sehingga sepatu menjadi mudah rusak. Apalagi bagi anak yang memiliki aktivitas cukup tinggi.

5. Sol Tidak Licin
Sepatu anak haruslah fleksibel dan bagian solnya tidak licin. Apalagi anak yang sering berjalan dan berlari, terkadang belum bisa mengontrol langkah kakinya. Maka dari itu pemilihan sol sepatu yang tidak licin akan membantu mengerem langkahnya yang tidak beraturan.
Sol juga jangan terlalu tebal agar lebih bisa merasakan pijakan tanah saat berjalan. Tapi tidak terlalu tipis juga agar sepatu tidak mudah jebol sehingga membuat kakinya terluka.

6. Tidak Hanya Punya Satu Sepatu
Pemilihan model sepatu yang sesuai membantu membentuk struktur kaki yang baik. Hal itu berpengaruh kepada perkembangan kaki sang anak. Orang tua bisa membeli lebih dari satu model bagi anaknya. Memang mahal untuk terus mengganti sepatu bayi dan harus benar-benar mempersiapkan budget lebih untuk membeli sepatu anak.

Apalagi jika ada keinginan untuk mengganti tema sepatu anak itu sendiri. Tapi pada situs Blibli.com pun tersedia berbagai model sepatu anak murah. Salah satunya seperti sepatu anak Quicksilver.

0 Response to "Tips Memilih Sepatu Anak"