-->

Sabtu, 16 Maret 2024

5 Hal Penyebab Cepat Lelah dan Cara Mengatasinya

                                      Sumber: https://kukubimaenergi.com/?p=4582


Gangguan kesehatan tidak hanya terjadi ketika Anda sakit. Badan yang mudah lelah dan mengantuk menjadi tanda gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Penyebab cepat lelah ada beragam namun kebanyakan orang masih menganggapnya sepele.

Normalnya rasa lelah akan langsung hilang setelah Anda beristirahat seperti tidur, namun jika lelah tidak kunjung hilang maka harus ada cara lain yang dilakukan. Apa saja yang menyebabkan tubuh lelah serta mengantuk dan bagaimana cara Anda bisa mengatasinya?

5 Hal Penyebab Cepat Lelah dan Mengantuk

Rasa lelah yang tak kunjung hilang meskipun Anda sudah beristirahat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsentrasi mulai menurun sehingga membuat Anda tidak produktif.

Beberapa penyebab cepat lelah berikut inilah yang sebaiknya Anda waspadai:

1.     Anemia

Kerap disebut juga sebagai kurang darah, karena kondisi ini mengacu pada produksi sel darah merah yang menurun. Gejala yang dialami adalah rasa lelah berlebihan dan tidak hilang meskipun Anda sudah beristirahat. Selain itu rasa kantuk akan terus menyerang sehingga tubuh pun akan terasa lebih lemas.

2.     Obesitas

Cobalah untuk menimbang berat badan Anda, berapakah angkanya? Saat memiliki berat badan berlebih atau obesitas Anda pasti lebih sering mengalami rasa lelah. Ya, obesitas menjadi salah satu penyebab cepat lelah. Hal ini disebabkan oleh sel-sel lemak yang menyebabkan peradangan kronis memicu kelelahan berlebihan.

3.     Diet yang Kurang Tepat

Saat ingin berat badan turun dengan cepat banyak orang yang melakukan diet dengan cara yang salah. Akibatnya bukan sehat justru badan cepat lelah dan mudah mengantuk. Anda mungkin saja kekurangan gizi karena memotong porsi makan berlebihan saat diet.  

4.     Gagal Jantung

Penyebab cepat lelah yang paling harus diwaspadai adalah gagal jantung. Penyakit ini akan menimbulkan tubuh mudah lelah dan sesak nafas. Kondisi ini disebabkan jantung yang tidak bisa memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Jika dibiarkan akan membuat jantung membengkak dan alirah darah tidak lancar.

5.     Sleep Apnea

Penyebab cepat lelah adalah gangguan tidur yang gejalanya adalah kerap mendengkur saat tidur. Penyebabnya adalah kadar oksigen yang dimiliki rendah dalam darah karena saluran pernapasan yang terhambat ketika tidur. Selain mudah lelah Anda juga akan kesulitan konsentrasi serta mudah mengantuk.

Cara Mengatasi Badan yang Cepat Lelah dan Mengantuk

Ada begitu banyak penyebab tubuh cepat lelah, namun bukan berarti Anda bisa membiarkan kondisi ini begitu saja. Ada sederet cara yang harus dicoba untuk mengatasinya seperti:

1.     Mengonsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Anda yang saat ini sedang diet karena obesitas, pastikan jenis diet yang dipilih tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari. Memperbanyak konsumsi serat dari buah dan juga sayuran adalah hal utama.

Anda bisa mengurangi lebih banyak asupan lemak. Begitu juga bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit gagal jantung sebaiknya menghindari makanan yang menjadi pantangan.

2.     Membatasi Konsumsi Kafein

Anda yang kerap begadang dengan mengonsumsi kafein sebaiknya mulai menguranginya. Kafein yang berlebihan membawa dampak buruk bagi tubuh sehingga waktu istirahat Anda tidak maksimal.

Begitu juga dengan minuman beralkohol yang tidak baik bagi tubuh. Anda bisa menghindari minuman beralkohol mulai dari sekarang.

3.     Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Setiap harinya tubuh membutuhkan kurang lebih 2 liter air per hari. Kebutuhan cairan ini bisa didapatkan dari air mineral. Anda setidaknya butuh 8 gelas air mineral dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kurangnya cairan juga jadi penyebab tubuh cepat lelah dan cara mengatasinya hanya dengan minum air mineral. Apalagi jika Anda dalam keadaan sakit sebaiknya minum sampai 12 gelas sehari.

4.     Rutin Berolahraga

Sudahkah Anda olahraga seminggu 3 sampai 5 kali dalam waktu 30 menit? Jika belum inilah saatnya untuk mulai rutin olahraga. Hanya dengan olahraga jantung akan dilatih untuk bisa memompa darah lebih baik ke seluruh tubuh. Kebutuhan oksigen dalam darah pun akan terpenuhi jika rutin melakukannya.

Selain memperhatikan olahraga dan berbagai cara tadi, Anda juga bisa mengonsumsi minuman penambah stamina dari Sido Muncul. Variannya ada Kuku Bima Sporty dengan rasa Fresh Berry dan Active Grape yang pas diminum setelah olahraga.

Jika Anda mencari minuman yang menyegarkan sekaligus menambah stamina bisa memilih Kuku Bima Ener-G! RTD dengan pilihan rasa Red Berry dan Royal Grape. Selain minuman kemasan botol ada juga minuman bentuk serbuk seperti Kuku Bima Ener-G! rasa susu soda yang bisa menambah stamina.

Bagi Anda yang mengalami sariawan dan panas dalam lebih baik memilih minuman Alang Sari Plus dengan pilihan rasa sirsak, jeruk manis, jeruk nipis atau Alang Sari Herbal.

Ada begitu banyak penyebab cepat lelah, namun cara mengatasinya kembali lagi pada gaya hidup Anda. Pastikan Anda selalu rutin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi dan saat lelah menyerang Anda bisa minum minuman yang bisa menambah stamina dari Sido Muncul.

 

Sumber:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/penyebab-badan-cepat-lelah-dan-mudah-mengantuk

https://www.alodokter.com/sekedar-lelah-atau-sedang-sakit

https://hellosehat.com/sehat/gejala-umum/penyakit-yang-bikin-cepat-lelah/






Baca Artikel Terkait: