Tips Agar Proses Persalinan Bisa Berjalan Dengan Lancar dan Normal



Menginjak usia kehamilan 9 bulan, tentunya bunda harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi proses persalinan yang sebentar lagi tiba. Terutama bagi bunda yang pertamakalinya hamil dan ingin melahirkan dengan normal dan lancar. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan tips usia kehamilan 9 bulan agar proses persalinan berjalan lancar dan normal sebagai berikut :

 

Senam Kehamilan

Salah satu cara mempersiapkan diri untuk proses melahirkan yang normal dan lancar adalah dengan melakukan senam kehamilan. Dalam hal ini, bunda bisa mengikuti kelas latihan prenatal untuk kelompok kecil selama masa kehamilan sesuai dengan petunjuk dokter atau bidan. 

Dalam senam kehamilan ini, bunda akan diajarkan gerakan senam ibu hamil untuk melenturkan daerah uterus, memperkuat otot-otot dasar panggul (pelvio), diskusi seputar kehamilan dan persalinan, simulasi proses kelahiran, dan membantu kontraksi rahim supaya lebih efektif serta membantu proses melahirkan supaya persalinan lancar. 

 

Posisi Jongkok

Perlu diketahui bahwa posisi jongkok ini sangat membantu untuk melahirkan yang lebih lancar karena membuka panggul serta meningkatkan tekanan pada bagian bawah perut sehingga kepala janin pun akan terdorong keluar. Memang gerakan jongkok ini cukup melelahkan, namun bunda harus melakukannya demi proses persalinan yang lancar. Posisi jongkok ini juga bisa memperkuat otot-otot paha, perut, dan meningkatkan elastisitas jalan lahir hingga 20-30%. 

 

Mengepel Lantai  

Selain jongkok, mengepel lantai dengan tangan dalam posisi jongkok juga bisa membantu melahirkan normal. Apabila bunda rajin mengepel, maka bisa menghilangkan perkiraan panggul sempit dan mengurangi berbagai hambatan serta rasa sakit selama proses persalinan. 

Pada saat mengepel dengan posisi jongkok, maka lakukan gerakan menungging dengan posisi kedua kaki ditekuk, sementara tangan dalam posisi tegak lururs, telapak tangan dan lutut menempel di permukaan lantai.  

Lalu angkat pinggang dan panggul ke arah atas, tundukkan kepala, dan tahan sembari menghitungnya hingga hitungan kedelapan. Sesudah itu angkat kepala dan gerakkan kain pel menggunakan tangan untuk membersihkan lantai. 

 

Latihan Kegel

Perlu diketahui bahwa otot-otot dasar panggul dapat membantu menjaga serta mendukung elastisitas organ panggul, yakni rahim, kandung kemih, dan usus. Nah, jika bunda melatih menguatkannya dengan cara kegel, maka akan mengurangi penderitaan pada masa-masa akhir kehamilan seperti kebocoran urin dan wasir. Selain itu, latihan kegel ini juga bisa membantu proses melahirkan supaya persalinan lebih lancar. 

Lalu bagaimana cara melakukan kegel ini? Untuk melakukan kegel ini, bunda bisa mencoba menahan kencing saat sedang duduk di toilet atau dimana saja dan kapan saja tanpa mengencangkan otot perut, pantat, atau paha. 

Saat bunda telah berhasil memulai dan menghentikan buang air kecil atau merasakan otot vagina mengencang, maka itu artinya bunda menggunakan otot dasar panggul, otot-otot yang selama latihan kegel harus mengendur. 

Bunda bisa melakukan kegel ini dengan dua cara, yakni dengan menahan atau dengan cepat mengendurkan otot dasar panggul.

Melatih Pernafasan Dengan Yoga

Cara lainnya dalam mempersiapkan proses persalinan yang normal dan lancar adalah melatih pernafasan dengan yoga. Selain melatih pernafasan, yoga ini juga berfungsi untuk meredakan ketegangan supaya bunda melahirkan lebih rileks dalam mempersiapkan diri menjelang proses persalinan. 

Selain itu, dengan yoga ini juga bisa menenangkan bunda untuk mengatasi rasa sakit saat proses persalinan sehingga bunda bisa melahirkan dengan normal dan lancar tanpa jahitan, serta membantu sistem saraf untuk memperlancar pembukaan dan peregangan dinding vagina. 

 

  

0 Response to "Tips Agar Proses Persalinan Bisa Berjalan Dengan Lancar dan Normal "