Berbagai Jajanan Tradisional Yang Wajib Anda Coba

 


Jajanan tradisional asli Indonesia memang tidak kalah dengan jajanan modern. Jajanan tradisional juga patut kita terus dukung agar tidak hilang begitu saja. Apalagi kita bisa membantu para penjual jajanan tradisional yang masih setia dari dulu menjajakan dagangannya. Jajanan tradisional Indonesia juga tidak menggunakan bahan yang membahayakan. Mereka juga biasanya menggunakan bahan pewarna alami dari daun suji untuk warna hijau. Kemudian menggunakan warna ungu dari ubi ungu. Nah, apa saja jajanan tradisional tersebut. Berikut beberapa rekomendasinya.

1.      Lupis

Jajanan tradisional yang pertama ini adalah lupis. Lupis ini juga mempunyai bentuk yang unik dan sangat cocok dimakan sebagai dessert. Lupis ini terbuat dari ketan yang diberi pewarna hijau dari daun suji biasanya. Lalu dibungkus daun pisang dengan bentuk segitiga. Lupis ini lalu dimakan dengan cairan gula merah. Ditaburi juga kelapa parut akan menambahkan rasa gurih pada cairan gula merah yang manis.

2.      Cenil

Jajanan tradisional yang satu ini juga wajib anda coba karena memiliki warna warni yang sangat unik. Cenil ini memiliki bentuk bulat-bulat dan teksturnya kenyal. Cenil ini memiliki warna merah, kuning, putih atau pink yang sangat cantik. Cenil ini adalah jajanan tradisional dari Jawa yang wajib anda coba. Cenil ini memiliki rasa yang hambar jika tidak dimakan dengan cairan gula merah dan kelapa parut. Jadi sausnya sama dengan saus lupis.

3.      Getuk

Jajanan tradisional yang satu ini juga memiliki rasa manis yang lezat dan wajib dicoba. Getuk ini mungkin pernah anda dengar dari lagu yang memang dari Jawa. Getuk ini ada yang berwarna-warni dan ada juga hanya warna putih yaitu warna alaminya. Getuk ini terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dibentuk menjadi bentuk cetakan getuk yang unik. Getuk biasanya hanya dimakan dengan kelapa parut atau gula pasir saja. Getuk ini bisa anda temui di pasar karena cenderung masih banyak yang menjual.

4.      Geblek

Jajanan tradisional selanjutnya yang tidak kalah enak adalah geblek. Geblek ini berbeda dari jajanan yang di atas karena memiliki rasa yang gurih. Geblek ini sangat enak jika dimakan sebagai cemilan di siang hari. Geblek ini terbuat dari singkong, tepung dan dicampur kelapa yang enak. Diberikan bumbu garam saja lalu dicetak bulat pipih dan digoreng.

5.      Mie Kuning Tradisional

Pernahkan anda memakan jajanan yang mungkin sudah sangat jarang ini. Mie kuning ini bukan mie telor yang kita banyak temui. Mie kuning ini mempunyai tekstur yang kenyal dan berminyak. Mie kuning ini dimakan langsung biasanya denga bawang goreng saja. Mie kuning ini biasanya masih terdapat di daerah jawa atau juga beberapa daerah di Sumatera seperti Lampung.

6.      Bubur Candil

Jajanan yang satu ini mungkin sudah anda ketahui karena di bulan puasa banyak sekali. Bubur candil ini mempunyai rasa manis dan kenyal karena candilnya. Candil adalah bulatan kecil yang terbuat dari sagu dan ubi. Ubi yang digunakan bisa ubi kuning atau ungu. Candil ini lalu direbus dan dimakan dengan kuah bubur manis dari gula merah. Bubur candil ini juga ada yang menjualnya dengan tambahan mutiara. Selain mutiara ada juga yang ditambah buah nangka. Kemudian ada juga yang menambahkan santan kelapa untuk menambah rasa gurih.

0 Response to "Berbagai Jajanan Tradisional Yang Wajib Anda Coba"