-->

Sabtu, 04 April 2020



Apa resolusi kamu di tahun ini? Ingin punya rumah? Mobil baru? Tahun baru  memang waktunya memulai investasi demi menggapai resolusimu di akhir tahun. Karena itu, sebelum kamu memulai investasi di tahun 2020 ini, kamu bisa mulai memikirkan jenis investasi yang menguntungkan yang akan kamu pilih untuk kamu mulai di tahun ini. Berikut beberapa pilihannya:
       Reksa Dana
Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi, di mana modal dari sejumlah investor dihimpun dan diolah oleh manajer investasi. Investasi reksa dana bisa menjadi pilihan awal investasi yang menguntungkan. Selain kemudahan yang ditawarkan pada investasi ini, reksa dana juga memberikan kemudahan dalam memonitor dan menganalisa keuangan kamu secara menyeluruh dengan adanya manajer investasi. Untuk menghasilkan hasil investasi yang maksimal juga kamu harus memilih manajer investasi yang mempunyai reputasi baik serta memiliki tim yang dapat memproses investasi secara terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan. Kelebihan lainnya yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi reksa dana kamu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih nilai jual dan beli dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana.

Untuk jenisnya investasi ini memiliki banyak ragam diantaranya, reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran.
       Obligasi
Jika kamu membeli atau sudah memiliki obligasi artinya kamu sedang meminjamkan uangmu untuk perusahaan atau pemerintah. Setelah itu, perusahaan atau pemerintah tersebut akan mengembalikan modal kamu beserta bunganya untuk pinjaman tersebut.

Keuntungan dari obligasi ini adalah keamanan. Jadi, jika kamu membeli obligasi dari pemerintah maka investasi tersebut bisa dikatakan aman. Tetapi tentu dengan keamanan dari obligasi ini keuntungan yang diberikan dari obligasi masih tergolong rendah dibandingkan investasi lainnya yang bisa memberikan return yang lebih tinggi.
       Saham
Untuk kamu yang memiliki analisis yang baik dan mempunyai keinginan untuk mendiversifikasikan danamu, saham bisa menjadi pilihanmu. Saat kamu membeli atau memiliki saham, maka saham tersebut menjadi tanda kepemilikan kamu terhadap suatu usaha. Karenanya, ini memberikan kamu hak keuntungan berupa deviden. Dividen merupakan pembagian laba kepada setiap pemegang saham dilihat dari berapa banyak saham yang dimiliki.

Perlu diingat bahwa dibandingkan dengan Obligasi yang dapat memberikan keuntungan dengan pasti, investasi dengan saham ini bersifat tidak menentu. Tidak menentunya dikarenakan adanya perubahan dari nilai saham setiap harinya. Terlepas dari itu investasi saham masih cukup banyak diminati masyarakat di Indonesia.
       Properti
Investasi yang menguntungkan satu ini perkembangannya cukup luar biasa karena beberapa sumber mengatakan bahwa peningkatan harga properti sebesar 8% setiap tahunnya. Karenanya memang properti di Indonesia seperti rumah, apartemen dan ruko saat ini menunjukkan perkembangan harga yang luar biasa. Di daerah ibu kota peningkatan harganya bisa mencapai 2 kali lipat dalam waktu kurang dari lima tahun. Dari angka tersebut bisa kita simpulkan bahwa investasi properti di Indonesia ini sangat menjanjikan untuk dimulai di 2020.

Memang pada investasi properti ini membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memulainya. Dalam investasi properti ini keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan yaitu kamu dapat menyewakan properti milikmu untuk disewakan.
       Peer-to-Peer (P2P) Lending
Peer-to-Peer (P2P) Lending merupakan suatu layanan jasa keuangan yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman. Jadi, peminjam (borrower) dapat mengajukan pinjaman, bunga pinjamannya dapat diterima pemberi dana (lender) sebagai imbal hasil.

Beberapa keuntungan yang dimiliki investasi pendanaan Peer-to-peer Lending adalah nilai return yang cenderung stabil tidak dipengaruhi waktu. Selain itu, keuntungan imbal hasil relatif lebih besar dibandingkan instrumen investasi lainnya, biasanya di angka 15%-21% per tahun. Di samping itu, kamu juga bisa memonitor langsung semua pendanaan yang kamu lakukan hanya melalui smartphone yang kamu miliki. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa platform P2P Lending yang kamu pilih sudah resmi mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya!


Tentukan Pilihan Investasi Yang Menguntungkan di Tahun 2020
Dengan banyaknya pilihan instrumen investasi di atas, kamu harus bijak dalam memilih instrumen yang tepat. Kalau kamu belum pernah mencoba investasi, kamu bisa mencoba investasi Peer-to-peer Lending dari Akseleran, karena selain menguntungkan, modal awal yang dibutuhkan pun minimal cuma Rp100 ribu.




Baca Artikel Terkait: