-->

Jumat, 26 Mei 2023



Saat kamu sering bermain media sosial, hampir pasti sudah kenal dengan istilah live streaming. seiring dengan perkembangan teknologi, keberadaan live streaming menjadi alat yang sangat ampuh untuk beberapa sektor, khususnya bisnis. Ditambah lagi, berbagai platform sudah memudahkan para pengguna untuk melakukan live streaming.

Contohnya bisa dilihat pada aplikasi IDN App yang merupakan bagian dari IDN Times. IDN app saat ini sudah memiliki fitur live streaming sehingga dapat memberikan informasi kekinian. Bahkan, manfaat live streaming ini sudah dirasakan oleh para pembuatnya. Untuk mengetahui apa saja keuntungan memakai live streaming dari sisi bisnis, simak ulasannya di bawah ini.

1. Dapat Memperluas Jangkauan Pasar
Keuntungan pertama saat menggunakan live streaming adalah dapat memperluas jangkauan pasar. Jangkauan live streaming sangat luas dan bisa dinikmati melalui berbagai media. Hal itu menjadikannya alat yang efektif untuk menjangkau pelanggan baru.
 
Tidak hanya itu saja, jika konten live streaming berhasil menarik perhatian penonton, maka besar kemungkinan akan membagikan konten tersebut pada orang-orang terdekatnya. Hal ini akan mempercepat penyebaran kesan positif dan meningkatkan awareness terhadap brand.

2. Memperkuat Customer Relationship
Dengan menggunakan live streaming, maka bisa memperkuat customer relationship. Sebagai sebuah brand, maka kita harus membangun hubungan yang baik dengan customer dan memperlakukan customer layaknya sahabat. Salah satu caranya adalah dengan berinteraksi secara aktif melalui berbagai media yang menawarkan two-way communication seperti media sosial dan live streaming. Dengan begitu, konsumen akan merasa dekat dengan brand dan menjadi lebih loyal.
 
Hasil riset juga menunjukkan bahwa penonton lebih tertarik dengan konten berupa video dibandingkan konten yang hanya berisikan teks atau gambar. Hal Ini memberikan kesempatan bagi brand untuk memikat perhatian audiens melalui video live streaming.
 
Berilah customer service sebaik mungkin selama proses live streaming. Bagikan informasi yang dapat memikat interest audiens supaya mereka tertarik melakukan purchase terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Hal itu bisa kamu terapkan pada aplikasi seperti IDN App. Sebab, di dalam aplikasi ini banyak fasilitas yang mendukung live streamer seperti pemberikan gift hingga dapat berinteraksi langsung.

3. Dapat Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Brand
Ketika melakukan live streaming, tunjukkan kepada penonton bahwa brand milikmu mengerti kebutuhan target market. Bahkan, produk tersebut memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tunjukkan bagaimana kamu selalu berusaha untuk mendengarkan konsumen dan memperlakukan konsumen dengan sepenuh hati.
 
Meskipun live streaming tidak bisa membangun interaksi yang benar-benar personal (one-to-one communication), kamu bisa memperlihatkan personality dan expertise brand melalui live streaming. Penonton pun dapat melihat jati diri brand yang sebenarnya melalui live streaming. Dengan begitu, kepercayaan konsumen akan meningkat dan lebih besar kemungkinan audiens untuk masuk ke tahap pemberlian.
 
4. Menawarkan Konten yang lebih Berkualitas
Penggunaan live streaming bisa membantu brand menciptakan konten berkualitas yang bisa memberikan nilai tambah bagi konsumen. Video live streaming juga memberikan kamu kesempatan untuk memperlihatkan kelebihan brand, baik dari segi produk maupun orang-orang dibaliknya.

Bangunlah percakapan yang hidup dan menarik dengan audiens. Tanya apa yang menjadi keresahan mereka, apa yang ingin mereka ketahui, apa pendapat mereka tentang suatu hal, dan sebagainya. Semua fasilitas tersebut juga bisa di dapatkan melalui aplikasi live streaming IDN App. Semua konten yang dibuat pada IDN App teah disesuaikan dengan minat penonton dan tentunya berkualitas.

Demikian keuntungan menggunakan live streaming dari sisi bisnis. Semoga informasi ini memberikan manfaat.



Baca Artikel Terkait: