-->

Kamis, 16 Februari 2023



Makanan rendah gula dalam bentuk buah merupakan pilihan baik, khususnya dalam menurunkan berat badan. Sebab, buah tidak hanya mengandung air yang banyak, tetapi juga serat. Bahkan, buah juga bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang sangat banyak.
Meskipun begitu, tidak semua buah bisa dimakan jika kamu bertujuan menurunkan berat badan. Sebab, ada juga beberapa buah yang mengandung gula yang cukup tinggi. Untuk mengetahui apa saja makanan rendah gula berbentuk buah yang bisa mengenyangkan, simak ulasannya di bawah ini.
1. Raspberry
Pertama ada Raspberry yang masuk ke dalam makanan rendah gula. Untuk setiap cangkir buah raspberry, gula yang terkandung hanyalah sekitar 5 gram saja. Takaran tersebut jumlahnya kira-kira melebihi satu sendok teh.
Selain rendah gula, buah raspberry juga mengantongi beragam nutrisi lain yang mengesankan. Salah satunya termasuk vitamin C, selenium, bahkan kelompok antioksidan flavonoid.
2. Kiwi
Buah berikutnya yang termasuk makanan rendah gula adalah Kiwi. Dengan rasa manis sedikit asam, buah kiwi mengandung serat sekaligus vitamin C. Kandungan tersebut sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.
Kiwi juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Meskipun mengandung gula, buah ini dilepaskan lebih lambat dan dapat menekan lonjakan gula darah. Kiwi juga mengandung 2 gram serat sehingga dapat menunjang penurunan gula darah.
3. Melon
Melon merupakan salah satu buah untuk diet. Buah ini mengandung kalori rendah dan kandungan air yang tinggi. Hal itu membuatnya sangat dianjurkan untuk penganut diet penurunan berat badan.
Meskipun rendah kalori, akan tetapi melon mengandung serat, kalium dan antioksidan. Contohnya seperti vitamin C, beta karoten dan likopen. Melon dapat kamu nikmati secara langsung atau dicampur ke dalam salad buah.
4. Apel
Bisa dikatakan apel merupakan buah yang sangat populer. Faktanya, apel merupakan salah satu makanan rendah gula yang cocok untuk diet. Buah apel cukup rendah kalori dan tinggi serat dengan 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah besar (223 gr). Buah ini juga menjadi buah untuk diet yang terbukti mendukung penurunan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, wanita diberi tiga apel, tiga pir atau tiga kue gandum dengan kalori yang sama per hari selama 10 minggu. Kelompok apel kehilangan 0,91 kg dan kelompok pir 0,94 kg sedangkan kelompok gandum beratnya tidak berubah.
Selain itu, sebuah observasi pada 124.086 individu menentukan bahwa orang yang makan apel kehilangan rata-rata 0,56 kg per porsi harian selama periode empat tahun. Karena buah-buahan rendah kalori seperti apel lebih mengenyangkan, kamu mungkin lebih sedikit mengonsumsi makanan lain sepanjang hari.
5. Pir
Buah untuk diet malam salah satunya bisa dengan konsumsi pir. Dalam satu buah pir terkandung 6 gram serat. Selain serat, buah pir juga mengandung vitamin C untuk melawan radikal bebas penyebab peradangan. Buah ini juga merupakan sumber potasium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.
Tekstur buah pir cenderung garing, renyah, dan manis. Selain rasanya yang sangat enak, buah pir ini juga kebanyakan mengandung air yang cukup dominan. Buah pir ini juga mengandung sekitar 8,6 gram gula alami sehingga sangat cocok untuk diet.
6. Lemon
Perasan lemon sering ditambahkan untuk menyegarkan minuman maupun menambah cita rasa masakan. Fakta menariknya adalah buah sitrus ini juga salah satu buah yang rendah kadar gulanya. Untuk satu buah lemon, gula yang terkandung hanya berkisar 1 hingga 2 gram.
Jika mengambil perasan buah lemon, kulitnya jangan sampai kamu buang. Sebab, kulit lemon juga menawarkan banyak manfaat dan nutrisi, termasuk serat dan vitamin C.
7. Alpukat
Buah terakhir yang termasuk makanan rendah gula adalah alpukat. Cocok dijadikan sebagai snack sehat, alpukat ini merupakan salah satu jenis buah rendah gula yang bisa rutin kamu konsumsi. Bahkan, satu buah alpukat mentah hanya mengandung gula sekitar 1 gram. Jumlah tersebut tentunya sangat menarik dan mungkin jarang didapatkan pada buah lainnya.
Tidak hanya itu saja, alpukat juga mengandung beragam lemak sehat, kalium, folat, magnesium, bahkan zat antioksidan untuk mata seperti lutein dan zeaxhanthin. Maka dari itu, buah ini sangat cocok untuk diet.

Dapatkan berbagai informasi makanan dan resep di aplikasi resep masakan yummy. Semoga bermanfaat.



Baca Artikel Terkait: