Aspek-Aspek psikologis Dalam Belajar




Aspek-Aspek psikologis  Dalam Belajar

1.  Persepsi
Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh proses penginderaan yaitu merupakan proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indra, alat indra tersebut merupakan penghubung antara individu dengan dunia luar .Proses terjadinya stimulus mengenai alat indra merupakan proses.stimulus yang diterima alat indra diteruskan oleh syaraf sensoris ke otak, proses ini yang disebut sebagai proses Fisiologis. Kemudian terjadilah proses diotak sebagai pusat kesadaran sehingga individu menyadari apa yang dilihat, didengar ataupun diraba.hal inilah yang dilihat sebagai proses psikologis.dalam proses persepsi perlu adanya perhatian sebagai langkah persiapan dalam persepsi itu.Hal ini dikarenakan bukan hanya satu stimulus tetapi berbagai macam stimulus yang ditimbulkan oleh keadaan disekitarnya namun tidak semua stimulus mendapatkan respons individu untuk dipersepsi. Stimulus mana yang akan dipersepsi atau mendapatkan respons dari individu tergantung pada perhatian individu yang bersangkutan .

2. Belajar
Belajar adalah “ Learning is a process of progressive behavior adatation “ Belajar itu merupakan suatu proses adaptasi prilaku yang bersipat progresif. Belajar adalah “ Learning is a change in ferformance as a result of practice” Belajar membawa perubahan dalam performance dan perubahan itu sebagai  akibat dari pelatihan. Pengertian latihan adalah usaha dari individu yang belajar. Belajar merupakan kegiatan yang kompleks, hasil belajar berupah kapabilitas.setelah belajar seseorang memiliki ketampilan,sikap,dan pengetahua.
Dari beberapa pendapat para ahli tentang pengertian belajar akhirnya dapat disimpulkan bahwa belajar adalah serangkaian kegiatan jiwaraga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungan yang ,menyangkut Kognitif,Afektif dan Psikomotor.
3. Faktor Psikologis Dalam Belajar
-  Minat
Adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas tanpa ada yang menyuruh.
-          Kecakapan ( IQ )
Seseorang yang umumnya mudah belajar dan hasilnya pun cendrung baik ,sebaliknya orang yang intlegensinya rendah cendrung mengalami kekurangan dalam belajar, lambat berpikir sehinggah prestasi belajarpun rendah.
-          Bakat
Bakat merupakan kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau latihan.
-          Motivasi
Motivasi adalah kondisipsikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.
-          Kemampuan Kognitif
Didalam dunia pendidikan ada tiga tujuan pendidikan: kognitif,afektif dan fsikomotor.ranah kognitif merupakan kemampuan yang selalu dituntut kepada anak didik untuk dikuasai, karena ini merupakan dasar bagi penguasaan ilmu pengetahuan.

Sumber:www.wordpress//aspek psikologi.com//

0 Response to "Aspek-Aspek psikologis Dalam Belajar"