3 Manfaat Bekerja Bersama


Seringnya kita dengar sebuah istilah ”Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing”.  Lalu apa arti dari istilah ini? Istilah ini mempunyai arti Bersama sama dalam suka dan duka, baik buruk sama sama ditanggung. Identiknya istilah ini selalu dikaitkan dengan sebuah pekerjaan yang harus dikerjakan oleh sebuah kelompok. Misalnya ketika disebuah kelas telah terbagi kelompok belajar untuk menyelesaikan sebuah tugas sekolah maka setiap anggotanya itu dituntut untuk menerapkan istilah “Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing” ini. Lalu apa manfaat ketika sebuah kelompok menerapkan istilah ini? Ada 3 manfaat ketika sebuah kelompok menerapkan istilah “Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing” dalam mengerjakan pekerjaan kelompoknya diantaranya yaitu :

1.     Pekerjaan Cepat Selesai
Pekerjaan didalam sebuah kelompok akan cepat selesai ketika para anggotanya mau sama sama bekerja. Karena ketika para anggotanya itu mau menjalankan perannya masing masing sehingga pekerjaan dari masing masing anggotanya itu dapat terselesaikan dengan waktu yang bersamaan.

2.     Dapat Meningkatan Kerjasama
Ketika setiap anggota dari sebuah kelompok tersebut mau menjalankan perannya masing masing secara baik maka tentunya akan dapat meningkatkan kerjasama diantara para anggota kelompok tersebut. Sehingga tidak ada anggota yang merasa cape sendiri bekerja atau ada anggota yang bermalas malasan dan menunggu beresnya saja.

3.     Melatih Seseorang Untuk Bisa Bertanggungjawab
Ketika setiap anggota dituntut untuk saling bahu membahu bekerjasama dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan kelompok, maka para anggota dari kelompok tersebut dituntut untuk bisa bertanggungjawab. Para anggota ini dituntut untuk bisa melakukan perannya atau tugasnya dengan baik sehingga akan dihasilkan sebuah pekerjaan yang maksimal.

Itulah 3 manfaat ketika sebuah kelompok menerapkan istilah “Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing” dalam mengerjakan pekerjaan kelompoknya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "3 Manfaat Bekerja Bersama"