Beberapa Fakta Menarik Pasangan Joko Widodo Dan Ma’ruf Amin Unggul Di Sumatera Utara


Hingga saat ini pasangan calon presiden nomor urut 01 yaitu Jokowi dan Ma’ruf masih tetap unggul untuk sementara di Sumatera Utara, jika dibandingkan pasangan calon presiden nomor urut 02 yaitu Prabowo dan Sandi. Hal tersebut bisa dibuktikan dari data yang telah masuk ke Sistem Informasi Perhitungan Suara atau Situng KPU yang seringkali disebut dengan Real Count KPU.
Dari hasil Real Count yang telah dimuat didalam Situng KPU www.pemilu2019.kpu.go.id  per Rabu tanggal 24 April 2019 sekitar pukul 18.14 WIB di Sumatera Utara, telah masuknya suara yang berasal dari 15.757 TPS atau sekitar 36.92932 % dari total TPS 42.668 TPS. Dimana pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin memperoleh suara sebanyak 1.555.409 atau sekitar 56,03 %. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memperoleh suara sebanyak 1.220.824 atau sekitar 43,97 %.
Berikut beberapa fakta menarik pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin unggul di Sumatera Utara diantaranya yaitu :
  • Pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin berdasarkan perhitungan atau data sementara unggul di 17 Kabupaten atau Kota yang ada di Sumatera Utara. 17 wilayah pemilihan tersebut seperti Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Kota Gunungsitoli, Kota Pematangsiantar, Kota Sibolga, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Toba Samosir.
Sedangkan pesaingnya yaitu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno unggul di 16 Kabupaten atau Kota berdasarkan data sementara. 16 Wilayah pemilihan tersebut seperti Asahan, Batu Bara, Deli Serdang, Kota Binjai, Kota Medan, Kota Padang Sidempuan, Kota Tanjung Balai, Kota Tebing Tinggi, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, dan Tapanuli Selatan.
  • Yang perlu diketahui adalah Situng di situs KPU ini merupakan hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS yang dimasukkan kedalam form C1. Untuk selanjutnya form C1 ini akan diinput ke Situng oleh KPU Kabupaten dan Kota untuk dipublikasikan.
Berita real count pilpres 2019 terbaru memang masih menempatkan perolehan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 yaitu Joko Widodo dan Ma’ruf Amin lebih unggul jika dibandingkan pasangan nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Ini merupakan hasil rekapitulasi perhitungan sementara yang dilakukan secara bertahap oleh KPU. Berdasarkan Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng yang dilakukan KPU hingga 24 April 2019 pukul, 15.30 WIB, hasil penghitungan suara telah mencapai 29,31 % TPS atau Tempat Pemungutan Suara atau sekitar 238.410 dari 813.350 TPS.
Secara keseluruhan dari hasil penghitungan yang baru mencapai 29,31 % itu, masih tetap unggulnya pasangan Jokowi-Ma’ruf untuk sementara waktu. Dan berikut hasil penghitungan sementara :
  • Ir.H. Joko Widodo dan Prof.Dr.(H.C) KH Ma’ruf Amin memperoleh suara sekitar 24.994.100 atau 55,76 %.
  • H.Prabowo Subianto dan H.Sandiaga Uno memperoleh suara sekitar 19.828.481 atau sekitar 44,24%.
Sebagai informasi saja, Situs mempercepat proses informasinya melalui Twitter resmi. KPU menegaskan jika Situng ini akan membantu menjadi alat kontrol, tetapi ini bukan hasil resmi yang telah ditetapkan oleh KPU. Karena hasil resminya hanya akan ditetapkan oleh KPU Secara berjenjang didalam rapat pleno terbuka yang akan dituangkan didalam berita acara. Dan untuk hasil resmi pemilu 2019 akan diumumkan paling lama 35 hari.


0 Response to "Beberapa Fakta Menarik Pasangan Joko Widodo Dan Ma’ruf Amin Unggul Di Sumatera Utara"