-->

Rabu, 18 Januari 2023


 Sebuah riset berjudul Ericsson Mobility Reportmenyebutkan bahwa pada tahun 2015, jumlah total pengguna mobile akan melampaui jumlah penduduk dunia, sehingga diprediksi hingga tahun 2019 nanti, jumlah pengguna smartphone akan mencapai 5,6 miliar di seluruh dunia. Demikian dikutip dari kompas.com

Meningkatnya jumlah penggunaan smartphone tentu saja berbanding lurus dengan jumlah pengguna perangkat pendukung lainya.

Karena aktivitas setiap manusia menggunakan telepon genggam dan perlu mengisi ulang baterai melalui sumber listrik, maka diciptakan lah alat penyimpan daya portabel yang dinamakan Portable Charge atau lebih dikenal dengan sebutan power bank.

Namun ada yang perlu anda ketahui soal merawat Power Bank agar tidak rusak. Semakin sering digunakan dan diisi ulang, power bank akan cepat rusak dan daya tahannya menjadi terbatas. Yang lebih parah, Power Bank akan cepat kehabisan baterai atau drop dan hanya bisa mengisi ulang handphone anda hanya beberapa kali saja.

Tips Merawat Power Bank

Agar powerbank tetap berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama, berikut beberpa tips yang bisa anda praktekan sebagaimana dikutip darimerdeka.com.

Pertama, pakailah Power Bank sesuai kebutuhan. Bila anda berada di tempat yang tersedia listrik, lebih baik anda mengisi ulang handphone menggunakan listrik.

Kedua, hindari over charge power bank atau jika anda men-charge lepaskan saat telah terisi penuh, agar baterai power bank tidak menjadi drop dan tetap awet.

Ketiga, jaga powerbank anda jangan sampai terjatuh, karena akan menimbukan kerusakan dan yang paling fatal bisa terjadi konsleting saat digunakan.

Keempat, simpan power bank di tempat yang kering dengan suhu yang normal, jangan pernah menyimpan di tempat yang panas, lembab, atau dingin, karena bisa mengakibatkan komponen Power Bank mengalami kerusakan.

Kelima, segera ganti powerbank anda dengan yang baru bila sudah dirasakan kondisi yang buruk. Hal itu agar handphone anda terhindar dari kerusakan yang diakibatkan power bank dengan kondisi yang buruk. (dakwatuna)




Baca Artikel Terkait: