-->

Minggu, 14 Februari 2016

Jakarta (afdhalilahi.com) - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang televisi dan radio menanyangkan tayangan yang mengampanyekan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender). Menurut KPI, jika penayangan itu dilakukan berarti melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) KPI tahun 2012. 

KPI mengaku sangat mengapresiasi kebijakan dari salah satu stasiun televisi yang memutuskan tidak memberikan ruang sama sekali bagi promosi LGBT.  

Wakil Ketua KPI, Idy Muzayyad menjelaskan, larangan tersebut sebagai bentuk perlindungan terhadap anak dan remaja yang rentan menduplikasi perilaku menyimpang LGBT. Karenanya, baik televisi maupun radio, tidak boleh memberikan ruang yang dapat menjadikan perilaku LGBT itu dianggap sebagai hal yang lumrah.

"Aturan dalam P3 dan SPS itu sudah jelas, baik tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesusilaan dan kesopanan, ataupun tentang perlindungan anak dan remaja yang melarang adanya muatan yang mendorong anak dan remaja belajar tentang perilaku tidak pantas dan/ atau membenarkan perilaku tersebut,” ujar Idy seperti dikutip dalam situs resmi KPI, Jumat (12/02/2016). 

Selain itu, Idy mengingatkan bahwa dalam undang-undang penyiaran juga menegaskan bagaimana tujuan penyelenggaraan penyiaran. “Salah satunya untuk terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa”, tambahnya. 

KPI sendiri berharap meskipun regulasi sudah jelas memberikan pembatasan dan larangan, hati nurani pelaku industri penyiaran ikut digunakan. Ke depan, ujar Idy, bila diperlukan akan dibuat batasan yang lebih rinci lagi di P3 dan SPS, agar TV dan radio tidak salah dalam penayangan program terkait LGBT. 

Sikap KPI ini sejalan dengan sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah yang menolak promosi dan legalisasi terhadap LGBT.

Sementara itu psikolog dari Yayasan Kita dan Buah Hati, Elly Risman mengingatkan, lembaga penyiaran tentang hal-hal apa saja yang dapat dikategorikan sebagai kampanye LGBT.(si)




Baca Artikel Terkait: