Trik Jitu Sukses Bisnis Rental Mobil



Dewasa ini mencari pekerjaan ke berbagai instansi semakin sulit. Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat dengan latar belakang pendidikan yang beragam belum diimbangi dengan kesediaan lapangan pekerjaan. Dampaknya pengangguran semakin banyak, sedangkan bagi yang mau berpikir kreatif maka menjadi pengusaha adalah pilihan yang tepat. Salah satu bisnis dengan prospek yang menjanjikan adalah Rental mobil. Hal ini dipicu oleh mobilitas masyarakat yang semakin meningkat. Selain karena kebutuhan pekerjaan, pendidikan dan hiburan merupakan alasan yang paling banyak dikemukakan. Umumnya untuk mencapai tempat-tempat yang mereka inginkan, mereka menggunakan kendaraan pribadi bagi yang memiliki, atau angkutan umum. Hanya saja meskipun menggunakan angkutan umum lebih murah dan resiko kecapekan dapat dihindari, namun sayangnya hanya berhenti di tempat-tempat tertentu sehingga menyulitkan pengguna untuk mencapai tempat tujuannya. Disinilah peran rental mobil hadir. Memberikan kenyamanan selayaknya mobil sendiri namun dengan harga yang terjangkau.
Jika Anda berminat untuk memulai bisnis rental mobil, ada beberapa hal yang hendaknya Anda ketahui untuk memperoleh manisnya bisnis ini. 1) Menentukan target pasar. Anda bisa memilih apakah target Anda perorarangan (keluarga), mahasiswa/ pendatang, perusahaan atau ke sekolah, universitas dan pondok pesantren. Hal ini berhubungan dengan lokasi bisnis Anda yang harus dekat dengan mereka dan teknik promosi yang dikembangkan. 2) Memperhatikan dan menentukan mobil yang digunakan. Dalam hal ini, hendaknya Anda memilih mobil yang banyak memiliki peminat. Seperti mobil dengan kapasitas besar dan mobil keluaran maksimal 5 tahun. Sehingga penyewa merasa lebih senang. Oleh karena itu hindari juga membeli mobil bekas. Hal ini untuk meminimalisir biaya perawatan serta penggantian suku cadang. Anda tidak harus membeli mobil secara cash. Anda bisa menggunakan jasa kredit mobil dengan DP umumnya 15-20 juta. Sedangkan biaya untuk angsuran perbulannya Anda bisa menggunakan uang hasil rental mobil Anda tersebut.

Tips berikutnya adalah 3) Menentukan strategi pemasaran. Ada dua cara dalam memasarkan rental mobil. Yaitu rental mobil offline dan rental mobil online. Seperti namanya rental mobil offline berarti Anda melakukan promosi bisnis secara konvensional. Anda bisa menyebarkan informasi menggunkan brosur, pamflet, kartu nama atau yang paling mudah dari mulut ke mulut. Namun tentu saja Anda harus meyakinkan konsumen bahwa bisnis Anda bagus dan bertanggung jawab. Sedangkan pemasaran rental mobil online merupakan strategi pemasaran yang memanfatkan media online, seperti sosial media, ads (google ads, facebook ads, instagram ads, dll.), ataupun blog dengan SEO yang keren. Jangan lupa untuk sering memberikan promo dan diskon agar konsumen tertarik menggunakan jasa Anda.
4) Menentukan syarat dan ketentuan penyewaan. Anda harus membuat SOP yang tepat agar Anda terhindar dari penipuan. Anda perlu meminta administrasi yang lengkap penyewa mobil seperti KTP asli ataupun dokumen asli lain sebgai jaminan mobil Anda. Penggunaan GPS juga perlu dipertimbangkan agar Anda bisa melacak keberadaan mobil Anda. 5) Memperluas jaringan dan relasi. Jika bisnis Anda sudah mulai menggeliat, maka hendaknya Anda mengikuti komunitas-komunitas rental mobil. Dengan Anda bersosialisasi dengan mereka, maka ilmu dan info terkait strategi berbisnis rental mobil akan dengan mudah Anda dapatkan.

6) Mengansuransikan mobil Anda. Adanya asuransi mobil, akan menyokong biaya yang keluar akibat adanya sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kehilangan, kecelakaan atau bahkan bencana alam. Sehingga Anda akan merasa lebih aman. Tips yang terakhir 7) Jangan mudah menyerah. Sama seperti usaha lain, untuk memperoleh kesuksesan pada bisnis ini, Anda harus kerja keras dan kerja cerdas. Tidak kesuksesan yang diperoleh dengan mudah. 

0 Response to "Trik Jitu Sukses Bisnis Rental Mobil"