-->

Selasa, 14 Maret 2023

 MAKALAH

EVALUASI PENDIDIKAN

TES BUATAN GURU DAN TES STANDAR

Dosen Pengampuh : Afdhal Ilahi S.Pd.I.,M.Pd



Di Susun Oleh Kelompok 7 :



Nuri Ramadani Lubis 20140121

Nurjelita Harahap 20140118







INTSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN

FAKULTAS PENGETAHUAN ILMU SOSIAL & BAHASA

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

T.A 2023

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan Rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Tes buatan guru dan tes standar” dengan tepat waktu. Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi yang diberikan oleh Dosen Bapak “Afdhal Ilahi S.Pd.I.,M.Pd”.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Afdhal Ilahi S.Pd.I.,M.Pd. Selaku dosen pengampu yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang study yang kami tekuni. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Kami menyadari makalah yang kami susun ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran akan kami nantikan demi kesempurnaan makalah ini.



Padang Sidimpuan 13,Maret,2023


Penulis 








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR i

DAFTAR ISI ii

BAB I PENDAHULUAN 1

Latar Belakang 1

Rumusan Masalah 1

Tujuan 1

BAB II PEMBAHASAN 2

Pengertian Tes Buatan Guru 2

Prinsip Tes Buatan Guru 2

Contoh Tes Buatan Guru 2

Pengertian Tes Standar 3

Prinsip Tes Standar 3

Contoh Tes Standar 3

BAB III PENUTUP 5

KESIMPULAN 5

DAFTAR PUSTAKA 6

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Tes buatan guru adalah tes yang disusun oleh guru atau tanpa bantuan guru lain dan di berlakukan untuk kelas nya sendiri dengan reabilitas sedang atau rendah mencakup aspek yang sempit. tes standar adalah tes yang disusun oleh satu tim ahli, atau disusun oleh lembaga yang khusus menyelenggarakan secara professional. Tes tersebut diketahui memenuhi syarat sebagai tes yang baik. Tes ini dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama, dapat diterapkan pada beberapa obyek mencakup wilayah yang luas. Untuk mengukur validitas dan reliabilitasnya telah diuji-cobakan beberapa kali sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Rumusan Masalah

Apa pengertian dari tes buatan guru dan tes standar ?

Apa saja prinsip-prinsip dari tes buatan guru dan tes standar ?

Apa contoh dari tes buatan guru dan tes standar ?

Tujuan 

Untuk mengetahui pengertian dari tes buatan guru dan tes standar.

Untuk mengetahui prinsip dari tes buatan guru dan tes standar.

Untuk mengetahui contoh dari tes buatan guru dan tes standar.












BAB II

PEMBAHASSAN

Pengertian Tes Buatan Guru

Tes buatan guru (teacher-made test) adalah tes yang disusun sendiri oleh guru yang akan memepergunakan tes tersebut. Tes buatan guru adalah  tes yang dibuat seorang guru untuk merumuskan bahan dan tujuan khusus untuk kelasnya sendiri dan masih dalam ruang lingkup sekolah tempat dia mengajar. Tes ini biasanya digunakan untuk tes ulangan harian, formatif, dan ulangan umum (sumatif).

Tes buatan guru dimaksudkan untuk mengukur tingkat keberhasilan peserta didik dalam mencapai kompetensi setelah berlangsungnya proses pembelajaran yang dikelola oleh guru kelas yang bersangkutan. Oleh karena itu, guru harus membuat soal secara logis dan rasional mengenai pokok-pokok materi apa saja yang patut untuk ditanyakan. 

Secara umum, di sekolah biasanya menggunakan tes yang di buat oleh guru untuk menilai kemajuan peserta didik dalam hal pencapaian yang sudah dipelajari.Bentuk-bentuk tes yang biasanya digunakan di sekolah dapat digolongkan menjadi dua bentuk tes yaitu:

Tes Subjektif

Tes Objektif


Prinsip Tes Buatan Guru


Dapat terjadi hanya mencakup pengetahuan atau ketrampilan yang sempit.

Biasanya disusun sendiri oleh guru dengan sedikit atau tanpa bantuan orang lain / tenaga ahli.

Jarang-jarang menggunakan butir-butir tes yang sudah diujicobakan, dianalisis, dan direvisi.

Mempunyai relibialitas sedang atau rendah.

Norma kelompok terbatas kelas tertentu.


Contoh Tes Buatan Guru


Ulangan harian adalah salah satu jenis evaluasi yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik dalam periode tertentu guna mengukur ketercapaian suatu Kompetensi Dasar (KD). Ulangan harian dapat berupa tes maupun non tes.

Ulangan Tengah Semester atau biasa disingkat UTS yang sekarang di istilahkan PTS (Penilaian Tengah Semester) adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengukur pencapaian siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama setengah semester atau sekitar 8 minggu.

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester).

Pekerjaan rumah adalah tugas mandiri terstruktur yang diberikan guru untuk dikerjakan di rumah sebagai latihan tambahan. Dalam Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP) yang dibuat seorang guru, umumnya menyertakan bagian tugas mandiri terstruktur di rumah. PR juga diberikan persentase dalam penilaian harian.


Pengertian Tes Standar

Tes standar adalah tes yang telah mengalami proses standarisasi yaitu proses validitas dan relibialitas, sehingga tes tersebut benar-benar valid dan reliabel untuk satu tujuan dan bagi kelompok tertentu. Tes ini disusun oleh satu tim ahli atau disusun oleh lembaga yang khusus menyelenggarakan tes secara profesional. Tes tersebut diketahui memenuhi syarat sebagai tes yang baik. Tes ini dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama, dapt diterapkan pada beberapa obyek mencakup wilayah yang luas. 


Prinsip Tes Standar


Mencakup aspek yang luas dan pengetahuan atau ketrampilan dengan hanya sedikit butir tes untuk setiap ketrampilan atau topik.

Disusun dengan kelengkapan staf profesor, pembahas, editor, butir tes.

Menggunakan butir-butir tes yang sudah diujicobakan (Try Out), dianalisis dan direvisi sebelum menjadi sebuah tes.

Mempunyai relibialitas yang tinngi.

Dimungkinkan menggunakan norma untuk seluruh negara.

Contoh Tes Standar


Tes intelegensi sendiri adalah serangkaian tes yang digunakan untuk menguji dan mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Termasuk mengetahui potensi, kelebihan dan kekurangannya. Tes ini termasuk dalam bagian Ilmu Psikologi yang membantu menganalisis kemampuan diri seseorang (baik yang terlihat atau belum terlihat)., 

Tes Bakat dan Minat merupakan rangkaian tes dan analisa yg menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat bakat serta kepribadian siswa terhadap suatu bidang atau jurusan tertentu., 

Tes prestasi belajar adalah tes yang mengukur pengetahuan yang dimiliki seseorang sebagai akibat adanya program pendidikan maupun program pelatihan. Melalui tes prestasi belajar dapat diperoleh informasi mengenai perbedaan kemajuan atau tambahan pengetahuan antar peserta didik.

Tes kepribadian adalah alat yang digunakan untuk menilai kepribadian seseorang. Pengujian dan penilaian ini menggunakan teknik yang dirancang untuk mengukur pola karakteristik dan sifat yang ditunjukkan orang tersebut di berbagai situasi.

















BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Tes buatan guru adalah  tes yang dibuat seorang guru untuk merumuskan bahan dan tujuan khusus untuk kelasnya sendiri dan masih dalam ruang lingkup sekolah tempat dia mengajar. Secara umum, di sekolah biasanya menggunakan tes yang di buat oleh guru untuk menilai kemajuan peserta didik dalam hal pencapaian yang sudah dipelajari.Bentuk-bentuk tes yang biasanya digunakan di sekolah dapat digolongkan menjadi dua bentuk tes yaitu: Tes Subjektif dan Tes Objektif.

Tes standar adalah tes yang telah mengalami proses standarisasi yaitu proses validitas dan relibialitas, sehingga tes tersebut benar-benar valid dan reliabel untuk satu tujuan dan bagi kelompok tertentu.
















DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini. (1998). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Bina Jakarta Aksara.

Ibrahim, R. Dan Ali, M. (2007). Teori Evaluasi Pendidikan. Bandung. Pedagogia Press.






















LAPORAN HASIL DISKUSI

Tanya Jawab Sesi 1 :

1.Fatika fadillah hasibuan

Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan tes subjektif dan tes objektif ?

Jawaban : Tes subjektif yaitu tes yang biasanya berupa soal-soal yang masing-masing mengandung permasalahan dan menuntut penguraian sebagai jawaban.

Tes objektif adalah tes yang dalam pemeriksaan nya dapat dilakukan secara objektif siapapun yang ingin mengoreksi jawaban tes objektif hasilnya akan sama .


Tambahan Jawaban

1.noni yusnaida hrp

Jawaban : Tes subjektif pada umumnya berbentuk essay tes bentuk essay adalah sejenis tes kemajuan belajar yang memerlukan jawaban yang bersifat pembahasan atau uraian kata-kata uraian adalah butir soal yang mengandung pertanyaan atau tugas yang jawaban atau pengerjaan soal tersebut harus dilakukan dengan cara mengekspresikan pikiran peserta didik.

Tes objektif adalah tes tertulis yang menuntut siswa untuk memilih jawaban yang telah disediakan atau memberikan jawaban singkat dan pemeriksaannya dilakukan secara objektif  (seragam) terhadap semua murid.

2.Nurul Indah Siregar

Jawaban : Tes subjektif merupakan tes yang dibuat oleh guru untuk menguji kemampuan siswa dalam berpikir kritis tetap kreatif sehingga guru dapat mengetahui kemampuan berpikir tiap individu . Tes objektif merupakan bentuk tes yang menilai kemampuan siswa tanpa bisa mengangkut tingkat berpikir siswa.

3.Novita Irawan Siregar

Jawaban : Tes objektif adalah fashion dalam pemberitaan yang dapat dilakukan secara objektif siapapun yang mengoreksi jawaban the konfirmasinya kan sama desi objektif menuntut peserta didik untuk memilih jawaban yang benar di antara kemungkinan jawaban yang telah disediakan memberikan jawaban singkat dan melengkapi pertanyaan atau pet pernyataan yang benar sempurna.

2.Nur Ainun Siregar

Pertanyaan : Apa yang mungkin terjadi bagi siswa jika tes buatan guru yang sedang di jawabnya tidak valid?

Jawaban : 1.Kita tidak bisa mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya 2.akan terjadi  kesalahan dalam pengambilan kesimpulan dan keputusan 3. Akan terjadi bila sehingga tujuan pembuatan tes tersebut tidak tercapai.

Tambahan jawaban :

1.Mira Yanti Siregar

Jawaban : Suatu alat ukur yang tidak reliable atau tidak valid akan menghasilkan kesimpulan yang bias,kurang sesuai dengan seharusnya  dan akan memberikan informasi yang keliru mengenai keadaan subjek atau individu yang dikenai tes itu.

3.Nela Afriza

Pertanyaan: Coba jelaskan apa keuntungan dari tes standar untuk peserta didik?

Jawaban : 1. Menciptakan lingkungan sekolah yang positif bagi siswa misalnya siswa dapat melakukan yang terbaik dalam ujian terlepas dari skornya seringkali juga lebih percaya diri tes tersebut menunjukkan kepada siswa bahwa kerja keras mereka mempelajari dasar-dasar baru yang telah membuahkan hasil.

2. Dapat mengidentifikasi kekurangan atau ketidakmampuan belajar yang disembunyikan misalnya ada ketidakmampuan belajar tertentu seperti diseleksi yang dapat dengan mudah dikenali oleh guru.

Tamabahan jawaban

1.Neka Fatmalasari Harahap

Jawaban : Mempermudah dan membutuhkan sedikit waktu dari petunjuknya menyediakan situasi yang standar menyediakan sebuah rekaman tetap tentang perilaku selama tes tertulis, dapat digunakan untuk membandingkan siswa sekolah wilayah negara bagian dapat digunakan oleh para pengambil kebijakan ,memiliki tingkat  validitas yang tinggi.

Pertanyaan sesi ke 2

1.Muty Ela Nurma

Pertanyaan : Coba pembekalan jelaskan dalam dunia pendidikan apa saja contoh teks standar dan test buatan guru?

Jawaban : Contoh tes buatan guru :

1.Ulangan harian adalah salah satu jenis evaluasi yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik dalam surat tertentu bunda mengukur ke tercapai yang suatu kompetensi dasar 

2.ulangan tengah semester atau biasa disingkat uts yang sekarang di istilah pts atau pelayan telah semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengukur kecapean siswa sevilla melaksanakan kegiatan pembelajaran selamat tengah semester atau sekitar 8 minggu 

3 .penilaian aku semester atau pas merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui dari serap wisata didik pada tamu semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama 6 bulan 

4.pekerjaan rumah adalah tugas yang mandiri terstruktur yang diberikan guru untuk dikerjakan di rumah sebagai latihan tambahan dalam istana persiapan pembelajaran atau rpp yang dibuat seorang guru umum yang menyertakan bagian tugas mandiri tersedu-sedu rumah pr juga diberikan presentasi dalam pendidikan harian.

Contoh tes standar : Satu tes intelegensi sendiri adalah serangkaian tes yang digunakan untuk menguji dan mengukur tingkat kecerdasan seseorang 

2. Tes bakat dan minat merupakan rangkaian tes dan analisa yang menggambarkan kemampuan kognitif karakteristik minat bakat serta kepribadian siswa terhadap suatu bidang atau jurusan tertentu. 

3. tes prestasi belajar adalah tes yang mengukur Pengetahuan yang dimiliki seseorang sebagai akibat adanya program pendidikan maupun program pelatihan

4 .Tes kepribadian adalah alat yang digunakan untuk menilai kepribadian seseorang

2.Yenita Putri

Pertanyaan : Jelaskan kriteria apa yang harus dipenuhi oleh sebuah teks sehingga dapat dikatakan sebagai teks yang baik ?

Jawaban : Tes dikatakan baik apabila dapat memberikan data yang terkait dengan tepat tes yang dimaksud adalah tes yang memenuhi syarat validitas, reliabilitas, objektivitas, diskriminalitas dan praktibilitas validaritas menggambarkan kemampuan teksnya dalam mengukur apa yang ingin diukur.


Tambahan Jawaban :

1.Listi Aulia Siregar

Jawaban : Yang pertama harus valid berarti instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa-apa yang seharusnya diukur yang kedua reliabel adalah instrumen yang bila digunakan beberapa kali untuk mengukur objek yang sama akan menghasilkan data yang sama.

2.Mutiara Tapsel Siregar 

Jawaban : Suatu tes harus memiliki validitas yang tinggi jika tes tersebut menjalankan fungsi ukurnya atau memberikan hasil ukur Yang Tepat dan akurat sesuai dengan maksud dikarenakannya tes tersebut.

3.Nona Padangbolak Harahap

Jawaban : 1. menentukan tujuan penilaian tujuan penilaian sangat penting karena setiap tujuan memiliki penekanan yang berbeda-beda

  2. memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar 

3. menentukan jenis alat ukurnya yaitu tes atau non tes atau mempergunakan keduanya

4. menyusun kisi-kisi tes dan menulis butir soal beserta pedoman penskorannya





Baca Artikel Terkait: