Lakukan 5 hal ini untuk gigi yang lebih sehat



Banyak orang yang tak menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi.Jika sudah sakit atau berlubang baru datang ke dokter gigi untuk diobati. Padahal jika kita rajin menjaga kesehatan gigi, pastinya sakit gigi tidak akan terjadi dan gigi akan tetap sehat hingga tua. Jadi bagi kamu yang mencari cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat biasanya tidak menjaga kesehatan gigi dengan baik. Lalu apa sebenarnya yang harus dilakukan untuk membuat gigi tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya. Setiap hari gigi harus bekerja mengunyah makanan mulai dari yang keras hingga yang lembut, mulai dari yang dingin hingga yang panas.Tentu penanganan yang intensif diperlukan untuk membuat gigi kamu sehat sepanjang hari.Jangan sampai gigi berlubang atau terkikis yang menyebabkan banyak kuman dan penyakit datang.Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga gigi tetap sehat sangat mudah dan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya ekstra.Menyikat gigi sebelum tidur dan setelah bangun tidur tidaklah cukup.Kamu perlu menambahnya menjadi setelah makan karena sisa makananlah yang biasanya membuat gigi menjadi sakit.

1. Berkumur
Setelah kamu rutin sikat gigi sehabis makan, maka hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah berkumur menggunakan cairan pembersih mulut.Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat tentu saja akan lebih baik jika kamu rajin berkumur dengan cairan pembersih mulut. Plak yang tersisa akan menghasilkan asam dan membuat gigi berlubang dan mengganggu gusi. Cairan pembersih mulut ini berguna untuk melindungi gusi dari cairan asam yang tertinggal.

2. Pasta gigi berflouride
Saat ini banyak pasta gigi yang mengandalkan fluoride dalam menjaga kesehatan gigi.Tentu ini adalah suatu hal yang baik karena fluoride mampu melindungi enamel gigi dari kerusakan yang disebabkan oleh bakteri yang tertinggal di mulut. Flouride akan mencegah bakteri meproduksi asam berlebih di dalam mulut yang menyebabkan gigi terkikis dan berlubang. Namun perlu dipertimbangkan bagi anak-anak untuk menggunakan pasta gigi berflouride karena jika berlebihan justru akan mengganggu kesehatan.

3. Perhatikan makanan
Tentu tidak ada gunanya jika kamu rajin sikat gigi tapi tidak menjaga makanan yang kamu konsumsi. Ada banyak makanan yang menyebabkan kerusakan gigi seperti makanan manis atau makanan lengket yang sering menempel di sela-sela gigi. Sisa makanan yang menempel ini akan membuat bakteri lebih aktif dalam memproduksi cairan asam yang mampu merusak gigi dan memproduksi karang gigi. Jadi setelah membersihkan mulut, kamu juga harus membatasi makanan manis dan lengket agar tidak menempel di sela-sela gigi.

4. Rutin ke dokter gigi
Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi tentu membuat kamu menjadi lebih aktif lagi dalam melindungi gigi dari hal-hal yang tak diinginkan.Dokter juga bisa mengontrol jika memang terjadi kerusakan pada gigi kamu untuk segera menyembuhkannya sebelum semuanya terlambat.Jadi cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat bisa dilakukan langsung di dokter gigi.Dokter akan memberikan perlindungan dengan memberikan sealant, yaitu pelindung gigi untuk melindungi dari zat asam yang dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut.

Tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati.Untuk itu menjaga kesehatan gigi harus dimulai sedini mungkin saat gigi masih dalam keadaan sehat.Sehingga tidak ada gigi berlubang atau karang gigi yang membuat gigi menjadi rusak atau mulut yang tidak nyaman.Kerusakan gigi tidak hanya membuat tak nyaman namun juga salah satu faktor bau tak sedap yang dihasilkan oleh mulut.Untuk itu mulai dari sekarang kamu bisa menjaga kesehatan gigi dengan cara yang sederhana.

0 Response to "Lakukan 5 hal ini untuk gigi yang lebih sehat"