-->

Sabtu, 26 Mei 2018


Jika dilihat berdarakan bentuknya, sentence terdiri dari 4 jenis, yaitu: simple, compound, complex, dan compound-complex.

Simple Sentence

Simple Sentence atau kalimat sederhana hanya terdiri dari 1 subject dan 1 predicate saja. Contoh:

We (S) have breakfast at 07.00 am (P).
My mother (S) is the best (P).
Windi (S) is not busy (P). 
Compound Sentence

Compound Sentence terdiri atas 2 atau lebih subject dan predicate yang digabungkan/dihubungkan menggunakan kata penghubung and, or, but. Dalam bahasa Indonesia sama strukturnya dengan kalimat majemuk setara. Contoh:

You clean this mess or i will tell mom.
We open and lock the door.
Risman and Husni always work hard.
You can go by taxi or bus.
Penjelasan:

  1. Untuk contoh kalimat pertama mungkin tidak akan terlalu bermasalah, di sana terlihat dengan jelas mana yang subject 1 (you) dan 2 (i) serta predicate 1 (clean this mess) dan 2 (will tell mom), kata penghubung yang dipakainya adalah or.
  2. Untuk contoh kalimat kedua terlihat seperti hanya terdiri dari 1 subject saja yaitu we. Padahal jika diperhatikan lebih lanjut sebenarnya susunan kalimat tersebut adalah We (S1) open the door (P1) and we (S2) lock the door (P2). Karena ada kata-kata yang sama dan diulang maka disingkat saja menjadi  We open and lock the door agar kalimatnya lebih efektif dan efisien.
  3. Untuk contoh kalimat ketiga terlihat seperti hanya terdiri dari 1 predicate saja yaitu always work hard. Padahal jika diperhatikan lebih lanjut sebenarnya susunan kalimat tersebut adalah Risman (S1) always work hard (P1) and Husni (S2) always work hard (P2). Karena ada kata-kata yang sama dan diulang maka disingkat saja menjadi  Risman and Husni always work hard agar kalimatnya lebih efektif dan efisien.
  4. Untuk contoh kalimat keempat terlihat seperti hanya terdiri dari 1 verb dan 1 subject  saja yaitu You can go by. Padahal jika diperhatikan lebih lanjut sebenarnya susunan kalimat tersebut adalah You (S1) can (V1) go by bus or you (S2) can (V2) go by taxi. Karena ada kata-kata yang sama dan diulang maka disingkat saja menjadi  Risman and Husni always work hard agar kalimatnya lebih efektif dan efisien.

Complex Sentence
Complex Sentence terdiri atas 2 atau lebih subject dan predicate. Lalu apa perbedaanya dengan compound sentence?? Pada complex sentence ada yang disebut main clause dan sub-ordinate clause. Main clause adalah klausa yang dapat berdiri sendiri karena mempunyai arti yang sudah lengkap atau disebut juga dengan independent clause (klausa mandiri). Sedangkan untuk sub-ordinate clause adalah klausa yang tidak mempunyai arti yang lengkap sehingga tidak dapat berdiri sendiri atau disebut juga dengan dependent clause (klausa bergantung). Kata penghubung yang digunakan dalam complex sentence adalah because, if, when, although, though, even though, dll. Dalam bahasa indonesia complex sentence  dikenal dengan kalimat majemuk bertingkat. Contoh:
  1. Because I love English (sub-ordinate clause), I enjoy learning it (main clause).   
  2. You will pas the exam (main clause) if you study hard  (sub-ordinate clause).
  3. When I was a child  (sub-ordinate clause), I lived with my uncle (main clause).
  4. Luki cannot meet his mother (main clause) although he misses her very much  (sub-ordinate clause). 
Compund-Complex Sentence
Compund-Complex Sentence terdiri dari 3 subject dan  predicate atau lebih. Jenis kalimat ini terdiri dari kata penghubung dalam compound sentence (and, or, but) dan dalam complex sentence (because, when, if, dll). Contoh:
  1. When I lived in South Korea, I got up at 8 o’clock but  here, i get up at 5 o’clock.
  2. Teja and Ibnu teach in kindergarten because they love kids.
Sumber : rismanismail



Baca Artikel Terkait: