3 Jenis Kalkulator Masa Subur



Masa subur ialah masa dimana seorang wanita mempunyai sel telur yang sudah siap dibuahi oleh sperma. Pada masa ini, sel telur akan dicungkil sekaligus siap dibuahi pada 2-3 hari sebelum ovulasi, atau 12-24 jam sesudah ovulasi. Karena itulah, penting untuk kamu guna mendeteksi di hari-hari apakah anda berada pada situasi paling subur. Umumnya, masa subur ini dihitung menurut daftar dan analisis siklus haid sekitar paling tidak 8 bulan terakhir. Nah, supaya mencapai kehamilan yang didambakan, anda harus mengerjakan hubungan atau bercinta saat masa subur tersebut. Cara untuk memahami masa subur yang akurat dapat dilakukan dengan menghitungnya melewati kalkulator masa subur secara online maupun secara konvensional.

Apa itu kalkulator masa subur?

Kalkulator masa subur bermanfaat untuk memahami kapan masa subur seorang peremuan. Kalkulator ini bakal membantumu menilai masa-masa terjadinya pembuahan pada rahim yang sangat pas sampai-sampai dapat menambah resiko terjadinya kehamilan. Kalkulator kesuburan ini bisa diakses dengan sekian banyak  cara, baik dengan software ataupun dihitung secara manual.
Nah, guna memudahkanmu, kami akan menjelaskan beberapa jenis kalkulator masa subur perempuan.

1. Kalkulator masa subur online
Ada sejumlah macam teknik untuk menghitung atau memahami masa subur perempuan. Namun, teknik yang sangat umum dan gampang digunakan ialah dengan kalkulator masa subur online.
Kalkulator kesuburan tersebut ialah kalkulator yang dirancang melewati perhitungan medis guna mendapatkan masa kesuburanmu.
Dengan memakai kalkulator masa subur online, kamu melulu perlu memasukkan hari kesatu siklus menstruasi terakhir dan periode siklus per bulan mu. Setelah itu, dengan mudahnya anda akan menemukan tanggal masa subur.

2. Kalkulator masa subur menurut periode haid
Cara kedua dapat anda lakukan dengan menulis siklus haid, lantas dikurangi 18 hari dari panjang siklus terpendekmu. Dengan demikian anda akan menemukan perhitungan hari kesatu kesempatan di masa subur.
Berikutnya, dari panjang siklus terpanjangmu dikurangi 11 hari. Maka anda akan menemukan hari terakhir dari masa subur.
Sebagai contohnya, berikut estimasi masa subur yang bisa dihitung dengan rumus:
·        Siklus terpendek: 27 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 9. Angka ini ialah hari kesatu saat anda berada pada posisi sangat subur.
·        Siklus terpanjang: 30 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 19. Angka ini ialah hari terakhir saat anda paling subur.
Dengan demikian, andai siklusmu rata-rata ialah 27–30 hari, maka anda akan sangat subur pada hari ke-9 sampai ke-19.

3. Perhitungan masa subur dari suhu basal tubuh
Ketika terjadi ovulasi, suhu tubuh lazimnya akan meningkat sampai siklus haid datang. Sesaat sesudah suhu tubuh bertambah maka itulah masa suburmu.
Cara ini dapat disebutkan akurat sebab bukan dari perhitungan, tetapi langsung diketahui dari situasi tubuh. Kamu mesti mengukur suhu basal ketika bangun istirahat dan sebelum melakukan pekerjaan apapun.
Setelah bangun istirahat dan masih dalam posisi berbaring, tidak boleh langsung bangun maupun meregangkan badan. Pada ketika itu, anda harus langsung mengukur suhu tubuhmu dengan memakai termometer.
Lakukanlah masing-masing bangun istirahat pada jam yang sama. Biasanya suhu normal berkisar antara 35,5°C sampai 36°C.
Namun, bila suhu tubuhmu bertambah pada kisaran 37°C sampai 38°C dan tidak menurun pun pada keesokan harinya, maka ketika itulah masa suburmu tiba.

0 Response to "3 Jenis Kalkulator Masa Subur"