-->

Sabtu, 21 Januari 2023




Proses pemesanan tiket kereta online jaman sekarang sudah sangat mudah dan canggih. Ada banyak situs yang menyediakan jasa pembelian tiket kereta api dengan mudah dan tanpa antri salah satunya seperti misteraladin.com.

Sekarang kemudahan dalam memesan tiket kereta api sudah sama dengan kemudahan memesan tiket pesawat terbang. Anda tidak perlu lagi mengantri berjam-jam di loket-loket pembelian tiket di stasiun. Hanya perlu duduk di depan komputer maupun dimana saja asalkan ada handphone yang terhubung dengan internet.

Pembelian tiket kereta secara online ini sudah sangat marak dan banyak sekali situs yang menyediakan jasa, namun masih ada sebagian orang yang belum paham dengan tata cara melakukan transaksinya.  Jangan sampai Anda tergiur atau terjebak dengan tiket yang murah akan tetapi ternyata hanya merupakan harga pokok belum termasuk biaya lain yang akan membuat harganya melambung di akhir. Nah, misteraladin.com memberikan tips nya, sebagai berikut:

Buka situs Online Tiket Kereta Api
Ada banyak situs yang menawarkan jasa untuk pembelian tiket online. Situs yang resmi milik dari PT KAI, namun kadang kita susah untuk mengakses situs resmi tersebut, akan tetapi tidak perlu khawatir. Masih banyak situs pemesanan tiket online yang sudah dipercaya lainnya, seperti misteraladin.com. Di situs tersebut, anda dapat memesan tiket kereta api dengan melihat jadwal, stasiun asal, stasiun tujuan, berapa penumpang yang ingin berangkat dan yang paling penting dapat melihat harga yang sesuai dengan budget yang anda miliki.

Check Harga Tiket Kereta Api
Langkah selanjutnya setelah menentukan hari, tanggal, jam dan tujuan keberangkatan adalah memilih harga tiket :). Karena menyangkut urusan kantong keuangan, tentunya Anda harus berhati-hati. Dalam situs pembelian online tersebut nanti akan diberikan daftar pilihan harga tiket sesuai dengan kelas, dari Ekonomi, Bisnis maupun Eksekutif. Silahkan dipilih sesuai dengan budget Anda. Sebelum ke tahap selanjutnya, pastikan anda mengkonfirmasi apakah data yang diisi sudah benar atau belum.

Proses Pembayaran
Ada banyak metode pembayaran yang dapat digunakan untuk membayar tiket yang kita pesan. Silahkan pilih metode pembayaran yang sesuai dengan Anda. Anda dapat memilih menggunakan e-banking (E Pay BRI, BCA Klik Pay, Mandiri Click Pay, dll), selain itu dapat juga menggunakan ATM. Opsi lain adalah melalui metode transfer, maupun membayar di beberapa rekanan PT KAI, misalnya di minimarket yang dekat dengan rumah anda maupun melalui POS Indonesia. Setelah memilih metode pembayaran, Anda akan memperoleh kode pembayaran dan batas waktu pembayaran. Kalau lewat dari batas waktu, otomatis tiket Anda hangus.

Setelah mendapatkan kode pembayaran, sebaiknya Anda langsung saja melunasi. Karena setelah batas waktu yang ditentukan habis, maka tiket tersebut dianggap hangus. Kemungkinan juga kursi kosong di tiket yang hangus tadi diambil oleh penumpang lain. Setelah semua proses pembayaran selesai, maka Anda akan mendapatkan kode booking lewat e-mail. Simpan baik-baik kode booking tersebut. Kalau takut hilang, Anda dapat mencatat ditempat lain ataupun di print-screen.

Cetak Tiket Kereta Api di Stasiun
Ketika semua tahapan diatas dilakukan maka tahap terakhir adalah mendapatkan tiket kereta api tersebut dengan mencetaknya. Anda tinggal menukarkan tiket di loket maupun di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM). Menggunakan CTM cukup mudah, tetapi masih banyak orang yang belum terbiasa. Cara termudah adalah menunjukkan barcode didepan barcode scanner. Cara lainnya adalah dengan mengetikkan kode booking pada layar sentuh untuk kemudian di tekan tombol cetak.

Dari semua tahapan tersebut, sepertinya tidak begitu rumit kan? Memang dibutuhkan kebiasaan agar semua menjadi mudah. Jika sudah terbiasa, saya rasa Anda akan lebih memilih untuk pesan tiket secara online daripada cara-cara konvensional. Namun, jika ingin memesan tiket online kereta api bisa berkunjung di website misteraladin.com.

Ingat! Cari tiket murah? misteraladin.com!








Baca Artikel Terkait: