Mengenal 3 Jenis Ikan Teri Yang Terkenal Di Indonesia Lengkap Dengan Harganya

 


Sepertinya hampir setiap orang mengetahui ikan teri. Ini ikan asin yang seolah-olah menjadi lauk wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Meski lebih sering dijadikan ikan asin namun kini ada banyak kreasi resep masakan dari ikan teri ini yang sangat lezat dan disukai banyak orang.

Ikan teri termasuk dalam keluarga Engraulidae yang umumnya memiliki ukuran tubuh mungil dengan ukuran sekitar 2 hingga 40 cm tergantung pada spesiesnya. Umumnya ikan teri ini berwarna perak kehijauan atau kebiruan. Ikan teri ini banyak ditemukan di sekitar pinggir pantai di kawasan Samudera Atlantik, Hindia, serta Pasifik. Dalam bahasa Inggris, ikan teri disebut dengan oily fish atau ikan berminyak.

Ternyata ada cukup banyak jenis ikan teri bahkan hingga saat ini telah diketahui ada sekitar 144 spesies ikan teri yang tersebar di Samudera India, Samudera Atlantis, dan Pasifik, serta di sekitar Wilayah Laut Hitam dan juga Laut Mediterania. Jumlah ini pun terbagi lagi menjadi 17 golongan atau genera.

Sedangkan jenis ikan teri yang dikenal di perairan Indonesia juga cukup beragam. Namun yang cukup terkenal dikalangan masyarakat hanya ada tiga jenis yaitu ikan teri jengki, ikan teri Medan, dan ikan teri nasi. Berikut 3 jenis ikan teri yang cukup terkenal di Indonesia yang perlu diketahui lengkap dengan harganya :

1.      Ikan Teri Medan

Meski ikan teri ini namanya “ikan teri Medan”, namun ikan asin ini hampir tersebar di seluruh wilayah perairan Indonesia. Teri ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan teri jengki dan ukurannya mirip dengan teri nasi.

Teri Medan yang masih segar memiliki warna yang benar-benar putih bersih dan terang, warnanya bukan kecokelatan. Bagian kepala teri ini masih untuh dengan aroma segar khas hidangan laut.

Ikan teri Medan ini bisa digunakan dalam berbagai hidangan lezat. Sebut saja kering teri, botok teri, dan pepes teri.

2.      Ikan Teri Nasi

Ikan teri nasi (Stolephorus tri) ini merupakan salah satu jenis teri yang terdapat di perairan pesisir dan memiliki persebaran yang luas. Ikan teri ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, memanjang, dan biasanya berwarna putih. Jika dibandingkan dengan teri Medan, ikan teri nasi memiliki warna yang lebih kusam atau kecokelatan.

Adanya perbedaan ini lantaran proses mengawetkannya. Biasanya di sepanjang tubuh teri nasi ada garis putih berwarna keperakan yang memanjang dari kepala hingga ekor. Ikan asin berwarna putih dan aromanya yang khas ini biasa dinikmati dalam bentuk hidangan rempeyek, bakwan, atau dibuat sambal. Kamu mesti tahu kalau harga ikan teri nasi ini lebih mahal daripada ikan teri jengki.

Harga ikan teri nasi sekitar Rp. 160.000 per kilogram.

3.      Ikan Teri Jengki

Ikan teri jengki (Engraulis sp) memiliki ukuran yang cukup besar, dimana ukurannya itu lebih besar dari ikan teri Medan dan ikan teri nasi. Bentuk ikan asin ini agak silinder dengan bagian perutnya yang agak bulat, berwarna pucat, serta memiliki kepala yang pendek. Warnanya kuning kehitaman serta memiliki tekstur garing ketika digoreng. Jenis teri jengki ini begitu populer di Indonesia dengan dua pilihan umum di pasar yaitu ikan teri jengki utuh dan ikan teri jengki belah.

Ikan teri ini kerap disajikan dalam hidangan balado, tumis sayuran, dan kering tempe. Harga ikan teri jengki ini dipasaran sekitar Rp. 140.000 per kilogram.

 

 

 


0 Response to "Mengenal 3 Jenis Ikan Teri Yang Terkenal Di Indonesia Lengkap Dengan Harganya "