-->

Rabu, 10 Mei 2023

 MAKALAH

PENDIDIKAN AGAMA



DosenPengampuh:AfdhalIlahi,S.Pd.I,M.Pd

I

S

U

S

U

N

Oleh:

 ETTY ERIYANTI RAMBE       22090014

JULAIHA HASIBUAN              22090006


FAKULTASPENDIDIKANMATEMATIKADANILMUPENGETAHUANALAM

INSTITUTPENDIDIKANTAPANULISELATAN(IPTS)

TAHUNAJARAN2023/2024



KATAPENGANTAR


Assalamualaikumwr.wb.

Puji syukur diucapkan kehadirat Allah Swt. atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai selesai. Kami sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi saya sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.












DAFTAR ISi

COVER 0

KATAPENGANTAR i

DAFTARISI ii

BABIPENDAHULUAN 1

A. LATARBELAKANG 1

B. RUMUSANMASALAH 1

C. TUJUANPENULISAN 2

BABIIPEMBAHASAN 3

1. KONSEP ILMU DAN TEKNOLOGI 3

2. KEUTAMAAN ORANG BERIMAN DAN BERILMU 5

3. TANGGUNG JAWAB UMAT ISLAM TERHADAP ALAM 

DAN LINGKUNGAN 8

4. KEMAJUAN IPTEKS SEBAGAI TANTANGAN BAGI 

UMAT MANUSIA 10

5. SIKAP MUSLIM MENGHADAPI KEMAJUAN IPTEKS 12

BABIIIPENUTUP 15

KESIMPULAN 15

DAFTARPUSTAKA 16

SESI TANYA JAWAB 17

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATARBELAKANG

Dalam pandangan Islam, ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sangat urgen bagi kehidupan umat manusia. Tanpa menguasai Iptek manusia akan tetap dalam lumpur kebodohan, keterbelakangan dan kemiskinan. Penguasaan manusia terhadap Iptek dapat mengubah eksistensi manusia dari yang semula manusia sebagai ‘abdullah saja menjadi khalīfatullāh. Oleh karena itu, Islam menetapkan bahwa hukum mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi adalah wajib. Anda sudah mengalami sendiri betapa besar manfaat Iptek bagi kehidupan Anda sebagai mahasiswa.

Tanpa menguasai Iptek, umat manusia akan mengalami banyak hambatan dan kesulitan dalam menjalani kehidupan di jagat ini. Pada zaman modern, seperti sekarang ini, ukuran maju tidaknya suatu bangsa justru diukur dari penguasaan bangsa itu terhadap Iptek. Jika suatu bangsa itu mampu menguasai Iptek, maka bangsa tersebut dikategorikan sebagai bangsa yang maju, Sebaliknya, jika suatu bangsa itu tertinggal dalam penguasaan Iptek, maka bangsa itu dipandang sebagai bangsa yang belum maju atau biasa disebut bangsa tertinggal atau disebut bangsa berkembang. Supaya bangsa Indonesia masuk ke dalam kelompok bangsa yang maju, maka Anda sebagai mahasiswa wajib berusaha sekuat tenaga untuk menguasai Iptek dan mengejawantahkan Iptek untuk kemaslahatan umat manusia.

   B.  RUMUSANMASALAH

1.Apa  yang dimaksud dengan konsep ilmu dan teknologi ?

2.Apa keutamaan orang beriman dan berilmu ?

3.Apasaja tanggung jawab umat islam terhadap alam dan lingkungan ?

4.Apa kemajuan IPTEKS sebagai tantangan bagi umat manusia ?

5.   Bagaimana sikap muslim menghadapi kemajuan IPTEKS ?


    C.Tujuanpenulisan

1.Untukmengetahui konsep ilmu dan teknologi

2.Untuk mengetahui keutamaan orang beriman dan berilmu

3.Untukmengetahui tanggung jawab umat islam terhadap alam dan lingkungan

4.Untukmengetahui kemajuan IPTEKS sebagai tantangan bagi umat manusia

5.Untukmengetahui sikap muslim menghadapi kemajuan IPTEKS














Bab Ii

Pembahasan

  1. Konsep ilmu dan teknologi

• Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia melalui tangkapan panca indera, intuisi, firasat atau yang lainnya.

• Ilmu pengetahuan (sains) adalah pengetahuan yang sudah di klasifikasi, distemisasi, diorganisasi dan di interpretasi sehingga menghasilkan pengetahuan yang obyektif, general dan verifikatif. Atau sains adalah pengetahuan yang rasional, empiris, obyektif, terukur, verifikatif, serta komunal /general.

• Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

• seni adalah hasil ungkapan akal dan budi manusia yang bernilai keindahan.

Seni merupakan ekspresi kesucian hati. Hati yang bening melahirkan karya seni yang beradab, sedangkan hati yang kotor tentu melahirkan karya seni yang tidak beradab. Hidup dengan seni menjadikan hidup menjadi indah, damai, dan nyaman. Adapun hidup tanpa seni, menyebabkan hidup menjadi kering, gersang, dan tidak nyaman. Seni itu indah dan keindahan adalah sifat Tuhan. Cinta kepada keindahan berarti cinta kepada Tuhan. Ini disebabkan Tuhan mencintai keindahan. Dengan cinta kepada Tuhan itu manusia wujudkan keindahan dalam kehidupan. Orang yang berusaha membumikan sifat Tuhan dalam kehidupan adalahmanusia yang dipuji Tuhan dan ia disebut insan kamil

IPTEK DAN SENI DALAM ISLAM

• IPTEk adalahanalisis dari uraian rahasia-rahasia dibalik fenomena alam yang di dokumentasikan dan disebarkan dalam bentuk tulisan yang disimbolkan dengan pena yang kemudian dapat diwujudkan dalam kehidupan 

• Kompilasi pengetahuan manusia kemudian di dokumentasikan dan disebarkan dalam bentuk tulisan. Pembacaan ayat ayat kauniyah ini melahirkan sains dalam upaya menafsirkan. Astronomi, matematika, fisika, kimia, biologi, dan sebagainya.

• Dari segi esensinya, semua sains sudah islami, sepenuhnya tunduk pada hukum Allah. Hukum-hukum yang digali dan dirumuskan adalah hukum-hukum alam yang tunduk pada sunnatullah. 

• Pembuktian teori yang dikembangkan dilandasi pencarian kebenaran bukan pembenaran nafsu manusiawi.

Sedangkan tujuan manusia meningkatkan ilmu pengetahuan adalah untuk meningkatkan harkat kemanusiaannya, meredam rasa kesombongan dan memperbanyak berbuat kebajikan melalui karunia akal.

iptek dalam pandangan islam

     • Ilmu dalam islam diartikan sebagai segala pengetahuan yang bersifat dapat menjelaskan memberi kejelasan terhadap segala sesuatu yang dihadapi atau dibutuhkan oleh manusia baik dalam kapasitasnya sebagai hamba ataupun khalifah Allah.

• sumber ilmu dalam pandangan islam adalah berasal dari wahyu, 9pemikiran (akal), serta pengalaman manusia. Ilmu yang berasal dari wahyu bersifat perenial /abadi, mutlak dan berfungsi sebagai pedoman hidup manusia.

• Sedangkan ilmu yang berasal dari akal ataupun pengalaman manusia itu bersifat aquired/ perolehan, relatif, dan berfungsi sebagai sarana dalam kehidupan manusia.

• Dalam pandangan islam ipteks itu bersifat terikat nilai (tidak bebas nilai) yaitu harus disesuaikan dengan nilai-nilai ajaran islam. Ipteks merupakan hasil olah pikir dan rasa manusia, karenanya harus dikembangkan sesuai dengan perkembangan akal budi manusia. 

• Pengembangan ipteks merupakan bagian dari pelaksanaan kewajiban manusia sebagai makhluk allah yang berakal. IPTEKS merupakan pedoman dan sarana bagi manusia dalam melaksanakan tugasnya sebagai hamba dan khalifah Allah ,agar kualitas ibadah dan kesejahteraanny meningkat.

 Islam sangat mendorong pengembangan ipteks, terbukti dengan banyaknya ayat Al-Quran atau Hadis Nabi yang memerintahkan untuk memperhatikan penciptaan atau keberadaan alam semesta, bahkan ayat yang pertama adalah perintah untuk membaca (dalam arti luas) bukan perintah tentang ibadah ritual tertentu. Untuk mengembangkan etos keilmuan perlu senantiasa diciptakan stabilita yang dinamis dalam kehidupan bernegara. Melalui keadaan yang stabil itu proses-proses mempertajam pikiran, memperluas pandangan syiar ilmu, menciptakan buah pikira dan menggerakkan aktifitas memajukan  IPTEKS dapat dilaksanakan dengan baik.

• Salah satu pilar penting kemajuan suatu bangsa adalah bergantung pada kemajuan penguasaan terhadap ilmu dan teknologi. Ilmu dan teknologi membawa bangsa ke derajat kemuliaan, kebahagiaan, dan kekuasaan.

2. Keutamaan orang beriman dan berilmu

Keutamaan orang beriman

Iman secara istilah artinya pengikraran dalam lisan, pembenaran dalam hati dan pengamalan dalam perbuatan. Iman bisa bertambah dengan ketaatan dari bisa berkurang dengan kemaksiatan.

 keutamaan orang orang yang beriman telah banyak diterangkan dalam al-quran, salah satunya yakni dalam surat ibrahim ayat 23 yang artinya:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman: 

وادخل الذين امنو اوعملوااصلحت جنت تجري من تحتها ا لا نهر خلد ين فيها باذن ربهم تحيتهم فيها سلم   

"Dan dimasukkan lah orang-orang yang beriman dan beramal sholeh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin tuhan mereka.Ucapan penghormatan mereka dalam surga itu ialah " salam "

Jadi keutamaan untuk orang-orang beriman dan beramal sholeh ialah mereka akan kembali ke surga allah yang penuh dengan berkah dan kenikmatan. Selain itu iman memiliki manfaat bagi kehidupan,yakni:

1. Iman melenyapkan kepercayaan kepada benda mati/ sirik

2. Iman menanamkan semangat berani menghadapi maut

3. Iman menanamkan sikap mandiri dalam kehidupan

4. Iman memberikan ketentraman jiwa

5. Iman mewujudkan kehidupan yang baik

6. Iman melahirkan sikap ikhlas dan konsekuen 

7. Iman memberikan keberuntungan 

8. Iman mencegah penyakit 

keutamaan orang orang berilmu

 firman Allah SWT dalam QS.Al-Mujadilah ayat 11 

يايها الذين امنوااذاقيل لكم تفسحوافى المجلس فاقسحوايفسح ا لله لكم واذاقيل انشزوافانشزوايرفع   الله الذين امنوامنكم والذين اوتواالعلم درخت وا لله بماتعملون خبير 

"Hai orang-orang beriman, apabila di katakan kepadamu berlapang lapanglah dalam majelis, maka lapangkanlah niscaya allah akan melampangkan kepadamu. Dan apabila dikatakan "berdirilah kamu" maka berdirilah, niscaya allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang oeang yang berilmu pengetahuan itu beberapa derajat. Dan allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

 Dari surat tersebut dapat dijelaskan apabila kita mengikuti perintah Allah SWT, maka Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu dan beriman dengan derajat yang berlipat. Oleh karenanya allah menyuruh manusia untuk menggali ilmu pengetahuan, membentuk majelis ta'lim,membaca ayat-ayat allah, baik yang tertulis maupun yang diciptakan Allah misalnya bintang, langit, bumi, gunung dll. Mengapa allah menaikkan derajat orang berilmu dikarenakan ada 7 kelebihan ilmu

1. Ilmu adalah warisan dari nabi

2. Ilmu selalu menjaga orang-orang yang menjaganya

3. Orang yang berilmu banyak akan memiliki banyak teman pula

4. Ilmu apabila diberikan kepada orang maka ilmu itu akan bertambah

5. Pemilik ilmu akan menerima syafaat pada hari kiamat

6. Ilmu apabila disimpan tidak akan habis atau rusak

7. Ilmu akan menyinari hati hingga menjadi tentram dan tenang

Keutamaan orang beriman dan berilmu

• Orang yang berilmu itu sangat dimuliakan Allah karena itu umat islam diwajibkan menuntut ilmu sepanjang hayatnya. (Al-Hadist) 

• Orang yang beriman dan berilmu dijamin oleh allah akan di tinggikan derajatnya, bahkan tidurnya orang yang berilmu itu lebih utama daripada ibadahnya orang bodoh (Q.S.58:11) 

• Di antara yang lebih berhak untuk dijadikan sebagai pemimpin adalah mereka yang lebih tinggi ilmunya (Q.S.2:247)

• Orang yang berilmu merupakan salah satu pilar dalam tegaknya kehidupan dunia (Al-Hadist)

• Orang yang paling takut kepada allah adalah orang yang berilmu (Q.S.35:28) 

• Manusia diangkat sebagai khalifah allah adalah karena ilmunya (Q.S.2:30-32)

• Ibadahn yang diterima allah adalah yang dilakukan atas dasar iman dan ilmu yang benar (Al-Hadist)

• sejarah menunjukkan bahwa bangsa yang memimpin peradaban adalah yang lebih unggul dalam pengawasan dan penerapan iptek

• Barang siapa yang mendapat ilmu pengetahuan orang beriman dia telah mendapatkan banyak kebajikan allah (Q.S.Al-Baqarah: 269)

• Allah meninggikan beberapa derajat kedudukan orang beriman dan beri ilmu pengetahuan (QS. Al-M:11)

• Barang siapa meninggalkan rumahnya untuk mendapat ilmu pengetahuan maka ia dalam jalan allah sampai ke kembalinya. Barang siapa yang berpergian untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dimudahkan allah jalannya ke surga dst.

3. Tanggung jawab umat Islam terhadap alam dan lingkungan

Tanggung jawab manusia terhadap lingkungan sangat besar, karena manusia sendiri yang mempengaruhi lingkungan.Jika mau hidup sehat maka wajib hukumnya bertanggung jawab untuk menjaga dan membersihkan lingkungan serta makanannya. Sebagaimana dalam QS. ‘Abasa (80): 24-32:

فلينظر الانسان الى طعامه (٢٤)انا صببنا الماء صبا (٢٥)ثم شققا الارض شقا (٢٦)فانبتنا فيها حبا(٢٧) وعنبا وقضبا(٢٨

وزيتونا ونخلا(٢٩  وحدا ئق غلبا(٣٠  وفاكهتة أبا (٣١ متاعالكم و لأعنعامكم(٣٢ 

Terjemahnya:Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya.Sesungguh-nya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, Zaitun dan pohon kurma, kebun-kebun (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu.

Manusia dan lingkungan hidup (alam) memiliki hubungan sangat erat. Keduanya saling memberi dan menerima pengaruh besar satu sama lain. Pengaruh alam terhadap manusia lebih bersifat pasif, sedangkan pengaruh manusia terhadap alam lebih bersifat aktif. Manusia memiliki kemampuan eksploitatif terhadap alam.

Setiap manusia wajib untuk bertanggung jawab atas lingkungannya terhadap apa yang telah Allah ciptakan dengan indah, menjaga tumbuh-tumbuhan serta makanan yang telah Allah berikan untuk manusia Setiap manusia, dipundaknya terpikul tanggung jawab yang besar dalam hubungannya dengan pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan alam tersebut, antara lain dapat diwujudkan dengan contoh sikap dan perilaku sebagai berikut :

▪︎Memelihara kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Sampah dikelola dengan menerapkan prinsip 4 R yaitu (Reduce, Reuse, Recycle danReplace). Dalam keseharian, dan dapat dilakukan oleh siapa saja untuk mengurangi volume sampah.

▪︎Tidak mengekspolitasi alam secara berlebihan, mengingat keterbatasan sumber daya alam yang ada. Eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan tanpa memperhatikan aspek peran dan fungsi alam ini terhadap lingkungan dapat mendatangkan berbagai macam bencana alam seperti tanah longsor, banjir, kabut asap, pemanasan global yang sangat merugikan masyarakat.

▪︎ Menggunakan teknologi yang ramah lingkungan agar kebersihan dan kelestarian lingkungan tetap terjaga dengan baik. Ramah lingkungan artinya tidak mengakibatkan kerusakan pada lingkungan sebagai tempat tinggal manusia. Maka dengan cara yang sederhana,teknologi ramah lingkungan yaitu teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia namun tidak mengakibatkan kerusakan atau memberikandampak negatif pada lingkungan di sekelilingnya.

▪︎ Pemanfaatan teknologi harus mempertimbangkan lingkungan hidup di mana kita tinggal agar teknologi tersebut justru tidak merusak alam lingkungan kita.

▪︎Menjaga kelestarian lingkungan dengan cara meningkatkan pemanfaatan sumber-sumber energi yang tidak akan habis sebagai pengganti minyak bumi atau batu bara, misalnya penggunaan energi sinar matahari, angin, geothermal,tenaga air, pasang air laut, dan sebagainya.

Jika ingin melihat lingkungan bersih dan jauh dari bencana seharusnya manusia senantiasa menunaikan tanggung jawabnya terhadap lingkungan karena manusia bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan ekosistem alam semesta sehingga tindakan manusia mempengaruhi seluruhya.

4. Kemajuan iptek sebagai tantangan bagi umat manusia

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan bagi masyarakat, baik di dalam cara berpikir, sikap maupun tingkah laku. Dari satu sisi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuat manusia lebih sempuma dalam menguasai, mengolah dan melestarikan alam untuk kepentingan dan kesejahtraan hidup manusia. Namun dari sisi lain kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah merusak dan meracuni sisi mental dan moral generasi muda.

Teknologi yang ada saat ini bisa berubah menjadi sebuah ancaman tersendiri,jika teknologi Namun, yang terjadi saat ini kebanyakan dari kita menyalah gunakan pemanfaatan teknologi, begitupun yang terjadi pada anak-anak saat ini. Teknologi yang ada membuat mereka menjadi pribadi yang lebih mengutamakn diri sendiri, jauh dari kehidupan sosial secara langsung, bahkan ada yang sampai menjadikan teknologi atau lebih tepatnya media sosial itu sebagai pengganti keluarga, orangtua dan teman.

Internet ataupun media sosial membuat mereka jauh dengan keluarga,dan terkadang mereka malah menghabiskan waktunya berada didepan gadget/Komputer.teknologi tersebut tidak mampu dikelola dan justru menguasai kita.

Kemajuan dalam pendidikan dan penguasaan Iptek berimplikasi terhadap kemajuan politik, ekonomi, dan budaya. Hal ini secara historis dapat Anda lacak ketika dunia Islam unggul dalam Iptek. Pada masa keemasan Islam, kekuasaan politik umat Islam semakin luas dengan ekspansinya ke berbagai wilayah dan penguasaan dalam politik ini membawa kemajuan dalam kehidupan ekonomi umat Islam saat itu. Kesejahteraan yang merata juga mendorong kemajuan umat Islam dalam penguasaan Iptek. Akibatnya, dunia Islam menjadi sangat kuat secara politik dan ekonomi yang didasari penguasaan terhadap Iptek secara sempurna pada saat itu. Zaman keemasan Islam itu terjadi pada masa kekuasaan Dinasti Umayyah yang berpusat di Damaskus, Syria (dan kemudian berkembang pula di Spanyol) serta zaman kekuasaan Dinasti Abbasiyyah yang berpusat di Baghdad, Irak.

Akar-akar kemajuan yang dicapai umat Islam memang telah diletakan dasar-dasarnya oleh Rasulullah. Beliau mengajarkan kepada para sahabat bahwa menguasai ilmu itu adalah wajib. Kewajiban yang tidak membedakan laki-laki dan perempuan. Kalau perlu, menurut Nabi Muhammad, kita belajar untuk dapat menguasai ilmu, meskipun harus pergi ke negeri Cina. Secara teologis, Allah telah menetapkan bahwa yang akan mendapat kemajuan pada masa depan adalah bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan yang dilandasi dengan iman. Dalam sejarah, kita dapat menyaksikan kemajuan Iptek umat Islam membawa kemajuan bagi umat Islam dalam bisang ekonomi, politik, budaya, dan pendidikan. Umat Islam makmur secara materi dan rohani, juga makmur dalam keadilan dan adil dalam kemakmuran.

modern mengandung arti ‘maju’ dan ‘berkemajuan’ dalam segala aspek kehidupan: ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain. Modern adalah perubahan sikap dan pandangan dari tradisional ke rasional, dari primordial ke logis dan nalar. Modernisasi merupakan proses terjadinya pemoderenan untuk kemajuan dalam segala bidang kehidupan melalui akselerasi pendidikan dan aktualisasi teknologi. Modernisasi telah mengubah wajah dunia dari kusam menjadi bersinar, dari yang lamban menjadi serba cepat, dari yang tradisional menjadi rasional, dari yang primordial menjadi nalar.

Perlu untuk disadari bahwa modernisasi akibat kemajuan Iptek telah mengubah pola pikir, pola pergaulan, dan pola kehidupan secara masif. Industrialisasi dalam memproduksi barang dan jasa di satu sisi meningkatkan kualitas dan kuantitas barang dan jasa yang diperlukan masyarakat, tetapi di sisi lain membawa dampak terhadap wujudnya stratifikasi sosial yang tidak seimbang, yakni kapitalis (pemodal) dan pekerja atau buruh. Dalam proses modernisasi ini, sering kali kaum buruh menjadi lemah ketika berhadapan dengan kaum pemodal. Ketidakharmonisan antara dua pihak ini sering kali menjadi pemicu terjadinya adagium di masyarakat yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

5. Sikap muslim menghadapi kemajuan ipteks

Menurut Kuntowijoyo, ada lima program reinterpretasi untuk memerankan kembali misi rasional dan empiris Islam yang bisa dilaksanakan saat ini dalam rangka menghadapi modernisasi.

▪︎Program pertama adalah perlunya dikembangkan penafsiran sosial struktural lebih daripada penafsiran individual ketika memahami ketentuan-ketentuan tertentu di dalam Al-Quran. 

▪︎Program kedua adalah mengubah cara berpikir subjektif ke cara berpikir objektif. Tujuan dilakukannya reorientasi berpikir secara objektif ini adalah untuk menyuguhkan Islam pada cita-cita objektif. Kuntowijoyo memberikan contoh ketentuan zakat. Secara subjektif, tujuan zakat memang diarahkan untuk pembersihan jiwa kita. Akan tetapi, sisi objektif tujuan zakat adalah tercapainya kesejahteraan sosial. 

▪︎Program ketiga adalah mengubah Islam yang normatif menjadi teoretis. Selama ini, kita cenderung lebih menafsirkan ayat-ayat Al-Quran pada level normatif dan kurang memperhatikan adanya kemungkinan untuk mengembangkan norma-norma itu menjadi kerangka teori ilmu. Secara normatif, kita mungkin hanya dapat mengembangkan tafsiran moral ketika memahami konsep tentang fuqarā` dan masākīn. Kaum fakir dan miskin paling-paling hanya akan kita lihat sebagai orang-orang yang perlu dikasihani sehingga kita wajib memberikan sedekah, infaq, atau zakat kepada mereka. Dengan pendekatan teoretis, kita mungkin akan dapat lebih memahami konsep tentang kaum fakir dan miskin pada koteks yang lebih riil dan lebih faktual sesuai dengan kondisi-kondisi sosial, ekonomi, dan kultural. Dengan cara itu, kita dapat mengembangkan konsep yang lebih tepat tentang fuqarā` dan masākīn itu pada kelas sosial dan sebagainya. Dengan demikian, kalau kita berhasil memformulasikan Islam secara teoretis, banyak disiplin ilmu yang secara orisinal dapat dikembangkan menurut konsep-konsep Al-Quran.

▪︎Program keempat adalah mengubah pemahaman yang ahistoris menjadi historis. Selama ini pemahaman kita mengenai kisah-kisah yang ditulis dalam Al-Quran cenderung sangat bersifat ahistoris, padahal maksud Al-Quran menceritakan kisah-kisah itu adalah justru agar kita berpikir historis. 

▪︎Program kelima adalah merumuskan formulasi-formulasi wahyu yang bersifat umum menjadi formulasi-formulasi yang spesifik dan empiris. Misalnya, Allah mengecam sirkulasi keuntungan hanya di sekitar orang-orang kaya saja. Secara spesifik, sebenarnya Islam mengecam monopoli dan oligopoli dalam kehidupan ekonomi-politik.

Menurut Mehdi Ghulsyani dalam menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, ilmuwan muslim dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

1. Kelompok yang menganggap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,  moderen bersifat netral dan berusaha melegitimasi hasil-hasil Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,  moderen dengan mencari ayat-ayat Al-Qur'an yang sesuai.

2. Kelompok yang bekerja dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,  moderen, tetapi berusaha juga mempelajari sejarah dan filsafat ilmu agar dapat menyaring elemen-elemen yang tidak islami.

3. Kelompok yang percaya adanya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,  Islam dan berusaha membangunnya. Untuk kelompok ketiga ini memunculkan nama Al-Faruqi yang mengintrodusir istilah "islamisasi ilmu pengetahuan".

Sesungguhnya, dalam konsep Islam, pada dasarnya tidak ada pemisahan yang tegas antara ilmu agama dan ilmu non-agama. Sebab pada dasarnya ilmu pengetahuan yang dikembangkan manusia merupakan "jalan" untuk menemukan kebenaran Allah itu sendiri. Pengembangan yang harus dilakukan dalam budaya Islam adalah bentuk-bentuk Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,  yang mampu mengantarkan manusia meningkatkan kemampuan manusia itu sendiri untuk bemrnafaat bagi orang banyak, bukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang merusak alam dan sekitarnya.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,  akan bermanfaat apabila

• Ilmu Pengetahuan tersebutt bisa memberikan jalan pada kebenaran Allah dan bukan menjauhkannya

• Bisa membantu umat merealisasikan tujuan-tujuannya (yang baik)

• Bisamenyelesaikan persoalan umat.











BAB III

PENUTUP

1. KESIMPULAN

•Pengetahuanadalahsegalasesuatuyangdiketahuimanusiamelaluitangkapanpancaindera,intuisi,firasatatauyanglainnya.Ilmupengetahuan(sains)adalahpengetahuanyangsudahdiklasifikasi,distemisasi,diorganisasidandiinterpretasisehinggamenghasilkanpengetahuanyangobyektif,generaldanverifikatif.Atausainsadalahpengetahuanyangrasional,empiris,obyektif,terukur,verifikatif,sertakomunal/general.Teknologiadalahmetodeilmiahuntukmencapaitujuanpraktis.Keseluruhansaranauntukmenyediakanbarangbarangyangdiperlukanbagikelangsungandankenyamananhidupmanusia. seniadalahhasilungkapanakaldanbudimanusiayangbernilaikeindahan.

keutamaanuntukorang-orangberimandanberamalsholehialahmerekaakankembalikesurgaallahyangpenuhdenganberkahdankenikmatan. Dan Allahakanmengangkatderajatorang-orangyangberilmudanberimandenganderajatyangberlipat

Tanggung jawab umat Islam terhadap alam dan lingkungan: Memelihara kebersihan lingkungan, tidak mengeksploitasi alam secara berlebihan, menggunakan teknologi yang ramah lingkungan agar kebersihan dan kelestarian lingkungan tetap terjaga dengan baik, pemanfaatan teknologi harus mempertimbangkan lingkungan hidup di mana kita tinggal agar teknologi tersebut justru tidak merusak alam lingkungan kita, menjaga kelestarian lingkungan dengan cara meningkatkan pemanfaatan sumber-sumber energi yang tidak akan habis.

IlmuPengetahuandanTeknologi, akanbermanfaatapabila

•IlmuPengetahuantersebuttbisamemberikanjalanpadakebenaranAllahdanbukanmenjauhkannya

•Bisamembantuumatmerealisasikantujuan-tujuannya(yangbaik)

•Bisamenyelesaikanpersoalanumat.

padadasarnyailmupengetahuanyangdikembangkanmanusiamerupakan"jalan"untukmenemukankebenaranAllahitusendiri.PengembanganyangharusdilakukandalambudayaIslamadalahbentuk-bentukIlmuPengetahuandanTeknologi, yangmampumengantarkanmanusiameningkatkankemampuanmanusiaitusendiriuntukbemrnafaatbagiorangbanyak,bukanIlmuPengetahuandanTeknologi,yangmerusakalamdansekitarnya.

2. SARAN

Diharapkan kepada kita semua baik yang tua maupun yang muda agar dapat mewujudkan Imtaq dan Iptek secara seimbang di negeri yang tercinta ini yaitu Indonesia. Yakni melalui peningkatan kualiatas sumber daya manusia, potensi, perbaikan sistem ekonomi, serta menerapkan budaya zakat, infak, dan sedekah. Insya Allah dengan menjalankan syariat Islam dengan baik dan teratur kita dapat memperbaiki kehidupan bangsa ini secara perlahan.










DAFTAR PUSTAKA


https://ldk.stmik-dci.ac.id/?post=pandangan-islam-terhadap-ilmu-pengetahuan-dan-teknologi

https://pustakaarsip.kamparkab.go.id/artikel-detail/755/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-dalam-pandangan-islam

https://www.kompasiana.com/eftmh/5e08afc3d541df081f31b0a2/sikap-umat-islam-terhadap-kemajuan-iptek

https://id.scribd.com/document/360590160/keutamaan-orang-Beriman-Dan-Berilmu

http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1260/1/syamsidar.pdf













SESI TANYA JAWAB

1. Mengapa dengan adanya kemajuan IPTEKS banyak anak anak kurang moral ?

     Jawab :

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi tumbuh kembang anak pada masa sekarang yang menyebabkan adanya perbedaan perilaku anak zaman sekarang dengan anak zaman dulu. Generasi sekarang cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. 

Pengaruh perkembangan teknologi dapat membawa dampak negatif maupun positif bagi perilaku anak. Dampak negatifnya, yaitu anak cenderung tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya dan asyik bermain dengan gadget-nya sendiri, bisa jadi anak akan mengikuti perilaku buruk yang ada di internet karena anak usia dini belum bisa untuk membedakan mana yang baik dan yang buruk, dan dapat menjadikan anak sulit untuk bersosialisasi. Sementara itu, dampak positifnya, yaitu anak usia dini dapat belajar dengan mudah dengan adanya internet, dapat mengembangkan kreativitas minat dan bakat, anak juga dapat dengan mudah mengenali dunia luas dan menguasai bahasa asing.

Makadariituparaorangtuajugadituntutuntuktanggapdalamperkembanganteknologi,karenapolaasuhorangtuamenentukanterbentuknyaperilakuanak, Perbanyak membaca buku-buku yang bersifat edukatif dan bersifat keimanan serta aplikasi komputer yang bersifat mendidik, dan  Perlunya pengaturan waktu untuk berada di depan komputer atau televisi.

2. Apakah itu penafsiran struktural dan individu dalam rangka menghadapi perkembangan IPTEKS ?

Jawab :

▪︎Penafsiran struktural adalah pendekatan dakwah di mana dalam pendekatan ini memandang proses islamisasi dilakukan secara legal formal melalui struktur kelembagaan. Karena proses islamisasi ini dilakukan secara legal formal maka untuk melakukannya membutuhkan bantuan dari berbagai perangkat sturktural,

Struktural merupakan cara beragama yang memandang Islam sebagai sistem atau struktur yang komprehensif yang mencakup seluruh aspek kehidupan, baik yang bersifat spiritual maupun material.

▪︎Penafsiran individual adalah mengenai atau berhubungan dengan manusia secara pribadi; bersifat perseorangan

3. Apa yang dimaksud dengan 4R ( Reduce, Reuse, Recycle, Replace ) dalam memelihara kebersihan lingkungan ?

Jawab :

4R tersebut meliputi Recycle, Reduce, Reuse, dan Repair. Recycle berarti mendaur ulang limbah/sampah agar dapat menjadi produk baru, reduce bermakna mengurangi penggunaan suatu barang/produk yang tidak bisa di daur ulang. Sementara itu reuse berarti menggunakan ulang kembali kemasan yang sudah dipakai, dan repair memperbaiki barang/limbah agar bisa termanfaatkan kembali.





Baca Artikel Terkait: