Ini Dia Beberapa Pertimbangan Didalam Memilih KPR



KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan sebuah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau juga untuk memenuhi kebutukan konsumtif lainnya dengan menyimpan jaminan atau agunan berupa rumah dengan skema total pembiayaan hingga 90 % dari harga rumah yang sebenarnya. Sedangkan diperlukannya jamin dan agunan itu untuk KPR adalah rumah yang akan dibeli itu sendiri sebagai KPR pembelian. Bank penyedia pinjaman KPR ini banyak seperti KPR Panin, KPR Mega Griya, KPR Griya Monas, dan yang lainnya.

Bagi yang merasa tertarik untuk melakukan KPR ini maka adanya beberapa hal yang harus dipertimbangkannya didalam memilih KPR yang tepat. Berikut beberapa pertimbangan didalam memilih KPR diantaranya yaitu :

1.      Besarnya Plafon Kredit
Sebelumnya kita harus mencari tahu terlebih dahulu informasi berapa dana yang diperlukan agar mudah didalam memilih Bank yang tepat. Termasuk didalamnya berapa besar Bank akan memberikan limit pinjaman atau plafon.

2.      Memperhitungkan Suku Bunga
Sebaiknya jangan langsung tergoda didalam memilih suku bunga yang rendah, pastikan sebelum memutuskan KPR maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu cara memperhitungkan suku bunga yang digunakan. apakah KPR itu menggunakan suku bunga tetap (Fix) atau menggunakan suku bungan mengambang (Floating).

3.      Mengetahui Masa Pinjaman KPR
Pada umumnya Bank akan memberikan masa pinjaman KPR dengan waktu maksimal hingga 15 tahun, tetapi juga ada yang hingga 20 tahun. Jika masa tenor kredit diperpanjang maka besar cicilan akan dapat dikurangi dari besarnya cicilan yang harus dibayarkan didalam setiap bulannya.

4.      Coverage
Kita harus mencari tahu tentang Bank tersebut melakukan kerjasama dengan berapa jumlah developer. Ketika sebuah Bank melakukan kerjasama dengan banyak developer maka akan semakin bagus, begitu juga dengan luasnya jangkauan KPR.

5.      Berapa Lama Proses Pengajuan
Berapa lama proses pengajuan juga harus diketahui, pada umumnya proses pengajuan ini akan berlangsung selama 2 minggu hingga 1 bulan. oleh karena itulah sangat penting sekali untuk menanyakan perihal ini pada saat proses pengajuan.

Itulah beberapa pertimbangan didalam memilih KPR. Selain itu besarnya biaya pinalti penulasan KPR juga harus diketahui sebelum menentukan KPR mana yang akan dipilih.

0 Response to "Ini Dia Beberapa Pertimbangan Didalam Memilih KPR "