-->

Jumat, 26 April 2024

Mengenal Ciri Ciri Asam Urat, Seperti Apa?



Sumber : https://www.freepik.com/free-photo/old-patient-close-up_7591732.htm#query=leg%20pain&position=1&from_view=keyword&track=ais&uuid=da6ff7dd-89ab-47bd-9264-d719976f2ff3

Sering merasa nyeri pada lutut? Mungkin, ini ciri ciri asam urat. Asam urat adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam darah, yang dapat mengakibatkan pembentukan dan penumpukan kristal urat di sendi-sendi tubuh. Penyakit asam urat terjadi karena konsumsi zat purin yang berlebihan.

Zat ini akan menumpuk di tubuh, membuat ginjal gagal mengeluarkannya. Normalnya, ginjal akan membuang asam urat dari tubuh. Perlu Anda ketahui, bahwa kondisi ini bisa menyerang siapa pun, bahkan anak muda usia 20-an tahun pun tidak luput dari risikonya. Lantas, bagaimana ciri-cirinya?

Inilah Ciri Ciri Asam Urat

Penyakit asam urat dapat memberikan gejala dan ciri-ciri yang beragam. Berikut beberapa diantaranya.

1. Nyeri

Rasa nyeri yang tajam dan tak tertahankan di sekitar sendi merupakan salah satu gejala yang sering terjadi pada kadar asam urat tinggi. Gejala ini biasanya muncul pada pagi hari dan dapat memburuk selama beberapa jam setelah timbulnya nyeri pada persendian.

2. Membengkak dan Terasa Lunak

Sendi yang terkena asam urat tinggi juga cenderung membengkak dan terasa lunak saat ditekan. Pembengkakan ini terjadi karena kristal-kristal asam urat bersinggungan dengan lapisan lunak yang melindungi sendi, yang disebut sinovium. Akibatnya, sinovium membesar dan terasa lunak ketika ditekan.

3. Sendi Terasa Kaku dan Sulit Digerakkan

Saat seseorang mengalami asam urat, ciri-ciri yang muncul tidak hanya sebatas rasa nyeri yang umum terjadi. Salah satu tanda yang perlu diwaspadai adalah ketika sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Biasanya, gejala ini baru terasa setelah mengalami beberapa serangan asam urat atau memiliki kondisi gout kronis.

4. Merasakan Gejala Seperti Flu

Ciri ciri asam urat lain yang perlu diperhatikan adalah adanya gejala mirip flu, seperti demam, nyeri otot, dan kelelahan. Tanpa pengobatan yang tepat, kondisi ini dapat berkembang menjadi asam urat kronis yang berpotensi merusak jaringan dan organ sehat di sekitarnya.

5. Kulit Kemerahan

Kulit di sekitar sendi yang merah merupakan ciri umum dari peradangan, yang sering terjadi pada penderita asam urat. Ketika terjadi peradangan, aliran darah meningkat menuju area yang terkena, mengakibatkan kemerahan.

6. Sensasi Hangat atau Panas

Beberapa orang juga seringkali merasakan sensasi hangat atau bahkan panas pada persendiannya. Bahkan, beberapa diantaranya menggambarkan sensasi tersebut seperti terbakar.

7. Kelemahan Umum

Saat serangan asam urat melanda, beberapa orang mungkin merasa lemah atau lelah secara umum. Hal ini bisa disebabkan oleh peradangan yang terjadi dalam tubuh akibat penumpukan kristal asam urat.

8. Mengalami Gejala Batu Ginjal

Munculnya gejala batu ginjal juga bisa menjadi indikasi komplikasi yang serius dari penyakit asam urat. Batu ginjal terbentuk dari kristal asam urat di saluran kemih, dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan membesar seiring waktu.

9. Pembentukan Tophi

Tophi atau benjolan kecil dan keras di bawah kulit yang biasanya muncul di area seperti jari kaki, tumit, lutut, pergelangan tangan, siku, dan telinga. Meskipun tidak selalu menyakitkan, dalam beberapa kasus, tophi bisa meradang dan mengeluarkan cairan.

Bagaimana Cara Mengatasi Asam Urat?

Penyakit asam urat memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu terlalu cemas karena kondisi ini dapat diatasi dengan pengobatan yang teratur dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Berikut caranya.

       Menjaga kecukupan asupan air mineral.

       Mengompres area yang terkena asam urat dengan es.

       Beristirahat dengan mengangkat kaki dan menggunakan bantal penyangga.

       Menghindari konsumsi makanan yang dapat memicu asam urat.

       Menghindari minuman beralkohol.

       Memilih makanan rendah purin seperti pasta, buah-buahan kaya vitamin C, gandum, dan lainnya.

       Mengonsumsi minuman rendah purin seperti susu tanpa lemak, yogurt, dan jus buah kaya vitamin C.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, Anda juga bisa menggunakan terapi obat dengan berkonsultasi dokter terlebih dahulu. Namun jika ingin menggunakan cara-cara alami dan meminimalisir risiko yang tidak diinginkan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi Sido Muncul Ricasid sebagai bagian dari perawatan Anda.

Sido Muncul Ricasid Ampuh Mengatasi Nyeri Sendi dan Asam Urat



Sido Muncul Ricasid adalah suplemen herbal dengan komposisi khusus yang dapat membantu meredakan nyeri sendi dan pegal linu, terutama pada penderita asam urat. Manfaat ini berkat kandungan di dalamnya seperti ekstrak Mahkota Dewa, bawang putih, sambiloto, dan kunyit.

Dampaknya, yakni mampu memberikan efek anti-inflamasi dan membantu mengelola kadar asam urat dalam darah. Dengan komposisinya yang efektif, mengonsumsi tiga kali dua kapsul sehari atau sesuai anjuran dokter dapat memberikan banyak manfaat untuk mengurangi gejala yang Anda alami.

Disamping itu, produk ini sudah memiliki formulasi yang teruji secara tradisional dan reputasi yang kuat dalam industri obat-obatan herbal di Indonesia, Selain itu, produk-produknya juga seringkali didasarkan pada penelitian dan pengembangan yang cermat. Jadi, jangan khawatir dengan ciri ciri asam urat yang muncul. Segera atasi dengan Sido Muncul Ricasid!

 

Referensi

https://www.sidomunculstore.com/blog/post/7-ciri-ciri-asam-urat-dan-langkah-efektif-mengatasinya.html

https://hellosehat.com/muskuloskeletal/radang-sendi/gejala-asam-urat/

https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-urat

https://amp.kontan.co.id/news/bengkak-dan-kemerahan-inilah-ciri-ciri-asam-urat-di-lutut-serta-penyebabnya

https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/gejala-asam-urat-yang-sering-disepelekan-apa-saja/

https://www.mitrakeluarga.com/artikel/ciri-ciri-asam-urat

 



 

 




Baca Artikel Terkait: