-->

Sabtu, 14 April 2018

Cara Menghitung Rumus Prisma Segitiga Luas dan Volume - Sebenarnya saya sudah pernah membahas mengenai rumus prisma segitiga lengkap pada artikel yang berjudul Rumus Matematika Dasar Bangun Ruang Lengkap Akan tetapi kali ini saya akan mencoba memberikan penjelasan yang lebih lengkap mengenai rumus-rumus yang digunakan untuk prisma segitiga. Di dalam postingan ini kalian akan diajarkan untuk mengetahui cara menghitung luas dan volume dari sebuah prisma segitiga. Perhatikan gambar berikut ini:

Mengapa disebut sebagai prisma tegak segitiga? Tentu saja itu dikarenakan bentuk alas dari bangunan tersebut adalah segitiga. Apabila sebuah limas memiliki alas berbentuk lingkaran maka bangun ruang tersebut akan disebut sebagai lingkaran.

Rumus Luas dan Volume Prisma Segitiga

Prisma segitiga terdiri dari beberapa bagian yaitu: tutup, alas, dan selimut. Sehingga untuk menacri luas keseluruhan dari prisma kita perlu menjumlahkan luas alas, luas tutup, serta luas selimutnya:

Luas Prisma = Luas alas + Luas Tutup + Luas Selimut

Rumus luas permukaan prisma segitiga

Karena luas alas dan tutup prisma akan selalu sama besarnya maka, rumus luas prisma dapat disederhanakan menjadi seperti ini:

2x Luas Alas + Luas Selimut

atau

2x Luas segitiga + Luas Selimut/Selubung

Karena Alas dari prisma segitiga memiliki bentuk segitiga, maka tentu kalian harus menerapkan rumus luas segitiga untuk mengetahui luas alas dari prisma tersebut. Kalian juga harus memahami bagaimana cara menghitung luas persegi panjang karena bagian selimut dari prisma segitiga memiliki bentuk persegi panjang.

Rumus volume prisma segitiga

Pada umumnya, rumus volume dari sebuah prisma adalah:

V= Luas alas x Tinggi

Akan tetapi, untuk prisma segitiga rumus tersebut diubah menjadi:

(1/2 x Alas Segitiga x Tinggi Segitiga) x Tinggi Prisma

Untuk memahami rumus diatas, perhatikan beberapa contoh soal berikut ini:

Contoh Soal

Sebuah prisma memiliki volume 240 cm3. Alas prisma tersebut berbentuk segitiga siku-siku dengan panjang sisi siku-sikunya masing-masing adalah 8cm dan 6cm. Lalu, berapakah tinggi dari prisma tersebut?

Cara Menjawab:

Volume prisma = Luas Alas x Tinggi Prisma

240 = (½ x a x t) x Tinggi Prisma

240 = (½ x 8 x 6) x Tinggi Prisma

240 = 24 x tinggi prisma

Tinggi prisma = 240 : 24 = 10 cm

Itulah pembahasan yang dapat saya berikan mengenai cara menghitung rumus prisma segitiga luas dan volume lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya. Semoga bisa membantu kalian untuk memahami lebih jauh mengenai cara menghitung rumus luas dan volume dari prisma segitiga.

Sumber: 
http://www.rumusmatematikadasar.com/
farrelstudio




Baca Artikel Terkait: