-->

Minggu, 05 April 2020




Opor ayam adalah makanan favorit yang hampir semua masyarakat Indonesia menyukainya. Opor ayam juga menjadi salah satu makanan favorit langganan pada saat hari raya lebaran. Opor ayam merupakan makanan yang berasal dari suku Jawa yang memang rata-rata masakan khas Jawa timur memiliki rasa yang lezat. Namun entah mengapa makanan ini tersebar kuas hingga ke penjuru Nusantara dan hampir semua orang menyukainya, mungkin karena rasanya yang enak. Makanan yang disajikan dengan kaldu santan, dan bumbu rempah-rempah yang memiliki rasa yang khas menjadi makanan yang harus dapat dimasak oleh para ibu-ibu di Indonesia untuk memanjakan lidah keluarga. Nah seperti apa sih cara membuat opor ayam dan apa saja bahan-bahan yang harus di siapkan berikut ulasannya.

1.Opor Ayam Kampung
Nah untukmu cara memasak opor ayam kampung memang agak berbeda dengan memasak daging ayam ras. Tekstur daging yang lebih keras pada ayam kampung membuat kita harus merebus ayam lebih lama dari merebus ayam ras agar tekstur daging dapat lembut. Opor ayam kampung juga memiliki rasa yang lebih gurih ketimbang opor ayam ras. Nah seperti apa resep opor ayam dan cara pembuatannya simak berikut.

Bahan-bahan:
1/2 ekor ayam kampung
- 2 buah kentang ukuran sedang
- 50 g santan instan
- 3 butir kentang sedang
- Minyak untuk menumis
- Air secukupnya
- 1 buah serai
- 4 buah daun salam
- 3 buah daun jeruk
- 2 ruas lengkuas
- Bawang goreng

Bumbu halus:
- 1 sdt ketumbar, sangrai
- 1,5 ruas kunyit, sangrai

Cara pembuatan;
-Langkah pertama yaitu blender semua bumbu halus hingga menjadi lebih halus, setelah dihaluskan tumis dengan menggunakan sedikit minyak lalu masukan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas yang sudah dihaluskan.
-Langkah kedua masukan ayam yang sudah dicuci bersih dan di potong ke dalam bumbu, bolak-balik agar merata.
-Masukan kentang yang sudah dipotong dan tambahkan air sekitar 300 ml.
-Setelah ayam direbus dan teksturnya sudah empuk kecilkan api lalu aduk pelan-pelan agar santan tidak pecah.
-Tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula sambil di aduk pelan-pelan dan cicipi rasanya kalau masih kurang tambahkan sedikit demi sedikit.
-Jika rasa kaldu sudah pas tambahkan bawang goreng dan siap untuk disantap.

2.Opor Ayam Tahu Dengan Bumbu Kuning
Nah opor ayam tahu ini juga menjadi sajian menu favorit apa lagi jika orangnya menyukai tahu. Opor kali ini memiliki perbedaan dari segi warna dan racikan bumbu. Untuk dari segi warna opor tahu ini memiliki warna yang lebih kuning dari pada opor biasanya dan bumbunya juga agak sedikit berbeda. Opor ini memiliki rasa yang gurih dan lezat, nah seperti apa cara membuatnya dan apa saja resepnya berikut simak ulasannya.

Bahan-bahan:
- 500 gram dada ayam, potong-potong
- 2 buah tahu putih, potong-potong
- 400 ml santan encer
- 300 ml santan kental
- 2 lembar daun jeruk purut, robek daunnya
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai di geprek
- Bawang merah goreng untuk taburan
- Sambal terasi goreng

Bumbu halus :
- 6 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1,5 cm kunyit bakar
- 1,5 cm jahe
- 1/4 sdt ketumbar sangrai
- 2 btr kemiri sangrai
- 10 btr merica butiran
- Jinten, sejumput
- Minyak goreng untuk menumis

Cara ppembuata:
-Langkah pertama Rebus ayam, dan goreng tahu jika sudah matang sisihkan keduanya.
-Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk, serai sambil di aduk hingga layu lalu tambahkan 3 sdm santan dan aduk pelan-pelan.
-Masukan ayam, tuang santan encer tunggu sampai air mendidih barulah masukan tahu gorang dan tunggu sampai bumbu meresap.
-Masukan santan kental, gula, garam, kaldu ayam bubuk dan aduk dengan pelan agar santan tidak pecah sambil mecicipi rasa dengan api kecil.
- jika rasa sudah pas baru siap disajikan.




Baca Artikel Terkait: