Cara Tepat Menggunakan Masker Menurut Seto Wing Hong



Seto Wing Hong selaku Wakil Direktur Pusat Kolaborasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan cara benar menggunakan masker yang tepat menurut WHO, ini dilakukan sebagai imbas dari semakin meluasnya kasus virus Corona di Dunia. Video Wing Hong yang sedang menjelaskan cara menggunakan masker yang tepat telah diunggah oleh sebuah akun Quick Take by Bloomberg di Twitter. Hal tersebut adalah respons dari semakin merebaknya kasus virus Corona yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Wabah virus Corono ini memang sedang ramai menjadi perbincangan, penularannya yang semakin merebak membuat banyak orang merasa khawatir. Dilansir dari foreignpolicy.com diperkirakan jika virus Corona ini telah menulari 2463 orang dan telah menyebabkan 80 orang meninggal dunia. Wing Hong berkata didalam videonya “Ini berfungsi, kami sudah menyelesaikan banyak penelitian, percaya pada saya, ini berfungsi”. Berikut dibawah ini cara tepat menggunakan masker menurut Seto Wing Hong diantaranya yaitu :

1.      Mengenal Dengan Tepat Bagian Bagian Masker
Dijelaskan Wing Hong, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih masker antivirus yang tepat. Wing Hong menjelaskan jika kita harus mengerti terlebih dahulu bagian bagian masker yaitu bagian yang menyerap air dan anti air atau waterproof. “Cobalah lihat akan adanya warna biru pada bagian luarnya, karena ini anti air, dan ketika ada warna putih dibagian dalam yang merupakan penyerap, jadi ketika kita batuk maka bagian masker tersebut akan menyerapnya”.

2.      Memperhatikan Bagian Anti Air Dan Batang Masker
Kita harus menggunakan masker yang anti air pada bagian luarnya, dan bagian luarnya yang tidak menyerap air dan bagian dalamnya yang menyerap air. Wing Hong mengatakan jika bagian batang masker yang berada diatas harus digunakan dengan benar yaitu digunakan pada bagian hidung dan ditekan, lalu menurunkan bagian bawahnya hingga kebawah dagu. Hal tersebut penting dilakukan supaya masker tidak jatuh nantinya.

3.      Pasang Mindset Jika Masker Adalah Benda Kotor, Jadi Cucilah Tangan Setelah Melepasnya
Wing Hong juga sangat menghimbau supaya masyarakat tidak menggunakan masker dengan cara yang salah. Cobalah masker tersebut diletakkan dibawah hidung atau dibawah dagu seperti layaknya dokter yang menggunakan masker. Wing Hong menambahkan “Karena ketika kamu menggunakan masker, kamu harus menganggapnya kotor, dan jangan kamu sentuh ketika sudah melepasnya”, Ketika akan melepas masker, seseorang juga harus memperhatikan kebersihan dan mencuci tangan setelah melepasnya, karena masker tersebut merupakan benda yang kotor.

Penggunaan masker ini adalah sebagai langkah dini untuk mengurangi merebaknya virus Corona tersebut. Dan alangkah baiknya yang digunakan itu adalah masker N95. Lalu apa yang menjadi kelebihan masker N95 ini sehingga layak untuk digunakan? Berikut dibawah ini kelebihan masker N95 diantaranya yaitu :

·        Dapat Menyaring Polusi Hingga 95 %
Karena masker N95 ini dapat menyaring udara hingga 95 % maka virus tidak akan mampu masuk kedalam tubuh melalui jalur pernapasan.
·        Masker N95 Masuk Dalam Kategori Respirator
Masker N95 ini memang dirancang khusus untuk melindungi penggunanya dari barang barang asing yang dapat merusak pernapasan dengan cara menghirup.
·        Ada Yang Bisa Dipakai Ulang Dan Ada Yang Tidak
Ciri khas masker yang bisa dipakai ulang itu seperti masker gas dengan adanya fitur pemurni udara. Sedangkan yang sekali pakai itu biasanya memiliki dua ikat tali yang memutar ke area atas dan bawah telinga.

Selain itu masih ada kelebihan lain dari masker N95 yaitu dapat menyaring udara.

0 Response to "Cara Tepat Menggunakan Masker Menurut Seto Wing Hong "