Tempat Wisata Religi Yang Berupa Masjid di Indonesia



Berbagai macam kegiatan dilakukan oleh masyarakat untuk mengisi liburan, terutama liburan hari keagamaan seperti Idul Fitri. Salah satunya adalah dengan berwisata religi dengan mengunjungi masjid, makam para wali, pondok pesantren, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat wisata religi, terutama Masjid-Masjid yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dimana tujuan wisata religi ini dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, menyegarkan rohani dan spiritual, serta menambah wawasan tentang sejarah penyebaran agama Islam di nusantara. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang tempat wisata religi yang berupa masjid di Indonesia sebagai berikut :

1. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin
Masjid yang dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin ini sangat dipengaruhi oleh 3 kebudayaan yang berbeda, yakni Indonesia, Eropa, dan China. Dimana gaya arsitektur Chinanya terlihat dari atapnya yang mirip dengan kelenteng serta ujung menaranya berbentuk kerucut seperti tumpeng. Sedangkan gaya Eropanya terlihat dari pintu gerbang masjid yang sangat besar dan kokoh. Masjid bersejarah ini merupakan salah satu peninggalan Sultan, sehingga tidak aneh kalau masjid ini dijadikan sebagai salah satu masjid nasional, serta cagar budaya di Palembang. 

2. Wisata Religi Masjid Al-Adzom Tangerang
Jika anda akan berkunjung ke Tangerang, Masjid yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh anda lewatkan. Perlu anda ketahui, bahwa Masjid Al-Adzom ini lokasinya berada di Jalan Satria Sudirman, Tangerang. Masjid yang berdiri diatas tanah seluas kurang lebih 2 hektar serta mampu menampung lebih dai 15.000 orang ini, merupakan masjid termegah dan terbesar yang ada di Kota Tangerang. Dan yang paling unik dari Masjid ini adalah bentuk kubahnya yang terdiri dari 5 kubah berrna biru yang saling bertumpuk, dengan 1 kubah sebagai kubah utamanya. Menjelang malam hari, masjid ini akan memancarkan cahaya lampu yang sangat indah sekali.

3. Masjid Laksamana Ceng Ho 
Masjid Laksamana Ceng Ho ini sesuai dengan namanya memiliki arsitektur Tionghoa yang terkenal dengan relief naga dan patung singanya tetapi terdapat huruf Arab dengan lafaz Allah.Dibangunnya masjid inisebagaipenghormatanterhadapLaksamanaCeng Ho yang memiliki peranan penting di Surabaya sebagai penyebar agama Islam.

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini merupakan masjid tertua di Cirebon dan berlokasi di kompleks Keraton Kasepuhan. Masjid ini sangat unik, karena memiliki gaya arsitektur yang didominasi oleh pengaruh Kerajaan Islam pada masa lalu. Hal ini bisa dilihat dari atas masjid yang tidak memiliki kubah seperti masjid-masjid lain pada umumnya. Konon pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini melibatkan ratusan tokoh penting pada waktu itu, seperti dari Kerajaan Cirebon, Demak, dan Majapahit. Bahkan Sunan Gunung Jati telah menunjuk Sunan Kalijaga untuk merancang arsitektur masjid tersebut. Bukan hanya itu, selain gaya arsitekturnya yang masih awet hingga sekarang, namun ada juga satu tradisi yang masih dipertahankan di masjid ini hingga sekarang, yaitu adzan pitu. Adzan pitu ini adalah ritual adzan yang dilakukan oleh 7 muadzin secara bersamaan. Dan adzan pintu ini hanya dikumandangkan setiap salat Jumat saja. 

Itulah beberapa masjid yang bisa dijadikan tempat wisata religi di Indonesia. Untuk mempermudah Wisata religi anda, anda bisa mengunjungi situs Misteraladin.com. Mister aladin merupakan sebuah travel agent online yang siap membantu selama 24 jam. Semoga artikel ini ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

0 Response to "Tempat Wisata Religi Yang Berupa Masjid di Indonesia"