-->

Jumat, 21 Juli 2023



Ketombe merupakan kondisi kepala kronis yang umum di tandai dengan munculnya kelupasan kulit kepala seseorang. Memiliki ketombe yang membandel memang sangat mengganggu penampila.


Apalagi jika kalian sedang menggunakan pakaian warna hitam, tentu ketombe yang berjatuhan akan terlihat lebih jelas dan membuat kalian tidak pede.

Munculnya ketombe karena berbagai macam faktor, mulai dari kulit kepala yang kering hingga penggunaan sampo yang di tidak cocok dengan keadaan kulit kepala. Berikut beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami.

1. Menggunakan Jeruk Nipis
Jeruk Nipis memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga mampu menyeimbangkan pH yang ada di kulit kepala. Selain itu, keasamannya juga mampu menghilangkan jamur yang ada pada di kulit kepala.

Nah jika kalian ingin mencobanya kalian bisa menyiapkan dua buah jeruk nipis yang sudah di potong-potong.

Lalu kalian bisa langsung mengoleskan potongan jeruk nipis sambil di peras agar air jeruk nipisnya nempel di bagian kepala.

Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Lalu keramas menggunakan sampo dan bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya
Sudah tidak usah di ragukan lagi bahwa aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang dapat menjadi kecantikan seseorang, termasuk salah satunya adalah menghilangkan ketombe.

Karena lidah buaya akan mengangkat sel kulit mati pada kepala serta membunuh jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakanya pun cukup gampang, kalian bisa ambil satu tangkai lidah buaya lalu keluarkan bagian gelnya. Selah itu oleskan pada rambut secara merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit dan kemudian bilas dengan bersih. Gampang kan?

3. Bawang Merah
Bawang merah mengandung vitamin C maupun sulfur yang di percaya cukup efektif untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Nah kalian bisa mencobanya di rumah menggunakan bawang merah ini, caranya yaitu kalian siapkan 4 siung bawang merah, lalu haluskan, setelah itu kalian bisa langsung oleskan secara merata di kepala, diamkan selama 10 menit dan lalu bersihkan menggunakan air hingga bersih.

Referensi : https://alodokterku.com/



Baca Artikel Terkait: